10 Tempat Wisata di Batam Terindah Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Batam
image by: bintantravel.net
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Batam Provinsi Kepulauan Riau wajib Anda datangi apabila mendambakan destinasi rekreasi yang menyatu dengan alam.

Kota di Kepri tersebut memiliki banyak pulau-pulau eksotis yang suasananya tenang. Belum lagi ada wisata buatan yang dipenuhi wahana seru.

Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Batam

Letak Batam pun cukup strategis, dapat Anda tempuh menggunakan pesawat maupun kapal.

Walaupun luas kota ini tidak seberapa, tapi masih tergolong kota yang sibuk karena berada di persimpangan Indonesia – Singapura – Malaysia. Potensi wisatanya tentu tidak bisa diremehkan.

1. Batam Forest Top

Rekomendasi yang pertama adalah tempat wisata di Batam Sekupang yang bernama Batam Forest Top.

Pilihan yang cocok untuk menghabiskan liburan dengan kegiatan yang seru karena destinasi ini menyuguhkan 15 macam wahana.

Adapun 15 wahana tersebut meliputi:

– Post Man
– Kargo Net
– Chicken Walk
– X-Walk
– Tandem Rope
– Zig-Zag Line
– Flying Fox
– Area Outbound
– Jacob Leather
– Tarzan Swing
– Kampung Daur Ulang
– Kampung Satwa
– Kampung Tani
– Camping Ground
– Spot Foto

Beberapa wahana cukup menguji nyali, lho. Misalnya Kargo Net yang menantang Anda untuk menaiki anyaman dari tambang setinggi hampir 5 meter.

Ada juga Tarzan Swing yang membuat Anda harus berjalan di atas seutas tali tambang dengan pegangan yang minim.

Semua wahana tersebut bisa Anda nikmati dengan hanya membayar tiket masuk Rp10.000 untuk orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

Pemandangan di sekitar Batam Forest Top juga sangat memanjakan mata. Terdapat pepohonan hijau yang menjulang tinggi.

Dari salah satu spot foto, bahkan Anda dapat menyaksikan panorama sekitar dari ketinggian.

2. Pulau Ranoh

Apakah Anda mendambakan liburan di pinggir pantai yang ditumbuhi deretan pohon kelapa? Kalau begitu, datanglah ke tempat wisata di Batam bernama Pulau Ranoh. Lokasinya ada di Kecamatan Galang Baru, Pulau Abang.

Deretan pohon kelapa tumbuh subur di sekitar pantai yang memiliki pasir putih. Ombak di Pantai Pulau Ranoh sangat tenang dan semilir anginnya begitu lembut menerpa. Tempat yang ideal bagi Anda yang membutuhkan efek relaksasi dari alam.

Terdapat sejumlah spot menarik di sepanjang pantai, baik untuk duduk santai maupun selfie.

Beberapa di antaranya seperti gazebo kayu, tempat duduk panjang, ayunan dan beanbag empuk yang nyaman.

Mengeksplor keindahan bawah laut Pulau Ranoh merupakan aktivitas yang harus Anda coba. Peralatan snorkelingnya dapat Anda sewa dengan harga sekitar ratusan ribu rupiah.

Sedangkan bagi pencinta watersport, tersedia dua wahana seru yakni banana boat dan jetski.

3. Pulau Mubut

Tempat wisata di Batam yang cocok untuk bersantai sambil menikmati angin laut yang sepoi-sepoi adalah Pulau Mubut. Perjalanan menuju Pulau Mubut harus melalui dua jalur yakni darat dan laut.

Perjalanan via laut dimulai dari pelabuhan Sembulang dengan menaiki kapal pompong seharga Rp25.000 per orang.

Selama 15 menit, Anda akan melihat hamparan laut biru yang tenang hingga tiba di Pulau Mubut.

Keistimewaan pulau ini adalah gundukan pasir putih yang bersih dan adanya terumbu karang kecil yang mengelilingi. Suasananya hampir menyerupai Maldives, lho. Keren, bukan?

Tersedia tempat untuk bersantai seperti gazebo, hammock dan ayunan dari tali tambang. Lesehan di atas pasir pun tidak kalah nyaman karena tekstur pasirnya lembut.

Anda bisa memilih spot di bawah pohon kelapa karena lebih teduh dan anginnya lebih terasa.

4. Pulau Abang

Pesona pulau-pulau kecil di Batam memang bukan isapan jempol. Terbukti masih ada Pulau Abang yang menyuguhkan panorama indah dan taman laut yang megah.

Maka tidak heran jika pulau ini mulai banyak diincar para wisatawan yang gemar snorkeling atau diving.

Lamanya perjalanan darat dari pusat kota sekitar 2 jam, kemudian dilanjut dengan perjalanan via laut yang membutuhkan waktu 30 menit.

Ada apa di Pulau Abang? Pastinya air laut yang jernih, pasir putih yang lembut dan pohon kelapa khas pantai yang daunnya melambai-lambai. Tempat yang sangat cocok untuk menyegarkan pikiran karena suasananya tenang.

Tapi jangan hanya duduk-duduk, ya. Anda wajib menjelajah taman bawah laut Pulau Abang yang keindahannya dinilai selevel dengan Raja Ampat.

Taman laut alami Pulau Abang menyuguhkan terumbu karang berbagai bentuk yang masih alami.

Selain itu, ikan-ikan kecil yang berenang di sekitar karang semakin menambah keelokan pemandangan.

Menariknya lagi, saking jernihnya air laut di Pulau Abang, Anda bahkan bisa melihat terumbu karang hanya dengan melongok dari atas perahu kayu.

5. Pulau Tunjuk

Para pemburu sunrise dan sunset, jangan sampai melewatkan tempat wisata di Batam bagian Tenggara yakni Pulau Tunjuk.

Pulau yang dihuni sedikit penduduk ini memang terkenal memiliki pemandangan sunset dan sunrise yang mengagumkan.

Ada dua titik awal yang bebas dipilih untuk menuju Pulau Tunjuk yaitu pelabuhan Punggur dan Kampung Cate. Dari titik tersebut, Anda harus menaiki perahu dengan biaya sewa Rp75.000 per orang.

Sepanjang perjalanan, Anda bisa melihat beberapa pulau kecil yang ditumbuhi oleh pohon bakau. Sesampainya di Pulau Tunjuk, sambutan dari alam berupa pasir putih dan lambaian daun kelapa akan Anda dapat.

Tidak ada penginapan di pulau ini, tapi Anda bisa meminta izin untuk bermalam di rumah milik warga. Alternatif lain adalah mendirikan tenda sendiri, tapi jangan terlalu mepet pantai.

Sebab, Pulau Telunjuk memiliki nama lain yakni Pulau Pasir Bergerak. Jadi, gundukan pasirnya bisa secara tiba-tiba hilang terbawa sapuan ombak kemudian muncul lagi.

Maka dari itu, para pengunjung tidak dianjurkan untuk terlalu dekat dengan area pasir yang terlalu menjorok ke tengah laut.

6. Ocarina Theme Park

Selanjutnya, terdapat tempat wisata di Batam bernama Ocarina Theme Park yang dijuluki Ancolnya Batam. Tempat ini dibuka untuk umum sejak tahun 2009 dan sampai sekarang terus dikunjungi banyak wisatawan.

Theme Park ini berdiri di atas lahan seluas 40 hektar. Terdapat banyak wahana seru yang siap membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Adapun 10 wahana favorit di Ocarina Theme Park antara lain:

– Kiddy Land
– Kolam Bangau
– Kolam Renang
– Flying Fox
– Giant Wheel
– Trampolin
– 3D Movie Theater
– 360 Madness
– Aerorail
– Area Patung Shio Tionghoa

Tempat rekreasi ini dibuka dari hari Senin sampai Minggu dengan pembagian jam operasional sebagai berikut:

a. Senin – Jumat pukul 8 pagi sampai 10 malam
b. Sabtu pukul 8 pagi sampai 11 malam
c. Minggu pukul 6 pagi sampai 10 malam

Harga tiket masuknya sangat murah, per orang hanya dikenai 25 ribu rupiah.

7. Kebun Raya Batam

Jangan salah, Batam juga memiliki Kebun Raya yang terbuka untuk para wisatawan. Tempat yang diresmikan pada 2018 silam ini dibuka setiap hari mulai pukul 8 pagi sampai 6 sore.

Apa saja yang bisa Anda lihat? Wah, banyak sekali seperti Gedung Konservasi, Gedung Herbarium, Botanical Viewing Tower, Botanical Skyway, Flower Garden, Maze Garden dan Children Garden.

Uniknya lagi, Kebun Raya Batam memiliki satu tumbuhan yang dijadikan maskot sejak awal diresmikan yaitu Nibun. Tumbuhan tersebut berupa palem-paleman liar yang banyak tumbuh di Kepulauan Riau.

Pokoknya, Anda akan puas mendatangi Kebun Raya Batam karena menawarkan spot foto yang cantik dan pengetahuan baru yang melimpah. Jika berangkat dari pusat kota Batam, Anda membutuhkan sekitar 30 menit perjalanan darat.

8. Tebing Langit

Jika ingin mengunjungi tempat wisata di Batam yang kekinian, maka Tebing Langit merupakan pilihan yang tepat.

Lokasinya ada di Jl. Ir. Sutami, Tanjung Pinggir, Sekupang yang memerlukan waktu 20 menit perjalanan darat dari pusat kota.

Daya tarik utama Tebing Langit adalah panorama Batam dari ketinggian. Hamparan bangunan dan pepohonan hijau yang rindang sangat memanjakan mata.

Anda dapat menyaksikan keindahan tersebut dari spot foto yang tersedia banyak di Tebing Langit.

Bentuk spot fotonya pun dibuat unik, tidak hanya papan kayu polosan. Beberapa contohnya yakni karpet terbang, pintu langit dan rumah burung.

Tiketnya sangat murah meriah, hanya Rp10.000. Tidak heran kalau banyak kawula muda yang menggandrungi Tebing Langit.

Apakah semakin tertarik mengunjungi Batam? Bukan hanya dipenuhi banyak tempat perbelanjaan, kota tersibuk di Kepri ini juga menyimpan banyak destinasi wisata eksotis yang layak dikunjungi selama liburan.

Berita sebelumya10 Makanan Khas Jogja Terkenal Nikmat
Berita berikutnya10 Makanan khas Medan Enak dan Lezat