8 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Menarik

Tempat Wisata di Bukittinggi
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Bukittinggi Sumatera Barat selalu ramai dikunjungi para wisatawan. Kota wisata ini juga dikenal memiliki udara yang sejuk. Pilihan yang cocok untuk menyegarkan diri dari kegiatan padat yang melelahkan.

Bukittinggi memiliki banyak wisata alam yang menyenangkan dikunjungi bersama keluarga, teman maupun rombongan kerja. Pepohonan hijau yang rindang dan suasana yang tenang merupakan perpaduan yang pas untuk memaksimalkan liburan Anda di alam terbuka.

8 Tempat Wisata Alam di Bukittinggi

1. Janjang Saribu

Bisa dibilang bahwa Janjang Saribu merupakan tempat wisata di Bukittinggi yang menjadi favorit banyak orang. Lokasinya ada di Bukit Apit Puhun, Guguk Panjang, Bukittinggi yang dapat Anda tuju menggunakan kendaraan pribadi maupun umum.

“Janjang” berarti tangga sedangkan “Saribu” berarti seribu sehingga tempat wisata ini disebut juga dengan ‘Seribu Tangga’.

Sebenarnya tidak ada yang mengetahui secara pasti jumlah tepatnya, namun karena tangga sepanjang 780 meter ini memiliki banyak anak tangga maka disebut demikian.

Pemandangan alam di sekitar Janjang Saribu sangat menawan. Tersaji perbukitan hijau yang ditumbuhi pepohonan lebat, aliran sungai dan hamparan Ngarai Sianok. Janjang Saribu berujung pada Janjang Koto Gadang atau Tembok Besar China.

Anda harus berjalan menyusuri anak tangga yang dibangun di atas kontur tanah yang naik turun. Dibutuhkan kehati-hatian yang ekstra karena beberapa titik memiliki tingkat kemiringan yang ekstrim.

Selama menjejaki anak tangga, Anda bisa berhenti sejenak untuk berfoto dengan latar alam terbuka yang indah. Tempat wisata ini tidak memungut biaya masuk maupun memberlakukan jam buka-tutup.

2. Lembah Ngarai Sianok

Sudah sejak lama Ngarai Sianok menjadi tempat wisata di Bukittinggi yang paling ramai didatangi wisatawan. Lembah curam yang berkelok dan panjang ini memang menawarkan pemandangan memukau yang sulit ditemui di manapun.

Panjang Ngarai Sianok sekitar 15 km dengan lebar sekitar 200 m. Estimasi kedalaman jurangnya kurang lebih 100 meter. Istimewanya lagi, lembah ini kerap disamakan dengan Green Canyon yang ada di Amerika.

Ada 3 spot terbaik yang ada di Ngarai Sianok, antara lain:

– Tabiang Takuruang atau Tebing Terkurung merupakan spot foto primadona. Disebut terkurung karena tebing ini memang dipagari oleh dinding ngarai yang panjang dan tinggi. Terhampar pemandangan hijau yang menjadi latar foto terbaik yang alam sajikan;

–  Janjang Koto Gadang adalah tembok tinggi yang menyerupai Tembok Besar yang ada di China. Tinggi temboknya kurang lebih 1,5 meter dengan lebar sekitar 2 meter. Anda bebas menyusuri jalan sepanjang 1 km sembari menikmati panorama sekitar Ngarai Sianok;

– Taruko Cafe sudah lama terkenal. Tersedia kuliner lezat dan tempat duduk yang nyaman. Selama beristirahat, mata Anda akan dimanjakan oleh tebing-tebing tinggi, pepohonan lebat dan sungai berbatu.

3. Kebun Binatang Bukittinggi

Jika ingin mengunjungi wisata edukasi dan budaya dalam satu kawasan, maka Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan layak disambangi. Tempat ini sudah sangat tua karena didirikan sekitar tahun 1900 semasa pemerintahan Hindia Belanda.

Keistimewaan Kebun Binatang Bukittinggi adalah berlokasi di perbukitan sehingga menyajikan panorama dari ketinggian yang menyegarkan pandangan. Anda bisa melihat betapa megahnya Gunung Sago, Singgalang, Marapi, hingga Lembah Sianok.

Jenis satwa populer yang ada di Kebun Binatang Bukittinggi yakni gajah sumatra, harimau sumatra, beruang madu, orangutan, buaya muara, berbagai jenis burung, berbagai jenis reptil dan ikan.

Bagian lain yang disediakan pihak pengelola seperti Museum Zoologi, Rumah Adat Minangkabau, dan Panggung Pertunjukan Seni.

Wahana bermain anak-anak, tempat istirahat dan spot foto yang indah juga akan didapat oleh pengunjung taman margasatwa ini. Tiket masuk sebesar Rp25.000 dikenakan untuk orang dewasa sedangkan Rp15.000 untuk anak-anak.

4. Jembatan Limpapeh

Bagi yang suka hunting spot foto, maka wajib berkunjung ke tempat wisata di Bukittinggi yang bernama Jembatan Limpapeh. Jembatan ini berdiri melintasi dua daerah yang berbeda.

Tujuan utama pembangunannya adalah mempersingkat perjalanan dari Kebun Binatang Bukittinggi ke Benteng Fort de Kock. Desain Jembatan Limpapeh sangat megah dengan perpaduan warna khas Minang yang menonjol.

Panjangnya sekitar 90 meter dengan lebar 3 meter. Saat masuk ke area jembatan, Anda akan disambut dengan gerbang yang atapnya runcing menyerupai rumah adat khas Minang. Pada bagian tengah terdapat bangunan yang juga beratapkan runcing.

Jembatan Limpapeh yang berwarna kuning cerah sangat kuat karena disangga oleh besi yang solid. Jangan takut jika jembatan ini sedikit goyang, ya, sebab sering banyak orang yang datang.

5. Rumah Pohon Inyiak

Rumah Inyiak merupakan spot wisata yang tergabung dalam kawasan Ngarai Sianok. Lokasinya ada di Kelurahan Kayu Kubu, Guguak Panjang, Bukittinggi yang berjarak sekitar 1 km dari area Jam Gadang.

Beberapa titik menarik yang ada di tempat wisata ini antara lain:

– Palanta Inyiak yang berisi taman berbentuk hati, tempat duduk yang diberi atap dari jerami dan banyak warung yang menjual kuliner pengenyang perut;

– Kolam kecil yang bersebelahan dengan Patung Merlion, membawa Anda seakan sedang berlibur di Singapura;

– Cottage Inyiak yang dindingnya terbuat dari bambu dan atapnya disusun dari jerami;

– Rumah Rumput Inyiak yang menjadi spot paling populer karena bentuk rumahnya sangat unik. Bagian depan berbentuk segitiga tinggi dengan atap jerami yang diselimuti oleh tanaman menjalar. Pemandangan berupa tebing-tebing Ngarai Sianok terlihat menawan dari spot ini;

– Area taman bermain yang berisi wahana permainan anak, hammock dan tempat duduk yang nyaman.

6. Taman Panorama Bukittinggi

Ada banyak cara menikmati panorama megah Ngarai Sianok, salah satunya dari Taman Panorama yang menjadi tempat wisata di Bukittinggi hits akhir-akhir ini. Letaknya ada di Jalan Panorama, Kayu Kubu, Guguk Panjang.

Selain dari Jalan Panorama, Anda juga bisa masuk melalui loket yang ada di Jalan Ngarai Sianok dengan tarif masuk sebesar Rp15.000.

Pihak pengelola menyediakan gardu pandang yang berupa papan kayu kotak dan papan kayu terpisah yang membentuk tulisan “I Love You”.

Dari gardu pandang tersebut, Anda dapat menyaksikan dengan jelas pemandangan Lembah Ngarai yang berlatarkan Gunung Marapi dan Singgalang. Saking cantiknya, asal jepret pun foto yang Anda ambil akan terlihat bagus dari sudut manapun.

7. Danau Maninjau

Tidak hanya Danau Toba, Pulau Sumatra masih memiliki “harta” lain yaitu Danau Maninjau yang menduduki posisi nomor 11 sebagai danau terluas di Indonesia.

Jarak danau ini dari Bukittinggi sekitar 36 km. Perjalanan menuju Danau Maninjau sangat seru dan cukup menantang sebab ada 44 tikungan yang harus Anda lewati di jalan sepanjang 8 km menuju destinasi.

Danau Maninjau merupakan tempat wisata di Bukittinggi yang menyajikan hamparan danau selebar 7 km dan sepanjang 16 km. Pemandangan di sekitar danau dijamin membuat Anda tidak ingin berkedip karena indah sekali.

Berada di ketinggian sekitar 461,5 mdpl menjadikan udara di sekitar danau terasa sejuk dan segar. Destinasi yang tepat bagi Anda yang ingin melepas penat di alam terbuka.

8. Air Terjun Lembah Anai

Lembah Anai yang merupakan jalur penghubung antara Padang Panjang dengan Bukittinggi ternyata memiliki spot wisata alam yang keren yakni air terjun. Ada sekitar 6 air terjun yang dapat kamu kunjungi.

Beberapa air terjun ada yang sudah bisa dilihat dari jalan raya sehingga Anda cukup melihat dari kejauhan.

Apabila ingin masuk, tempat wisata di Bukittinggi yang masih asri ini mematok tarif Rp5.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp3.000 untuk pengunjung anak-anak.

Nantinya, Anda akan melihat Air Terjun Lembah Anai setinggi 35 meter dengan debit air yang cukup deras. Kolam yang berada di bawahnya memiliki air yang jernih dan segar. Konon, Anda akan awet muda jika membasuh muka menggunakan air tersebut.

Pasti semakin tidak sabar untuk menyambangi Bukittinggi, kan? Kalau begitu, pikirkan secara matang tempat wisata alam mana saja yang akan dijelajahi.

Sebaiknya, luangkan waktu yang cukup panjang agar Anda bisa mengunjungi banyak destinasi yang sangat sayang kalau dilewatkan.

Berita sebelumya11 Makanan Khas Dayak yang Kaya Akan Cita Rasa
Berita berikutnya9 Tempat Wisata di Medan yang Terkenal