8 Tempat Wisata di Cirebon Terbaik!

tempat wisata di cirebon
images by: infopublic.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Cirebon bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk liburan tahun ini. Bila Anda sudah pernah berlibur ke Bali, Semarang, Jogja, Bandung, dan kota wisata lainnya, tidak ada salahnya jika kali ini Anda menjajal berbagai tempat menarik di Cirebon.

Cirebon bukan hanya terkenal sebagai daerah dengan potensi kelautan yang menjanjikan. Cirebon yang memiliki julukan Kota Udang ini pun ternyata menyimpan berbagai surga tersembunyi di dalamnya. Mau tahu? Jangan beranjak dan terus simak ulasannya!

8 Tempat Wisata di Cirebon Terbaik untuk Dikunjungi

1. Bukit Gronggong

Lokasi : Desa Patapan, Kec. Beber, Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000/Orang

Menikmati keindahan alam Cirebon sambil menyantap kuliner nan lezat bersama orang-orang tersayang pastinya menjadi momen yang hangat dan tak terlupakan.

Hal ini akan Anda dapatkan jika berkunjung ke tempat wisata di Cirebon yang satu ini. Bukit Gronggong menghadirkan konsep wisata kuliner yang menarik dan berbeda.

Anda dapat merasakan nuansa bersantap sambil menikmati latar pemandangan alam yang luar biasa indah dan udara yang sejuk.

Waktu terbaik untuk mendapatkan suasana bersantap yang hangat dan menyenangkan adalah pada malam hari, dimana pemandangan semakin eksotis dengan lampu-lampu malam sejauh mata memandang.

2. Taman Wisata Siwalk

Lokasi : Desa Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional : 08.00-18.00
Harga Tiket Masuk : Rp. 3.000/Orang

Berlibur memang paling cocok kembali ke alam. Jika Anda merindukan suasana alam yang membuat hati tenang dan tubuh rileks, tempat wisata di Cirebon yang satu ini bisa Anda coba.

Tempat wisata seluas 175 Hektar ini dikelilingi oleh perbukitan kecil serta dipercantik dengan persawahan yang menghampar luas.

Banyak sekali kegiatan seru yang dapat Anda lakukan di sini seperti berkemah, memancing, naik perahu, sampai bermain golf. Bagi Anda yang suka kegiatan outbound, tempat wisata ini juga menyediakan fasilitas outbound seperti flying fox, ATV, dan zona petualangan.

3. Keraton Kasepuhan Cirebon

Lokasi : Jl. Kasepuhan No. 43, Kel. Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional : 08.00-18.00
Harga Tiket Masuk : Pelajar Rp 10.000/Orang – Wisatawan Domestik Rp 15.000/Orang – Wisatawan Asing Rp 20.000/Orang

Kota Cirebon memang sangat identik dengan bangunan bersejarah yang juga menjadi salah satu ikon dari kota ini yaitu Keraton Kasepuhan Cirebon.

Keraton ini dibangun di masa penyebaran agama Islam di Cirebon, yaitu sekitar tahun 1529 oleh Pangeran Cakrabuana. Anda dapat melihat arsitektur khas dari keraton ini yang akan memperkenalkan budaya Cirebon yang unik dan khas.

Keraton ini dibagi menjadi beberapa tempat seperti museum, petilasan, dan masjid merah. Di museum banyak benda peninggalan bersejarah yang dapat Anda lihat seperti gamelan, kereta kencana, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang ingin berwisata sambil mencari tahu tentang sejarah khususnya mengenai penyebaran agama Islam di Cirebon, tempat yang satu ini adalah rekomendasi terbaik untuk Anda.

4. Danau Setu Patok

Lokasi : Jl. Raya Banjarwangunan, Desa Setupatok, Kec. Mundu, Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Memandang ke arah danau dengan airnya yang tenang dengan rimbunnya pepohonan di sekitarnya yang sangat asri serta ditambah dengan udara yang sejuk. Siapa yang tidak mendambakan hal ini dalam liburan mereka?

Semua hal ini dapat Anda dapatkan di tempat wisata Danau Setu Patok yang berada di Kota Cirebon pastinya. Bukan hanya menikmati suasana danau yang teduh, Anda juga bisa melakukan aktivitas lainnya yang tak kalah seru.

Bersepeda atau mengendarai motor trail di area ini adalah kegiatan yang direkomendasikan. Bukan hanya itu, Anda juga dapat menikmati momen matahari terbenam yang terkenal sangat cantik di tempat ini. Jadi, jangan sampai dilewatkan ya, travelers!

5. Kampung Batik Trusmi

Lokasi : Kawasan Batik Trusmi, Kec. Plered, Cirebon, Jawa Barat.
Jam Operasional : 09.00-17.00
Harga Tiket Masuk : Rp 15.000/Orang

Selain identik dengan laut dan udang, ada hal lain yang sangat iconic di kota ini. Apa itu? Ya, batik! Kota Cirebon juga terkenal sebagai kota industri batik yang legendaris.

Jika Anda ingin berlibur ke Cirebon dan ingin melihat-lihat keragaman batik khas Kota Cirebon, destinasi terbaik yang wajib Anda kunjungi adalah Kampung Batik Trusmi.

Tempat wisata di Cirebon ini merupakan pusat industri batik skala besar di Cirebon Dengan kurang lebih 3.000 pembatik yang berasal dari beberapa desa di Cirebon.

Bukan hanya dapat melihat pembuatan dan membeli oleh-oleh batik Cirebon saja, di tempat ini juga terdapat area wisata kuliner yang sangat lezat dan wajib Anda coba.

6. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Lokasi : Jl. Yos Sudarso No.1, Kel. Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional : 09.00-18.00
Harga Tiket Masuk : Rp 50.000 – Rp 65.000

Kita sampai di taman rekreasi air paling Hits di Cirebon, apalagi kalau bukan Cirebon Waterland Ade Irma. Tempat wisata di Cirebon yang menjadi salah satu destinasi populer bagi para wisatawan ini sangat wajib Anda kunjungi saat ke Cirebon.

Berbagai fasilitas dan wahana air yang menarik juga menjadi daya tarik tersendiri dari tempat rekreasi air ini. Dengan konsep family recreation, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan keluarga.

7. Pantai Kejawanan

Lokasi : Desa Pegambiran, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Rp 3.500

Belum ke Cirebon namanya jika tak belum mengunjungi pantai yang dimiliki kota ini. Sekarang saatnya kita meluncur ke salah satu pantai terbaik di Cirebon, Pantai Kejawanan. Pantai yang berlatarkan keindahan Gunung Ceremai ini pasti akan memikat Anda.

Dengan harga tiket masuk yang sangat terjangkau Anda dapat menikmati panorama pantai yang indah terlebih pada sore hari. Menikmati keindahan sore di pantai sambil menyantap hidangan seafood yang ramah di kantong dengan panorama yang eksotis pastinya akan memberi pengalaman begitu berkesan.

8. Alun-Alun Kejaksan

Lokasi : Jl. Kartini, Kel. Kebonbaru, Kec. Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Alun-alun dari sebuah kota memang selalu menjadi pusat kegiatan seru dan menjadi tempat berkumpul orang-orang untuk bersantai dan menghabiskan waktu, tidak terkecuali dengan Kota Cirebon.

Kota Cirebon memiliki alun-alun yang juga menjadi tempat wisata di Cirebon yang selalu dipadati wisatawan yaitu alun-alun Kejaksan.

Alun-alun yang baru selesai direnovasi ini semakin cantik dan nyaman untuk dijelajahi. Berbagai penjaja makanan tersedia dan sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata kuliner.

Alun-alun ini akan sangat hidup pada malam hari di mana lampu-lampu kota menambah hangat suasana malam di alun-alun.

Bersebelahan dengan Masjid Raya At-Taqwa yang merupakan masjid terbesar di Cirebon, sangat pas bagi pengunjung muslim karena akan memudahkan Anda saat ingin beribadah di sini.

Kini tentu Anda sudah percaya bahwa Cirebon bukan hanya kota penghasil udang ataupun batik yang cantik. Pasalnya, tempat wisata di Cirebon pun sangat beragam dan recommended untuk Anda coba.

Jadi, tak perlu berpikir panjang lagi, bila Anda memiliki rencana liburan dalam waktu dekat, kota Cirebon adalah pilihan yang tepat!

Berita sebelumya14 Makanan Khas Riau yang wajib dicoba!
Berita berikutnya11 Tempat Wisata di Lampung Paling Populer