10 Tempat Wisata di Garut Anti Mainstream

tempat wisata di garut
Images by: Mongabay.co.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Garut memang tak ada habisnya untuk dibahas. Garut adalah salah satu kota terkenal di Jawa Barat yang langsung berbatasan dengan Bandung dan Cianjur.

Selain popular dengan kuliner tradisionalnya berupa dodol Garut, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

10 Daftar Tempat Wisata di Garut

Garut menawarkan banyak destinasi wisata menarik yang tidak boleh Anda lewatkan, mulai dari wisata alam seperti pantai dan pegunungan, hingga yang berjenis wisata alam buatan. Semuanya memiliki kelebihan masing-masing seperti pesona 10 tempat wisata di Garut berikut ini:

1. Kawah Gunung Papandayan

Bagi Anda pecinta gunung, wisata Kawah Gunung Papandayan di Garut tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung kesana. Lokasinya terletak di daerah Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Garut. Dalam kondisi normal, tempat wisata ini buka setiap hari dan menawarkan banyak keistimewaan yang menarik.

Selain berfoto di spot instagramable, Anda juga bisa menikmati keindahan kompleks kawah sambil berpetualang menuju padang bunga edelweiss yang super cantik, lali mengelilingi tegal alun dan berfoto di bagian tebing atas yang nggak kalah cantik. Apalagi saat matahari terbit dan terbenam.

Bagi Anda yang ingin mendaki sampai ke puncak Gunung Papandayan juga tak perlu khawatir, karena gunung ini termasuk ramah untuk pendaki pemula. Tingginya sekitar 2.665 mdpl dan akses jalannya pun lumayan mudah.

Jalan di dekat pintu masuknya sudah berbentuk aspal, lalu naik ke atas sudah berbentuk batu berundak yang mudah dilalui. Untuk tiket masuknya sangatlah terjangkau, sekitar Rp20.000 saja. Jika ingin mencoba berkemah di sana juga bisa, biayanya hanya bertambah sekitar Rp35.0000.

2. Wisata Cipanas

Ingin berwisata ke tempat wisata di Garut yang seru untuk liburan sekeluarga? Datang saja ke Wisata Cipanas, Garut yang menawarkan kolam pemandian dari air panas alami. Lebih tepatnya, berasal dari sumber alami gunung api yang masih aktif, yaitu Gunung Guntur.

Di sini Anda bisa bersantai sambil berendam, berenang, dan bermain water boom bersama anak-anak. Jangan lupa juga untuk berfoto ria dengan latar belakang panorama alam yang cantik, lalu menikmati berbagai makanan dan berbelanja aneka souvenir khas Garut di sekitar lokasi wisata.

Untuk lokasinya sangatlah strategis, karena dekat dengan pusat Kota Garut. Lebih tepatnya berada di daerah Cimanganten, Tarogong Kaler. Jika ingin menginap di sekitar lokasi wisata ini juga tidak perlu bingung, karena banyak villa dan hotel yang nyaman untuk singgah dan istirahat sejenak.

3. Kampung Sampireun

Ngomong-ngomong tentang penginapan yang nyaman, di daerah Sukakarya, Kecamatan Samarang, Garut juga terdapat resort yang sangat recommended untuk dikunjungi. Namanya yaitu Kampung Sampireun. Sebuah resort eksklusif yang juga dilengkapi dengan fasilitas spa dan kafe.

Resort ini didesain secara mengapung dan berada di dekat danau yang cantik. Selain nyaman untuk tempat beristirahat, Kampung Sampireun juga punya banyak spot foto menarik untuk Anda unggah ke media sosial. Apalagi banyak taman dan wahana air yang seru untuk tempat bermain sekeluarga.

4. Leuwi Jurig

Bagi Anda yang suka dengan petualangan kecil-kecilan, Anda bisa kunjungi wisata Leuwi Jurig yang berada di Garut daerah Cihikeu, Kecamatan Bungbulang. Di sini Anda bisa menyewa peralatan gear adventure sambil menikmati keindahan spot foto alamnya yang indah.

Leuwi Jurig juga menyediakan banyak gazebo untuk bersantai ria bersama teman dan keluarga. Sangat nyaman untuk mengisi liburan akhir pekan atau sekadar mengisi kegiatan di sore hari. Area parkirnya pun lumayan luas, jadi tidak perlu khawatir saat membawa kendaraan sendiri.

5. Curug Orog

Tempat wisata di Garut selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Curug Orog. Sebuah air terjun alami yang berada di daerah Cikandang, Kecamatan Cikajang, Garut. Selain menikmati air terjunnya yang terasa dingin dan sejuk, Anda juga bisa berkemah di sana bersama teman atau keluarga.

Dalam kondisi normal, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga malam. Tak perlu khawatir soal fasilitas pendukungnya, karena wisata Curug Orog dilengkapi dengan toilet, area parkir yang luas, serta tempat penginapan dan toko souvenir untuk oleh-oleh.

6. Bukit Pilar Angin

Banyak orang menjuluki tempat wisata ini sebagai Sumba ala Garut, karena panorama bukit dilengkapi padang rumput yang luas dan sangat estetik untuk spot foto. Biasanya banyak warga setempat yang menggembala dombanya ke sana. Jadi, semakin menambah keseruan liburan Anda.

Lokasi Bukit Pilar Angin berada tepat di belakang Bukit Cikajar yang beralamat di Cikelet, Garut. Langsung saja datang ke sini untuk mengabadikan foto terbaik Anda atau sekadar bersantai bersama teman dan keluarga.

7. Pantai Santolo

Pantai Santolo adalah salah satu rekomendasi pantai yang indah di Garut. Pantai ini punya hamparan pasir putih yang halus dan juga luas. Sangat cocok untuk bersantai dan bermain dengan anak-anak.

Apalagi jika Anda datang pagi atau sore hari sambil menikmati sunrise dan sunset yang super ciamik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa berkunjung ke Pulau Santolo hanya dengan biaya Rp2.000 saja per orang. Menarik, kan?

Tertarik berkunjung ke salah satu pantai paling terkenal di Garut ini? Langsung saja datang ke Pantai Santolo yang beralamat di Cijambe, Kecamatan Cikelet, Garut.

8. Pantai Sayang Heulang

Setelah menikmati keindahan Pantai Santolo sebagai salah satu tempat wisata di Garut, Anda bisa langsung bertandang ke Pantai Sayang Heulang yang berada tepat di sebelah Pulau Santolo. Jadi, masih di kawasan Cijambe, Kecamatan Cikelet, Garut.

Berbeda dengan Pantai Santolo yang punya pasir putih nan indah, Pantai Sayang Heulang menawarkan keindahan pasir dengan karangnya yang luas. Bahkan, bentang karangnya sampai ke di tengah-tengah laut, sehingga Anda bisa berjalan hingga ke ujung karang saat pantai sedang surut.

9. Pantai Puncak Guha

Bosan dengan pantai berpasir, Anda bisa kunjungi pantai Puncak Guha yang berupa tebing tinggi berbatasan dengan laut. Pantai yang terletak di kawasan Purbayani, Caringin, ini lumayan terkenal sejak menjadi salah latar novel berjudul Perahu Kertas karya Dee.

Selain menawarkan panorama sunset yang indah, di sana juga terdapat gua kelelawar. Sehingga saat menjelang sore, Anda juga bisa melihat kawanan kelelawar keluar dari gua tersebut. Sebuah pemandangan yang unik dan keren banget.

Tak heran, banyak wisatawan berdatangan ke pantai ini untuk sekedar berfoto atau menikmati sunset sambil menyaksikan deburan ombak yang syahdu.

10. Pantai Ranca Buaya

Tak jauh dari pantai Puncak Guha, Anda bisa langsung menuju ke Pantai Ranca Buaya. Pantai ini juga memiliki spot foto dan gelombang ombak yang tak kalah menarik. Fasilitas pendukungnya juga lumayan lengkap, seperti toilet, gazebo, dan berbagai warung atau tempat makan.

Itulah 10 tempat wisata di Garut paling recommended yang bisa Anda kunjungi saat mengisi liburan. Semuanya lengkap, mulai dari pantai hingga pegunungan. Jadi, mau liburan kemana akhir pekan ini? Jangan lupa eksplor Garut, mulai dari pusat kota hingga ke daerah perbatasan yang tak kalah cantik.

Berita sebelumya14 Makanan Khas Padang dengan Cita Rasa Rempah yang Otentik
Berita berikutnya12 Tempat Wisata di Bekasi yang Harus Dikunjungi