11 Tempat Wisata di Jakarta yang Menarik

Tempat Wisata di Jakarta
Images by: Trawlbens
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Jakarta bisa menjadi destinasi liburan pilihan yang Anda kunjungi ketika akan bertandang ke ibukota nanti.

Sebagai wajah negara, Jakarta menyimpan beragam unsur budaya dan objek wisata yang dapat menyatukan saudara dari seluruh penjuru Indonesia.

Rekomendasi Objek Wisata Unik di Jakarta

Jakarta seakan punya pesona unik tersendiri yang belum banyak masyarakat Indonesia ketahui. Ada banyak sekali tempat wisata di Jakarta yang perlu Anda rencanakan jauh-jauh hari sebelum berkunjung ke ibukota seperti wisata sejarah, wisata alam, wisata wahana, dan lain sebagainya.

Saking banyaknya destinasi wisata Jakarta dengan beragam pesonanya, Anda akan merasa takjub dan lebih bersemangat untuk menjelajah kota paling menarik di seluruh Asia Tenggara ini. Berikut rekomendasi destinasinya:

1. Kota Tua

Kota Tua
Images by: jakarta.suara.com

Tempat wisata di Jakarta yang terletak di sudut ibukota ini mengandung nilai sejarah yang kental dengan gaya bangunan gedung tua ala zaman kolonial. Meski begitu, Kota Tua tetap menjadi objek wisata historis paling hits yang sangat ramai didatangi oleh pengunjung lokal maupun asing.

Setiap wisatawan yang membawa dirinya ke Kota Tua akan merasa seperti hidup di masa lampau. Selama di sana, Anda juga dapat berkunjung ke Museum Wayang, Gedung Merah, Museum Bahari, Museum Bank Indonesia, Stasiun Kereta Api Kota, dan tempat bersejarah lainnya.

2. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu
Images by: maritim.go.id

Jakarta juga punya objek wisata bahari yang berhasil menarik banyak wisatawan yang pernah mencicipi pesona pulau-pulau indah di Kepulauan Seribu. Anda bisa menjelajah ke banyak pulau untuk menikmati birunya laut, wahana watersport, sampai pemandangan sunset yang memukau.

Setiap pengunjung di Kepulauan Seribu harus menyebrang terlebih dulu dari Muara Angke ke pulau-pulau yang ingin dituju. Penyeberangan dilakukan menggunakan kapal KM Kerapu setiap pukul 08.00 WIB dengan waktu tempuh, rute perjalanan dan tarif yang variatif.

3. Dunia Fantasi (DUFAN)

Dunia Fantasi (DUFAN)
Images by: wowkeren.com

Siapa sih warga Jakarta yang tak kenal dengan Dufan (Dunia Fantasi) Ancol? Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya ragam wahana bermain yang bisa Anda nikmati bersama teman atau keluarga.

Dufan berlokasi di area Taman Impian Jaya Ancol yang juga menawarkan objek wisata seru dan unik lainnya kepada para pengunjung. Saat liburan nanti, Anda sekeluarga juga dapat mengunjungi beberapa wisata sekaligus yang tersedia di area taman tersebut.

4. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah TMII 1
Images by: megapolitan.kompas.com

Tempat wisata di Jakarta yang sering masyarakat kenal sebagai TMII menawarkan pengalaman berwisata lengkap layaknya berkeliling ke seluruh penjuru Indonesia. Destinasi wisata seluas 150 hektar ini seakan mewakili hampir semua adat dan ciri khas lain dari setiap daerah di Indonesia.

Tak hanya itu, di TMII juga tersedia tempat bermain seru, beberapa museum, gedung teater, hingga taman-taman yang unik dan atraktif. TMII buka dari pukul 07.00 WIB sampai 22.00 WIB setiap hari. Untuk harga tiket masuknya, Anda diminta membayar sebesar Rp10.000 setiap orang.

5. Sea World Ancol

Sea World Ancol
Images by: berwisata.id

Apakah Anda termasuk kalangan penikmat pemandangan bawah laut tapi takut untuk menyelami dasar laut? Tenang, Sea World Ancol adalah lokasi yang paling tepat untuk merasakan pengalaman menjelajah alam bawah laut tanpa menyentuh airnya.

Di sana, Anda akan menyusuri terowongan air layaknya akuarium raksasa untuk melihat pemandangan laut secara nyata dan mengetahui banyak jenis ikan yang memukau mata. Anda perlu membayar tarif sebesar Rp115.000 per orang untuk bisa masuk ke Sea World Ancol, Jakarta.

6. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Objek wisata alam di ibukota selanjutnya kali ini sudah banyak dikenal dengan suguhan pemandangan asyik dan spot foto menarik. Bagi Anda pegiat dunia fotografi atau sekedar hobi jepret sana sini, Taman Wisata Alam Angke Kapuk jadi lokasi yang “haram” dilewatkan.

Di sana, Anda akan menikmati pemandangan hutan bakau di tengah jembatan gantung yang bisa jadi spot foto yang eksotik. Selanjutnya Anda dapat terus menjelajah jembatan pantau yang menawarkan bentuk keindahan lain di sekitar kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

7. Agro Edukasi Wisata Ragunan

Tempat wisata di Jakarta kali ini tergolong muda karena baru dibuka pada bulan Januari 2021. Wisata Ragunan ini didirikan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai upaya dalam meningkatkan bidang pertanian dari sisi edukasi, produksi, konservasi lingkungan, dan objek wisata.

Agro Edukasi Wisata Ragunan ini berlokasi di Jl. Poncol Ragunan, kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pengunjung dapat merasakan wisata sambil belajar dan praktek pelaksanaan urban farming. Terlebih lagi, Anda tak perlu keluar uang untuk mendapatkan pengalaman bertani.

8. Museum MACAN

MACAN adalah kependekan dari wisata Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Tempat wisata di Jakarta sangat cocok dikunjungi oleh kalangan muda dan pengagum karya seni kontemporer. Ada sekitar 90 karya seni dari berbagai negara yang terpampang di MACAN ini.

Karya seni yang disuguhkan kepada pengunjung juga tak sebatas lukisan saja. Ada juga bentuk kesenian modern yang dikemas dengan beragam media, instalasi, dan teknik yang tak biasa tapi sangat menakjubkan. Wajar saja jika MACAN kerap jadi tempat wisata dan ajang swafoto ria.

9. Pulau Kelapa

Salah satu pulau kecil nan eksotik dalam gugusan Kepulauan Seribu yang patut untuk disambangi adalah Pulau Kelapa. Pulau yang ditumbuhi oleh banyak pohon kelapa ini sudah lama dikenal menyimpan pesona unik tersendiri.

Anda akan merasakan indahnya jalaran ombak membasuh pasir putih dan pengalaman menyelam yang menyenangkan. Dengan begitu, Anda dapat melihat pemandangan bawah laut yang cantik serta gugusan terumbu karang yang indah secara langsung.

10. Tugu Monumen Nasional

Sudah banyak penduduk Indonesia yang kenal dengan bangunan Monumen Nasional atau Monas. Rasanya tak lengkap jika berkunjung ke Jakarta tanpa datang ke Monas. Ikon ibukota ini juga kerap menjadi tempat wisata di Jakarta yang diminati oleh penduduk dari berbagai daerah.

Tugu Monumen Nasional menyimpan banyak catatan sejarah dengan makna nasionalisme mendalam dengan kemegahan bangunan monumental yang sangat atraktif. Selain berjelajah kawasan sekitar, Anda juga dapat melihat kota Jakarta dengan jelas dari puncak tertinggi Monas.

11. Planetarium Jakarta

Tempat wisata di Jakarta kali ini sangat cocok bagi Anda penyuka ilmu pengetahuan seputar antariksa, benda angkasa dan tata surya. Di Planetarium Jakarta Anda akan mendapatkan pengalaman berwisata sambil belajar yang dikemas dengan apik, detail, nyata, dan atraktif.

Sebagai wisata edukasi, Planetarium Jakarta sangat sering menjadi rekomendasi destinasi yang tepat untuk kalangan pelajar. Jam operasional dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB dan berlokasi di Jalan Cikini Raya Nomor 73, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat.

Berdasarkan penjelasan diatas, apakah ada rekomendasi tempat wisata di Jakarta impian Anda? Jika waktu libur telah tiba dan Anda ingin terbang ke Jakarta, jangan lupa untuk mendatangi salah satu tempat wisata di atas.

Sebagai kota metropolitan terbesar di Indonesia, Jakarta tak sepenuhnya sama dengan apa yang orang-orang katakan. Selamat berjelajah ke ibukota dan cari tahu pesona Jakarta dari tempat wisatanya.

Berita sebelumya9 Makanan Khas Tasikmalaya Sederhana dan Enak
Berita berikutnya14 Tempat Wisata Di Bogor yang Kece dan Murah