8 Tempat Wisata di Jambi yang Harus Dikunjungi

Tempat Wisata di Jambi
image by: bataritours.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Jambi adalah destinasi yang terbaik untuk mengisi waktu liburan.

Bentang alam bervariasi yang dimiliki provinsi ini mampu menyuguhkan destinasi alami maupun buatan yang menawan.

Rekomendasi 8 Tempat Wisata di Jambi

Sumatera dikenal sebagai pulau yang memiliki beragam destinasi wisata. Beberapa di antaranya berlokasi di Provinsi Jambi.

Jika Anda memutuskan untuk ke sana, maka pertimbangkan untuk berekreasi di destinasi berikut ini:

1. Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar
image by: wisatalengkap.com

Tempat wisata di Jambi yang bernama Air Terjun Renah disebut sebagai salah satu air terjun tertinggi di Jambi.

Estimasi ketinggiannya 30 meter dengan debit air yang sangat deras. Wajar jika terlihat sangat megah dari kejauhan.

Lokasinya berada di Desa Renah Sungai Besar, Kabupaten Bungo yang membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam perjalanan dari pusat kabupaten.

Kendaraan roda dua maupun empat hanya sampai di parkiran, sisanya Anda harus berjalan kaki selama 30 menit menuju air terjun.

Tenang saja, sudah ada jalan setapak yang nyaman dilalui. Sepanjang perjalanan, Anda akan menemui 7 jembatan dan pemandangan berupa pepohonan hijau yang sesekali diiringi cuitan burung.

Debit air yang deras mengeluarkan suara gemuruh yang kuat namun tetap enak didengar. Terdapat semak-semak dan pohon rindang di sekitar kolam air terjun. Anda bisa bebas berenang atau sekadar berendam kaki sambil duduk di atas bebatuan.

2. Air Terjun Pancuran Rayo

Jika ingin melihat air terjun yang lebih spektakuler, maka Pancuran Rayo wajib menjadi tujuan selanjutnya.

Ketinggiannya tidak main-main yakni 150 meter sehingga menjadikan Air terjun Pancuran Rayo tertinggi di Jambi.

Letaknya ada di Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Danau Keliling, Kerinci yang berjarak 23 km dari pusat Kota Sungai Penuh. Pastikan Anda dalam kondisi yang fit saat akan berlibur di Pancuran Rayo.

Sebab, trekking sejauh 4 km wajib ditempuh untuk sampai di titik air terjun. Medannya bervariasi mulai dari jalan tanah datar, bukit yang naik-turun, jalan bebatuan dan sungai. Estimasi waktu trekkingnya sekitar 2 jam.

Ketika sampai di area air terjun, Anda akan melihat betapa menakjubkan pemandangan air yang tumpah dari ketinggian ratusan meter.

Anda bisa duduk-duduk di bebatuan, berendam di kolam maupun hunting foto di sekitar air terjun. Tarif masuknya sangat murah hanya 5 ribu rupiah.

3. Candi Muaro Jambi

Salah satu tempat wisata di Jambi yang merupakan situs purbakala terkenal yakni Candi Muaro Jambi.

Lokasinya berada di Desa Nuaro, Kecamatan Muaro Sebo yang berjarak sekitar 26 km dari pusat kota.

Menurut para ahli, arsitektur yang dimiliki candi di kompleks ini serupa dengan bangunan antara abad ke-7 hingga ke-13.

Total jumlah candinya ada lebih dari 60 buah, namun beberapa di antaranya masih berupa gundukan yang belum digali dan direkonstruksi.

Kompleks Candi Muaro Jambi sangat luas, bahkan berkali lipat lebih lapang dibandingkan kompleks Candi Borobudur yang ada di Jawa Tengah.

Salah satu candi yang menarik perhatian adalah Candi Tinggi yang letaknya ada di bagian depan sehingga bisa langsung terlihat oleh pengunjung. Anda diperbolehkan menaiki anak tangga candi sampai ke bagian paling atas.

Ada juga Candi Gumpung yang berdiri megah di area luas yang ada di kompleks ini. Anda akan menemukan sebuah telaga yang berada tidak jauh dari candi. Konon, telaga tersebut digunakan oleh para raja untuk membersihkan diri.

4. Pulau Penyu

Siapa yang sanggup menolak keeksotisan Pulau Penyu? Tempat wisata di Jambi berupa pulau tak berpenghuni ini merupakan destinasi ideal bagi Anda yang ingin merasakan liburan dengan suasana yang tenang.

Alamatnya ada di Kecamatan Sadu, Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan darat dari kota Jambi.

Kemudian, Anda harus menyeberang selama 20 menit dari Pelabuhan Nipah ke Pulau Penyu dengan menyewa perahu sebesar 20 ribu rupiah.

Apa saja kegiatan yang menarik di Pulau Penyu?

– Bermain air pantai yang jernih dengan ombak yang relatif bersahabat

– Bersantai di atas pasir putih yang lembut dan bersih

– Berjalan menyusuri pantai sambil hunting foto dan menikmati pemandangan sekitar

– Jika beruntung, Anda bisa bertemu induk penyu yang sedang meletakkan telur-telur di sarang buatannya

– Berkemah di area pantai. Tapi Anda harus menyiapkan peralatan dan perbekalan yang lengkap karena tidak ada penghuni maupun penjual yang ada di Pulau Penyu

5. Danau Gunung Tujuh

Dinobatkan sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara menjadikan Danau Gunung Tujuh begitu populer di kalangan wisatawan seluruh dunia. Danau ini menyatu dengan area Taman Nasional Kerinci Seblat yang terbesar di Sumatera.

Danau Gunung Tujuh berada di ketinggian kurang lebih 1.950 mdpl sehingga suhu di sekitarnya sangat dingin.

Dinamai demikian karena danau tersebut dipagari oleh 7 gunung antara lain Gunung Tujuh, Jar Panggang, Lumut, Selasih, Hulu Tebo, Hulu Sangir dan Madura Besi.

Butuh kondisi yang prima untuk menyaksikan keindahan danau seluas 960 hektar ini sebab ada jalan menanjak yang perlu ditaklukan. Dari pos awal, Anda harus memulai pendakian yang memakan waktu hingga 3 jam.

Awalnya, jalur sudah tertata sehingga mudah dilalui namun lama kelamaan semakin menanjak dan hanya berupa tanah yang samping kanan kirinya ditumbuhi semak belukar.

Sebaiknya Anda membawa tongkat agar lebih seimbang ketika melangkah terutama jika medannya licin.

Aktivitas menarik di Danau Gunung Tujuh antara lain:

– Menikmati panorama danau yang menakjubkan sambil mengabadikan dengan kamera

– Berenang di tepian danau. Sebaiknya jangan terlalu ke tengah karena berbahaya

– Menyusuri danau dengan menyewa perahu kayu

– Berkemah di pinggiran danau

6. Bukit Ngarau Merangin

Selanjutnya, tempat wisata di Jambi yang wajib dikunjungi adalah Bukit Ngarau Merangin. Lokasinya ada di Kecamatan Tabir Ulu, Kabupaten Merangin yang bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua maupun empat.

Bukit Ngarau Merangin menyuguhkan landscape Jambi yang terlihat indah dari ketinggian. Kalau Anda pernah berwisata ke Bukit Mangunan Jogja, maka akan melihat adanya kemiripan panorama yang tersaji yakni hamparan perbukitan hijau dengan sungai panjang yang membelah.

Udara di sekitar bukit terasa sangat segar sehingga membuat Anda betah untuk berlama-lama. Jangan lupa untuk mengabadikan momen liburan Anda dengan kamera karena setiap sisi Bukit Ngarau Merangin menakjubkan sebagai latar foto.

Pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin melepas penat dengan cara memandang alam terbuka. Area ini ditumbuhi oleh rumput dan semak belukar yang cukup nyaman untuk diduduki. Bebatuan besar juga ada sebagai pilihan tempat istirahat.

7. Kebun Teh Kayu Aro

Kebun Teh Kayu Aro merupakan tempat wisata di Jambi yang tertinggi dan terluas nomor dua di dunia.

Membutuhkan sekitar 8 jam perjalanan dari pusat Kota Jambi ke lokasi kebun teh yang berada di kaki Gunung Kerinci, Kecamatan Kayu Aro.

Produk unggulannya adalah teh hitam yang prosesnya masih ditangani secara manual. Dalam satu tahun, kebun teh ini mampu menghasilkan lebih dari 5.000 ton teh hitam untuk dipasok ke dalam maupun luar negeri.

Berwisata ke Kebun Teh Kayu Aro membuat liburan Anda lebih berkesan. Terhampar perkebunan teh yang dihiasi panorama pegunungan dan perbukitan hijau di sekitar.

Udaranya begitu sejuk untuk dihirup sehingga mampu memberikan efek relaksasi yang maksimal.

Anda bisa menyusuri kebun teh melalui jalan setapak yang tersedia sambil sesekali berhenti untuk berpose dengan latar alam yang menakjubkan.

8. Jambi Paradise

Tidak hanya wisata alam, Jambi juga memiliki wisata buatan yang asik dijadikan tempat rekreasi bersama keluarga.

Letaknya ada di Desa Talang Belido, Simpang Acai, Sungai Gelam. Waktu operasionalnya antara jam 9.30 pagi hingga 6 sore dengan tarif sebesar Rp20.000 per orang.

Apa saja spot yang menarik di Jambi Paradise? Berikut ini daftarnya:

– Lorong sepanjang 30 meter yang sangat indah dijadikan spot foto

– Mini Garden By the Bay ala Jambi yang dibuat dari kerangka besi berwarna merah muda sehingga menampilkan kesan manis dan romantis

– Danau buatan yang bisa disusuri dengan perahu kayu mini atau sepeda air

– Area wahana permainan seperti flying fox, jembatan gantung, ATV dan labirin

– Penyewaan sepeda untuk keliling Jambi Paradise

Setelah mengetahui daya tarik tempat wisata di Jambi, pasti Anda semakin mantap untuk menghabiskan liburan di kota tersebut.

Jangan lupa untuk menyiapkan perbekalan yang cukup karena satu atau dua hari saja dijamin kurang untuk menelusuri destinasi wisata yang ada.

Berita sebelumya10 Makanan Khas Semarang Cita Rasa Beragam
Berita berikutnya10 Makanan Khas Jawa Timur Dijamin Ketagihan