11 Tempat Wisata di Lampung Paling Populer

tempat wisata di lampung
Images by: Batiqa.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Lampung berikut ini dijamin membuat Anda semakin ingin liburan. Pasalnya, Provinsi Lampung yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera ini ternyata punya banyak tempat wisata menarik untuk berlibur. Apa sajakah itu? Simak sampai habis, ya!

Daftar Tempat Wisata di Lampung yang Wajib Dikunjungi

Siap memulai petualangan tak terlupakan di provinsi Lampung? Langsung saja kunjungi 11 rekomendasi tempat wisata paling menarik di Lampung berikut ini, mulai dari taman, pantai, hingga air terjun:

1. Taman Nasional Way Kambas

Salah satu tempat wisata paling populer di Lampung adalah Taman Nasional Way Kambas. Taman ini punya beragam jenis flora dan fauna, bahkan hewan langka sekalipun. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan konservasi gajah sumatera dan bagaimana para petugas melatihnya.

Taman yang berlokasi di daerah Labuhan Ratu, bagian Lampung Timur ini sering didatangi banyak peneliti satwa, baik dari dalam maupun luar negeri. Menarik sekali, ya? Anda pun bisa mengunjunginya untuk berlibur sekaligus mengedukasi anak-anak tentang ragam fauna dan flora.

2. Taman Kupu Kupu Gita Persada

Setelah melihat-lihat gajah di Way Kambas, bagaimana kalau melihat beragam spesies kupu-kupu nan cantik? Langsung saja datang ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada yang berada di ibukota Provinsi Lampung, yaitu Bandar Lampung.

Tempat wisata di Lampung ini tepatnya beralamat di Desa Tanjung Manis, Kecamatan Kemiling. Taman ini punya ruang khusus tempat beragam jenis kupu-kupu yang menarik untuk dipelajari. Anda bisa mengajak anak-anak untuk mengedukasinya tentang hewan yang berkembangbiak dengan cara metamorfosis ini.

3. Bukit Kumbang

Setelah mengunjungi destinasi wisata edukatif, coba kunjungi destinasi wisata alam Bukit Kumbang di kawasan Bakauheni. Untuk menjangkau puncaknya, Anda harus berjalan di medan yang lumayan curam. Tapi, tidak perlu khawatir, karena medan tersebut aman dilalui.

Apalagi, di sepanjang perjalanan Anda bisa melihat panorama laut biru yang begitu memesona. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat sebuah kuil unik milik warga etnis Tionghoa saat sampai di puncak.

4. Pulau Tegal Mas

Lanjut ke rekomendasi tempat wisata di Lampung yang keempat, Anda bisa kunjungi Pulau Tegal Mas yang berada di Kabupaten Pesawaran. Destinasi wisata yang lumayan baru ini menawarkan berbagai aktivitas seru seperti snorkeling dan bermain kano.

Anda juga bisa menyaksikan hamparan laut biru memesona serta pasir putih yang luas. Tidak hanya itu, di sini juga ada vila bernuansa tropical yang sangat nyaman untuk tempat istirahat sejenak.

5. Pulau Pahawang

Pulau Pahawang juga termasuk salah satu destinasi wisata alam yang nggak boleh Anda lewatkan. Bahkan, pulau ini disebut-sebut sebagai surganya Lampung. Pasalnya, pulau yang berlokasi di daerah Marga Punduh Pindada ini menawarkan pesona bawah laut yang masih bersih dan alami.

Pulau ini terdiri dari 2 wilayah, yaitu Pahawang Besar dan pulau Pahawang kecil. Keduanya menawarkan wisata bawah laut yang ciamik dan pemandangan sunset yang menakjubkan. Nah, yang paling menarik, di pulau ini juga ada taman nemo yang super cantik.

Anda bisa menikmati semua keindahan bawah laut itu dengan menyewa alat snorkeling yang ada disana. Sangat menarik untuk mengisi libur panjang bersama keluarga. Siangnya snorkeling, malamnya bersantai di villa mewah yang super nyaman.

6. Pantai Dewi Mandapa

Usai menikmati keindahan pulau-pulau di Provinsi Lampung, Anda bisa coba kunjungi destinasi wisata pantai yang tak kalah cantik. Salah satu rekomendasi buat Anda sekeluarga adalah Pantai Dewi Mandapa yang berada di daerah Padang Cermin, Pesawaran.

Di pantai ini, Anda bisa melihat deburan ombak dan hamparan pasir putih yang mengagumkan. Tidak hanya itu, Anda bisa menyeberang ke sebuah pulau dan dermaga yang bernama unik, yaitu Pulau Cinta serta Dermaga Asmara.

7. Pantai Wartawan

Dari namanya saja sudah unik, ya? Ternyata pantai ini dikelola warga setempat yang bekerja sebagai wartawan. Dari tempat wisata di Lampung satu ini, Anda bisa melihat panorama Anak Gunung Krakatau yang sangat indah berpadu dengan birunya laut yang mengagumkan.

Menariknya, di Pantai Wartawan juga terdapat sebuah bukit, gua, serta makam pendekar. Bahkan, di pantai yang berlokasi Waymuli, Rajabasa, Lampung Selatan ini terdapat sumber air panas dengan suhu hingga mencapai 80 derajat.

Jika ingin datang ke pantai ini, Anda cukup membayar tiket masuk dan parkir dengan total harga sekitar Rp 5.000 saja. Murah sekali, kan? Anda bisa memanfaatkannya untuk bersantai dan bercengkrama bersama teman atau keluarga, terutama saat sunset di sore hari.

8. Danau Suoh

Setelah puas bermain di pantai, mungkin Anda ingin mengunjungi sebuah danau yang tak kalah indah? Anda bisa kunjungi Danau Suoh yang berlokasi di Suoh, Lampung Barat. Lebih tepatnya berada di Desa Sukamarga.

Danau ini menawarkan 4 pesona danau sekaligus, yaitu Danau Asam, Minyak, Belibis, dan Lebar. Sesuai namanya, keempat danau tersebut punya keunikan tersendiri. Danau Asam memiliki Ph air yang lumayan rendah, sehingga rasanya asam.

Sedangkan Danau Minyak punya permukaan mengkilat seperti minyak. Tidak hanya itu, danau eksotis ini juga punya fenomena alam yang super unik, yaitu adanya sumber panas bumi.

Sebab, lokasinya berada di kaki gunung yang memutari wilayah hutan dengan Taman Nasional Bukit Selatan. Wah, keren banget, ya!

9. Danau Biru Tambang Batu Kapur Padas

Masih ingin menjelajahi danau lainnya di Lampung? Coba kunjungi Danau Tambang Batu Padas yang berlokasi di daerah Lampung Tengah. Lebih tepatnya berada di Payung Mulya, Pubian.

Danau bekas galian tambang ini menawarkan pesona air berwarna biru yang sangat indah dan memesona. Apalagi ditambah dengan pemandangan tebing di dekatnya. Tentu semakin memanjakan mata saat berlibur kesana.

10. Air Terjun Curup Lestari

Rekomendasi tempat wisata di Lampung selanjutnya yaitu Air Terjun Curup Lestari. Wisata alam ini terletak di daerah Pubian, Lampung Tengah. Untuk mencapai Air Terjun Curup Lestari, Anda perlu tracking di medan yang lumayan sulit. Namun, itu justru semakin menantang jiwa petualang Anda.

Apalagi, sesampainya di lokasi air terjun, Anda bisa melihat pemandangan air terjun nan indah dengan airnya yang masih jernih. Di sana, Anda bisa bermain air dan berfoto ria sepuasnya.

11. Kebun Karet Trikora

Kalau yang ini mirip perkebunan di Korea yang instagramable banget. Banyak pohon karet terhampar dan bertautan satu sama lain hingga membentuk seperti terowongan.

Letaknya berada di Lampung Selatan dan banyak dikunjungi warga sekitar hingga luar kota. Bahkan, saking cantiknya pemandangan Kebun Karet Trikora, banyak calon pengantin yang memilih tempat ini sebagai desinasi untuk foto prawedding.

Semuanya menarik, ya? Jadi, tidak perlu bingung saat berkunjung ke Lampung. Karena ada banyak tempat wisata di Lampung yang bisa Anda kunjungi bersama teman dan keluarga, baik yang bernuansa alam, budaya, ataupun untuk edukasi. Happy traveling!

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Cirebon Terbaik!
Berita berikutnya14 Makanan Khas Padang dengan Cita Rasa Rempah yang Otentik