8 Tempat Wisata di Manado yang Sangat Indah

Tempat Wisata di Manado
image by: picture.triptrus.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Manado Sulawesi Utara digandrungi oleh para pemburu wisata bahari, karena banyaknya wisata pantai.

Ada banyak pilihan destinasi yang menyuguhkan aktivitas seru di daerah pantai, lautan dan pulau-pulau kecil yang eksotis. Kira-kira mana saja, ya?

Rekomendasi Tempat Wisata Bahari Terbaik di Manado

Pantai di Manado sudah tidak perlu diragukan keindahannya. Banyak wisatawan dalam maupun luar negeri yang ketagihan menghabiskan waktu libur di ibukota Sulawesi Utara ini.

Apabila Anda memiliki rencana berekreasi ke Manado, maka 8 wisata bahari berikut ini recommended untuk dikunjungi:

1. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken
image by: katalogwisata.com

Dapat dikatakan bahwa Taman Nasional Bunaken merupakan tempat wisata di Manado yang paling terkenal dan paling sering diburu para wisatawan.

Pesona bawah laut yang dimiliki Bunaken memang tiada tanding sehingga wajar jika dijadikan sebagai destinasi andalan.

Tempat ini dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari kota Manado ke pelabuhan Marina Blue Banter.

Kemudian, perjalanan berlanjut menggunakan kapal dari pelabuhan ke Pulau Bunaken selama 20 menit.

Tarif masuk per orang sangat murah, hanya 5 ribu rupiah. Sedangkan harga sewa peralatan snorkeling sekitar 150 ribu rupiah per jam dan diving sekitar 1 jutaan. Penyewaan kamera underwater juga tersedia dengan harga sekitar 200 ribu rupiah.

Aktivitas menarik di Pulau Bunaken antara lain:

– Menaiki banana boat;

– Snorkeling di Teluk Lekuan yang merupakan titik paling favorit di Bunaken. Nantinya, Anda akan disuguhkan pemandangan berbagai spesies ikan dan tanaman laut. Bahkan, Anda diperbolehkan memberi makan ikan-ikan yang ada di sana;

– Diving untuk menikmati kekayaan taman laut Bunaken yang menakjubkan. Ada begitu banyak biota laut yang dapat dilihat karena Bunaken masuk dalam Segitiga Emas;

– Berenang di sekitar tepian laut;

– Berkeliling laut dengan menaiki perahu kayu sewaan;

– Bermain pasir pantai dan bersantai sambil menyantap kuliner yang lezat.

2. Pulau Siladen

Selanjutnya ada Pulau Siladen yang berada di sebelah timur Laut Bunaken. Ada dua pilihan transportasi yang bisa disesuaikan dengan budget yakni perahu motor biasa dan speedboat.

Pulau Siladen sangat terkenal akan pesona pantainya yang menawan. Pasir putih, air laut yang jernih, deburan ombak dan pepohonan hijau menjadi suguhan yang akan memanjakan mata Anda selama di sana.

Tidak hanya itu, pulau cantik ini juga menyimpan keindahan bawah laut yang wajib Anda eksplor. Ketika menyelam, Anda akan menemui beragam biota laut seperti ikan lolosi ekor kuning, kuda gusumi, oci putih dan ila gasi.

Ikan-ikan tersebut berenang lincah di antara terumbu karang menawan yang semakin membuat betah.

Setelah puas menjelajah taman lautnya, jangan dulu pulang karena masih ada sunset yang pemandangannya dijamin memukau.

3. Pulau Manado Tua

Manado Tua merupakan salah satu gugusan pulau yang membentuk Taman Laut Bunaken. Maka wajar apabila Pulau Manado Tua menjadi tempat wisata di Manado yang paling sering disambangi wisatawan.

Memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pelabuhan Manado untuk sampai di pulau ini. Nantinya, Anda akan disapa dengan pemandangan gunung menjulang yang tertutup oleh pepohonan hijau lebat.

Bagi pencinta diving, Pulau Manado Tua merupakan “surga” yang tidak boleh dilewatkan. Ada satu titik selam populer yang menyuguhkan bentang alam menakjubkan. Anda akan melihat dinding karang, gunung berapi yang masih aktif dan gua berukuran besar.

Akuarium alami Pulau Manado Tua juga terisi oleh berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Jangan lupa untuk membawa kamera underwater agar setiap momen diabadikan dengan jelas.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan di pulau ini meliputi berjemur di kursi pantai, memburu sunset yang indah, berjalan-jalan di area hutan mangrove, berenang dan berkeliling laut menaiki kapal sewaan.

4. Pantai Malalayang

Pernahkah terbayang sebuah pantai tanpa pasir di sepanjang tepiannya? Anda akan menemui fenomena unik tersebut ketika mengunjungi tempat wisata di Manado bernama Pantai Malalayang.

Lokasi pantai ini berjarak 4 km dari pusat kota sehingga hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk sampai. Pantai ini terbuka 24 jam dengan tiket masuk yang sangat murah, hanya sebesar Rp5.000.

Seperti yang tadi dikatakan, tepian Pantai Malalayang tidak diselimuti oleh pasir melainkan bebatuan yang ukurannya kecil hingga besar.

Sepanjang tepian pantai juga dibangun dinding pembatas yang bagian atasnya dimanfaatkan warga untuk membuka warung makan.

Ombak Pantai Malalayang relatif tenang sehingga lebih aman untuk berenang atau sekadar bermain air. Bagi yang menyukai tantangan, tersedia penyewaan watersport seperti jetski.

Aktivitas seru lain yang tidak boleh diskip adalah menyelami bawah laut Pantai Malalayang. Seperti halnya titik selam lain di Bunaken, pantai ini juga menyuguhkan berbagai macam biota laut.

5. Pulau Lihaga

Manado memiliki pulau cantik lain yang tidak berpenghuni yaitu Pulau Lihaga. Anda harus menaiki kapal sekitar 50 menit dari Kampung Serei di Likupang untuk menuju pulau tersebut.

Sesampainya di sana, air laut yang jernih dan pasir putih yang halus menjadi pemandangan yang menyapa Anda pertama kali.

Pepohonan di sekitar pantai umumnya memiliki batang yang rendah dan panjang sehingga nyaman diduduki.

Jika membawa hammock, Anda bisa mengaitkannya di antara pohon sebagai tempat beristirahat atau selfie. Deretan kursi pantai lengkap dengan payung juga tersedia di sana.

Pulau Lihaga masih sangat bersih dan suasananya begitu tenang. Spot snorkeling dan diving di laut sekitar Lihaga tidak kalah keren dari spot lain di Bunaken.

Terlebih, pandangan Anda tidak akan terhalang selama menyelam karena air laut yang sebening kristal.

6. Pantai Apeng Datu

Tempat wisata di Manado bernama Pantai Apeng Datu menjadi destinasi yang harus disambangi, terutama bagi yang menggemari diving. Sebab, pemandangan bawah laut di pantai ini salah satu yang terindah di Manado.

Anda akan melihat terumbu karang berbagai bentuk dan ikan-ikan yang berenang di antaranya.

Asyiknya lagi, Anda dapat berinteraksi dengan dugong dan lumba-lumba yang kerap berenang di perairan tersebut.

Bagi yang lebih suka snorkeling, Pantai Apeng Datu juga menyediakan spot yang tidak kalah indah.

Pihak pengelola sudah menyediakan penyewaan alat diving dan snorkeling yang lengkap dan sesuai standar.

Tarif penyewaan untuk alat snorkeling sekitar ratusan ribu rupiah per jam sedangkan alat diving bisa sampai jutaan rupiah.

7. Pantai Pulisan

Walaupun jumlahnya banyak, tetapi setiap pantai di Manado memiliki keistimewaan masing-masing yang sayang dilewatkan.

Contohnya adalah Pantai Pulisan yang merupakan tempat wisata di Manado yang menawarkan pemandangan lengkap.

Selain air laut yang jernih, pantai ini juga menawarkan keindahan padang savana, hamparan pasir putih, kawasan hutan asri dan bebatuan hitam yang ukurannya bervariasi. Tidak ketinggalan, pesona taman laut yang mampu membuat Anda lupa akan daratan.

Padang savana yang ada di Pantai Pulisan berada di atas bukit. Anda hanya perlu memanjat sepanjang 50 meter untuk sampai di lokasi. Dari atas bukit, panorama laut dari ketinggian terlihat lebih indah.

Alternatif kegiatan lain adalah trekking ke kawasan hutan yang ada di sekitar pantai. Terdapat pohon rindang di samping kanan-kiri selama Anda berjelajah. Asyik, kan?

8. Pulau Lembeh

Melengkapi wisata Anda ke Manado, ada Pulau Lembeh yang siap memberikan pengalaman diving yang menakjubkan.

Lokasinya berada di Kota Bitung yang membutuhkan waktu sekitar 40 menit perjalanan darat dari pusat kota Manado.

Perjalanan laut akan dimulai dari dermaga Ruko Pateten ke Pulau Lembeh selama 15 menit.

Pulau ini sangat indah dengan hamparan pasir dan air yang bersih. Ada juga hutan mangrove yang menjadi spot foto favorit para pengunjung.

Pihak pengelola menyediakan jalan setapak yang terbuat dari kayu untuk mempermudah pengunjung berkeliling hutan. Gazebo juga disediakan di beberapa titik sebagai tempat beristirahat.

Diving di Pulau Lembeh wajib Anda coba karena terdapat puluhan ribu spesies biota laut yang menarik.

Beberapa di antaranya seperti mini octopus, pygmy seahorse, hairy frogfish dan flamboyan sotong.

Bagi para penikmat kegiatan diving dan snorkeling, tempat wisata di Manado merupakan surga dunia yang menawarkan kepuasan maksimal.

Semua destinasi bahari yang ada di kota ini menawarkan titik selam yang menyimpan banyak biota laut indah untuk dipamerkan. Kapan ke sana?

Berita sebelumya10 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicicipi
Berita berikutnya10 Makanan Khas Jogja Terkenal Nikmat