9 Tempat Wisata di Medan yang Terkenal

Tempat wisata di medan
Images by: adira.co.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Medan selalu penuh oleh para wisatawan. Wajar saja, hal ini karena Medan merupakan kota terbesar Indonesia yang menduduki posisi ke-3 setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Medan dikenal memiliki keanekaragaman budaya serta potensi wisata yang beragam.

Rekomendasi Tempat Wisata di Medan

Objek wisata Medan dikenal punya pesona unik tersendiri dan patut untuk digali. Maka tak heran jika berbagai tempat wisata di ibukota Provinsi Sumatera Utara ini selalu ramai dikunjungi pelancong, baik lokal maupun yang berasal dari luar negeri.

Mulai dari wisata bernuansa alam bebas, budaya, sampai kulineran, semuanya dapat Anda nikmati jika hendak bertandang ke Medan.

1. Danau Toba

Danau Toba sudah sering menjadi rekomendasi objek wisata alam wajib bagi setiap pengelana yang berkunjung ke Medan. Bahkan Danau Toba adalah alasan utama bagi sebagian besar orang agar mau datang ke Medan.

Jenis wisata alam nan indah ini juga dikenal sebagai danau terbesar yang ada di Indonesia dan terletak di kawasan Bukit Barisan, Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara.

Lokasinya tempat wisata di Medan ini memang cukup jauh dari pusat kota, yakni sekitar 150 km dari arah selatan Kota Medan. Pengunjung perlu waktu sekitar 4 jam berkendara dari pusat kota menuju Danau Toba.

Selama berada di lokasi tersebut, Anda akan disambut dengan bentang alam yang luas dan memukau. Perpaduan antara birunya danau serta hijaunya deretan pegunungan Bukit Barisan membuat Anda terlupa sejenak dengan hiruk pikuknya urusan dunia.

Selain danau, Anda juga bisa mengeksplor Pulau Samosir yang letaknya tepat berada di tengah genangan Danau Toba.

Tak perlu merogoh kocek banyak untuk bisa menikmati indahnya alam di sana. Anda hanya perlu menyiapkan uang Rp5.000 sebelum memasuki kawasan wisatanya.

2. Air Terjun Sipiso-piso

Rekomendasi tempat wisata di Medan selanjutnya adalah Air Terjun Sipiso-piso yang letaknya tak jauh dari Danau Toba. Objek wisata alam ini berlokasi di Desa Tongging. Tepatnya di Kecamatan Merek, Tanah Karo, Sumut..

Air Terjun Sipiso Piso menjadi air terjun tertinggi di Negara Indonesia yang tinggi totalnya mencapai angka 120 m. Air terjun ini juga dikenal sebagai objek wisata daerah andalan setelah Danau Toba.

Uniknya, air terjun ini terbentuk dari sungai bawah tanah yang mengalir ke dalam goa yang ada di dekat kawah Danau Toba. Meski deras, ukuran aliran air terjun ini sangat ramping, panjang, dan lurus sempurna layaknya piso (pisau).

Waktu tempuh untuk sampai ke lokasi wisata kurang lebih selama 4 jam dari pusat Kota Medan. Untuk urusan tiket, Anda cukup membayar seharga Rp2.300 untuk setiap orang.

Selanjutnya, wisatawan dapat menuruni kawasan bukit dengan ribuan anak tangga untuk bisa sampai ke Air Terjun Sipiso-piso.

3. Menara Pandang Tele

Jika Anda penasaran bagaimana kenampakan Danau Toba dari atas, silakan datang ke Menara Pandang Tele untuk menyaksikan luasnya kawasan danau dari ketinggian. Lokasinya terletak di Turpuk Limbong, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara.

Menara Pandang Tele juga sering jadi incaran para wisatawan yang tertarik melihat pemandangan Danau Toba dari ketinggian.

Namun, seringnya objek wisata ini akan semakin ramai saat menjelang petang untuk melihat matahari terbenam. Anda hanya perlu membayar sebesar Rp2.000 untuk bisa masuk ke dalam Menara Pandang Tele.

4. Tjong A Fie Mansion

Jika Anda termasuk penikmat wisata bangunan tua, Rumah Tjong A Fie adalah salah satu destinasi yang tepat untuk dikunjungi. Bangunan tua ini berlokasi di Jl Jenderal Ahmad Yani No. 105, Kesawan, Medan Barat.

Keunikan yang diusung dari objek wisata ini adalah gaya bangunannya yang memadukan konsep arsitektur dari berbagai negara yakni China, Malaysia, dan Eropa.

Selama di sana, Anda akan ditemani oleh pemandu profesional sebagai pemberi informasi tentang sejarah bangunan tua ini. Untuk berwisata di sana, Anda hanya perlu membayar Rp3.000 untuk setiap orang.

5. Masjid Raya Medan

Tempat wisata di Medan ke-5 yang hampir tak pernah sepi didatangi pengunjung adalah Masjid Raya Medan. Tak hanya sebagai tempat ibadah, Masjid Raya Medan juga menjadi objek wisata religi dan sejarah dengan bentuk bangunan unik yang jarang ditemukan di masjid-masjid lainnya.

Daya tarik paling menonjol di tempat ini adalah gaya arsitekturnya yang keren, yakni perpaduan konsep bangunan Maroko, Melayu, dan Spanyol.

Lokasi Masjid Raya Al-Mashun terletak di Jalan Sisingamangaraja No.61, Mesjid, Kecamatan Medan Kota.

Anda tidak perlu cemas terkait berapa harga tiket masuknya, karena setiap pengunjung boleh masuk ke masjid tersebut secara gratis.

6. Taman Labirin

Jika Anda suka dengan tantangan, maka lokasi wisata ini wajib masuk ke daftar rencana liburan ke Medan. Selain dapat bermain di labirin, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan super asri dan beragam cafe untuk menyantap sajian nikmat.

Di Taman Labirin, Anda akan menemukan banyak pilihan oleh-oleh nikmat khas Medan untuk keluarga di rumah. Biaya masuknya dibanderol dengan harga Rp50.000 per orang.

Selepas berwisata di Danau Toba, silakan mampir ke Taman Labirin yang terletak Jl. Raya Merak, Kodon-kodon, Merek, Kabupaten Karo untuk membeli oleh-oleh.

7. Funland Mikie Holiday

Siapa bilang di Medan tidak ada wisata berbasis wahana main, di Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Karo Anda akan menemukan tempat wisata di Medan menarik bernama Funland Mikie Holiday.

Waktu tempuhnya kurang lebih selama 2 – 3 jam saja, dimulai dari pusat wilayah Medan. Di sana, Anda akan menikmati 30 macam wahana permainan seperti rafting, outbound, shoot game dan lain sebagainya. Sediakan uang Rp5.000 per orang untuk membayar tiket masuknya, ya!

8. Gedung London Sumatera

Sebagai kota besar yang dipengaruhi oleh ragam budaya, Medan memang banyak menawarkan objek wisata unik dengan tampilan bangunan menarik.

Tak ketinggalan dengan wisata Gedung London Sumatera yang berlokasi di Jl. Jend. Ahmad Yani Nomor 2-Kesawan, Medan bagian Barat ini.

Jika mampir ke sini, Anda akan diajak mencicipi suasana suasana kota London di Medan, Sumatera Utara. Hal ini karena adanya bangunan tua dan besar peninggalan Belanda yang masih menyisakan gaya arsitektur Eropa yang khas dan kental.

Tanpa perlu membayar, Anda tetap diizinkan untuk mengabadikan banyak spot-spot menarik dalam foto diri ataupun koleksi foto kenampakan kota secara gratis.

9. Savana Afrika

Apakah Anda pernah memiliki impian untuk bertandang ke negeri Afrika demi melihat luasnya savana di sana? Kini, Anda bersama rombongan tak perlu liburan jauh-jauh menuju negeri orang jika di negeri sendiri saja ada.

Salah satu contohnya dapat Anda temukan di Tongging, Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Tempat wisata di Medan ini menawarkan keindahan pemandangan padang rumput hijau nan luas bak savana. Kenampakan ini dilengkapi dengan keindahan alam lain berupa gunung yang mengapit objek wisata ini.

Di sini, Anda dapat dengan tenang menikmati suasana alam yang masih asri dan jauh dari asap polusi tanpa harus keluar uang tiket untuk bisa memasukinya.

Dari sekian rekomendasi tempat wisata di Medan, lokasi mana yang paling ingin Anda kunjungi saat menjelang liburan nanti? Pastinya, Anda wajib berkunjung ke salah satu wisata di atas ketika bertandang ke Medan, ya!

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Bukittinggi yang Menarik
Berita berikutnya11 Makanan Khas Kudus yang Terkenal Enaknya