8 Tempat Wisata di Palangkaraya yang Eksositosis

Tempat Wisata di Palangkaraya
image by: backpackerjakarta.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Palangkaraya menawarkan berbagai pilihan mulai dari wisata alam, bahari, hingga budaya.

Setiap destinasi memiliki daya tarik tersendiri yang membuat pengalaman liburan Anda semakin berkesan. Tidak salah kalau ibukota Kalimantan Tengah ini sering dikunjungi wisatawan.

8 Destinasi Wisata Terbaik di Palangkaraya

Ada puluhan tempat wisata yang Palangkaraya suguhkan. Agar memudahkan Anda untuk memutuskan, berikut 8 rekomendasi destinasi terbaik di kota yang wilayahnya terluas kedua di Indonesia ini:

1. Nyaru Menteng, Penangkaran Orang Utan

Nyaru Menteng
image by: bataritours.com

Perjalanan sejauh kurang lebih 28 km dari pusat kota, sebanding dengan keindahan tempat wisata di Palangkaraya yang populer bernama Arboretum Nyaru Menteng. Lokasinya di Jl. Tjilik Riwut Km. 28 Tumbang Tahai, Bukit Batu.

Walaupun jauh dari pusat kota, akses menuju destinasi sangat mudah karena jalannya sudah diaspal.

Arboretum Nyaru Menteng merupakan tempat penangkaran orang utan yang kian hari terancam punah.

Selain beruntung bertemu primata tersebut, Anda juga bisa melihat jenis satwa lain seperti biawak, monyet dan burung beo. Belum lagi berbagai jenis tumbuhan yang jumlahnya sekitar 130-an lebih.

Setiap pengunjung diperbolehkan berfoto dengan orang utan atau satwa liar lain yang kebetulan mereka temui.

Tapi tidak boleh memberi makan dan melakukan interaksi secara langsung. Film dokumenter juga ditayangkan untuk memberikan edukasi tentang perawatan orang utan.

Arboretum Nyaru Menteng hanya dibuka untuk umum pada hari libur seperti akhir pekan dengan jumlah pengunjung yang dibatasi.

Alasannya agar para satwa liar tidak terusik dan keasrian alamnya pun lebih terjaga. Jam buka mulai dari 9 pagi hingga 5 sore.

2. Sungai Kahayan

Kalimantan Tengah punya sungai terpanjang bernama Kahayan yang sudah lama menjadi tempat wisata di Palangkaraya yang menawarkan aktivitas susur sungai. Bayangkan betapa asyiknya menjelajahi sungai megah ini menggunakan kapal.

Selama perjalanan, tersaji pemandangan hutan Kalimantan di kanan kiri yang masih asri. Fauna khas Borneo bisa Anda lihat seperti bekantan, monyet abu-abu berekor panjang, lutung, dan orang utan.

Kekayaan tumbuhan khas Kalimantan juga dapat dengan mudah disaksikan selama susur sungai Kahayan.

Menariknya lagi, wisatawan akan diajak berhenti untuk mengunjungi Pulau Kaja dan Makam Keramat milik Suku Dayak.

Berapa biayanya? Kalau ingin berhemat, tersedia pilihan perahu kayu kecil yang muat 20 orang dengan tarif Rp75.000 per orang untuk menyusuri sungai selama 3 – 4 jam.

Pilihan lain yakni menyewa kapal privat yang ukurannya lebih besar dengan kapasitas 8 – 9 orang. Tarif per jamnya sekitar Rp250.000.

Bagi yang mau paket pelesir mewah, maka bisa menyewa kapal bertarif 10 – 15 juta rupiah.

Fasilitasnya sangat lengkap seperti kamar tidur, toilet, ruang karaoke, restoran, snack bar hingga fasilitas opsional yang dipilih sesuai keinginan.

3. Danau Tahai

Pilihan wisata murah namun indah ditawarkan oleh Danau Tahai yang waktu tempuhnya sekitar 30 menit dari pusat kota. Danau Tahai dibuka setiap hari mulai dari jam 6 pagi hingga 4 sore dengan tarif Rp5.000 per orang.

Daya tarik utama dari danau ini adalah airnya yang berwarna merah. Bukan hal mistis yang menjadi penyebab tetapi fakta bahwa adanya campuran mineral di dasar danau dan getah yang dikeluarkan oleh jenis tumbuhan tertentu.

Pihak pengelola menyediakan jembatan kayu panjang dengan pagar untuk memudahkan pengunjung menyusuri danau.

Lelah berkeliling, Anda bisa beristirahat sejenak di gazebo maupun rumah apung lanting yang merupakan rumah adat Banjar.

Alternatif lain untuk menyusuri danau yaitu dengan menaiki perahu. Cukup duduk manis, nantinya Anda akan dibawa berkeliling, melihat hijaunya hutan dan beberapa satwa yang terkadang menampakan diri.

4. Taman Nasional Tanjung Puting

Bagi yang suka berpetualang hingga bermalam di tengah hutan, maka Taman Nasional Tanjung Puting adalah pilihan terbaik.

Taman Nasional yang dibangun sejak zaman kolonial ini merupakan tempat wisata di Palangkaraya yang mengajak Anda bertemu langsung dengan orang utan.

Rute penjelajahannya sangat seru dengan transportasi berupa perahu klotok dari kayu ulin khas Kalimantan. Setiap perahu memiliki fasilitas kursi santai, kasur, kamar mandi dan tempat makan.

Pertama, Anda akan menyusuri Sungai Sekonyer alias The Black River. Disebut begitu karena air sungai ini berwarna hitam dari zat tanin yang diproduksi oleh tumbuhan hutan.

Katanya ada buaya yang mendiami sungai ini. Tapi, Anda tidak perlu takut karena perjalanan didampingi oleh guide berpengalaman.

Selanjutnya, Anda akan dibawa ke Tanjung Harapan untuk melihat orang utan yang di feeding area. Pengunjung hanya boleh melihat dan memotret dari jauh dan dilarang memberi makan.

Aktivitas malam berupa trekking untuk menuju Pondok Tanggui sangat menantang. Anda harus siap fisik dan mental karena kondisi hutan yang gelap dan peluang bertemu satwa liar. Titik terakhir adalah Camp Leakey yang menyuguhkan informasi lengkap tentang orang utan.

5. Pantai Kubu

Apakah Anda pencinta wisata bahari? Kalau begitu, tempat wisata di Palangkaraya bernama Pantai Kubu wajib dikunjungi.

Alamatnya ada di Kecamatan Kubu, Kabupaten Kotawaringin Barat yang memakan waktu sekitar 30 menit dari Pangkalan Bun.

Pantai ini sangat ideal untuk menyendiri dari hiruk pikuk suasana kota. Anda akan dimanjakan oleh panorama yang eksotis, hamparan pasir pantai berwarna putih kecoklatan dan air laut yang juga kecoklatan.

Alasan keunikan tersebut yaitu adanya lahan gambut yang letaknya tidak jauh dari Pantai Kubu. Hal menarik lain adalah aktivitas wisata yang sangat seru untuk dicoba.

Bagi yang ingin menaiki banana boat dan perahu untuk berkeliling pantai, maka gunakan pintu masuk yang berbentuk patung buaya.

Sedangkan bagi yang lebih suka hunting foto, sebaiknya gunakan pintu masuk berbentuk kepiting. Nantinya, Anda akan langsung bertemu dengan dermaga kayu sepanjang 300 meter yang mengarah ke laut.

6. Pantai Teluk Bogam

Kotawaringin Barat punya wisata bahari andalan lain yakni Pantai Teluk Bogam. Lokasi persisnya ada di Teluk Bogam, Kecamatan Kumai yang membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dari Pangkalan Bun.

Apa yang menarik di pantai ini? Bagi yang ingin bersantai, bisa memilih untuk duduk di gubuk, tiduran di hammock atau lesehan di atas pasir putih yang lembut. Semilir angin pantai dan deburan ombak memberikan efek relaksasi yang tidak didapat dari tempat lain.

Jika ingin menyusuri laut, maka tersedia penyewaan perahu klotok khas Borneo. Nantinya, Anda akan dibawa ke Gosong Baras Basah sepanjang 3 km yang berada di tengah Pantai Teluk Bogam.

Gosong pasir tersebut merupakan tempat yang ideal untuk menikmati pantai dari sisi lain. Anda bisa dengan bebas berfoto, duduk-duduk santai atau bermain air. Menikmati keindahan sunset di Pantai Teluk Bogam juga aktivitas wajib saat berkunjung ke sana.

7. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang

Jika ke Kalimantan Tengah, jangan lupa sambangi tempat wisata di Palangkaraya yang mengenalkan kekayaan budaya Dayak yaitu Desa Adat Pasir Panjang. Letaknya sangat dekat dari Pangkalan Bun yakni sekitar 20 menit berkendara.

Ada 4 titik menarik yang disuguhkan agar Anda lebih mengenal tentang Suku Dayak Pasir Panjang antara lain:

a. Rumah Betang yakni rumah panggung yang bentuknya memanjang dengan tangga bagian depan yang cukup tinggi. Terdapat pendopo berukuran luas di samping rumah adat ini;

b. Makam Adat Dayak Kaharingan. Jika datang di waktu yang pas, Anda dapat menyaksikan upacara Tiwah untuk mengantarkan roh;

c. Sungai Pasir Panjang yang airnya berwarna merah kecoklatan;

d. Pusat Perawatan Orang Utan.

8. Jurung Tiga Nature Park

Rekomendasi selanjutnya adalah Jurung Tiga Nature Park yang ada di Batu Belaman, Kumai, Kotawaringin Barat.

Jaraknya kurang lebih 5 km dari pusat Pangkalan Bun dan dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan apapun.

Jurung Tiga Nature Park merupakan destinasi yang cocok untuk bersantai sambil menikmati pesona alam terbuka. Ada banyak spot foto cantik seperti rumah pohon, jembatan gantung, dan panggung jerami.

Camping area juga disediakan dengan luas yang bisa menampung banyak tenda. Bagi yang ingin menjelajah Jurung Tiga Nature Park seluas 44 hektar ini, maka bisa menyewa ATV agar lebih seru dan tentunya tidak lelah.

Terbukti bahwa tempat wisata di Palangkaraya Kalimantan Tengah menawarkan pilihan yang lengkap.

Area hutannya bisa Anda jelajahi menggunakan perahu maupun dengan jalan kaki. Pesona pantainya pun tidak kalah indah dan desa adatnya menyimpan kekayaan budaya.

Berita sebelumya10 Makanan Khas Papua yang Menggugah Selera
Berita berikutnya10 Makanan Khas Aceh Terkenal Menggugah Selera