8 Tempat Wisata di Palembang Terbaru dan Terpopuler

Tempat wisata di palembang
Images by: Traveloka.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Palembang ternyata sangat beragam dan memiliki keunikan dan daya tarik yang tak boleh Anda ragukan. Bukan hanya kaya akan jenis kuliner yang memanjakan lidah, Palembang juga kaya akan tempat wisata yang akan membuat Anda rindu untuk kembali.

Mau tahu lebih jauh? Simak ulasan tempat wisata terbaik dan terpopuler di Palembang yang khusus kami siapkan untuk Anda!

8 Daftar Tempat Wisata di Palembang

1. Jembatan Ampera

Lokasi : Jl. Lintas Sumatra, Kel.9/10 Ulu, Kec. Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumsel
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Belum ke Palembang namanya jika belum ke Jembatan Ampera! Ya, jembatan dengan warna merah yang khas ini memang simbol kebanggaan dari Kota Palembang. Jembatan yang berdiri di atas Sungai Musi ini sangat indah apalagi jika Anda kunjungi pada malam hari.

Ditambah lagi dengan jejeran wisata kuliner yang lezat yang bisa Anda coba akan menambah seru wisata malam Anda. Makan malam sambil memandang ke arah Jembatan Ampera nan indah. Hmm pengalaman yang tak terlupakan, bukan?

2. Masjid Cheng Ho

Lokasi : Desa 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I (Seberang Ps. Jakabaring) Kota Palembang, Sumsel
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Salah satu tempat ibadah yang memiliki arsitektur unik dan sejarah yang mendalam adalah Masjid Cheng Ho. Masjid dengan perpaduan arsitektur khas Tionghoa, Arab, dan Palembang ini memang menjadi salah satu ikon dari Kota Palembang.

Nama masjid yang memiliki dominasi warna pink, merah, dan hijau ini diambil dari nama seorang panglima asal Tiongkok yang berjasa bagi Palembang dan diduga kuat beragama muslim.

Masjid yang dibangun oleh persatuan muslim Tionghoa asal Palembang ini sangat cocok Anda kunjungi, khususnya bagi Anda yang beragama Islam untuk beribadah sekaligus berwisata religi.

3. Pulau Kemaro

Lokasi : Pulau Kemaro, Kec. Ilir Timur II, Kota Palembang, Sumsel
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Salah satu pulau unik yang dimiliki oleh Palembang adalah Pulau Kemaro. Pulau ini adalah sebuah delta yang berada di tengah-tengah Sungai Musi yang juga menjadi daya tarik dan keunikan bagi wisatawan.

Pulau ini memiliki corak dan nuansa khas Tiongkok yang kental dan juga memiliki sebuah wihara kuno di tengah pulau. Oleh karena itu, pulau ini juga banyak dikunjungi oleh penganut agama Budha.

Namun di luar daripada itu, banyak juga masyarakat umum yang berwisata ke pulau ini karena keindahan alam dan keunikan yang dimilikinya. Salah satu tempat wisata di Palembang yang recommended untuk Anda!

4. Palembang Bird Park

Lokasi : Jl. Gubernur H.A. Bastari, Kel. Jakabaring, (Kawasan Opi Mall, samping Waterfun, Sungai Kedukan) Kec. Rambutan, Kota Palembang, Sumsel
Jam Operasional : 08.00-18.00
Harga Tiket Masuk : Rp 50.000/Orang

Ini dia salah satu tempat wisata di Palembang yang sedang hits-hitsnya, Palembang Bird Park. Apalagi bagi Anda pencinta burung, tak boleh ketinggalan pastinya!

Berbagai jenis burung yang bisa Anda lihat sekaligus berinteraksi dengan mereka antara lain burung jalak, parkit, kakaktua, kenari, dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu saja, hewan lainnya juga tersedia seperti berbagai jenis ayam, kera, sampai iguana.

Tentunya tempat ini bukan hanya cocok sebagai tempat rekreasi bagi keluarga saja, namun dapat menjadi sarana edukasi bagi putra-putri Anda.

5. Bayt Al-Qur’an Raksasa

Lokasi : Jl. Moh. Amin, Kel.Gandus, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumsel
Jam Operasional : 09.00-17.00
Harga Tiket Masuk : Gratis

Palembang memang dikenal sebagai provinsi dengan mayoritas muslim yang kuat dan kental. Hal ini dibuktikan dengan berbagai tempat wisata religi yang menjadi keunggulan dari Kota Palembang salah satunya adalah Bayt Al-Qur’an Raksasa.

Bayt Al-Qur’an Raksasa ini berada di dalam kawasan Pondok Pesantren Al Ihsaniyah di daerah Gandus, Kota Palembang.

Anda dapat melihat Al-Qur’an Raksasa yang terbuat dari lembaran kayu jenis trembesi dengan ayat Al-Qur’an yang dipahat dengan indah di atasnya. Salah satu wisata religi yang tak boleh dilewatkan, ya?

6. Benteng Kuto Besak

Lokasi : Jl. Sultan Mahmud Badarudin, Kel. 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumsel
Jam Operasional : 08.00-21.00
Harga Tiket Masuk : Rp 5.000/Orang

Setelah menyejukkan hati dengan wisata religi mari kita beranjak ke tempat wisata di Palembang lainnya yang tak kalah hits, sekarang saatnya wisata sejarah. Bagi Anda yang belum tahu, Kota Palembang juga memiliki bangunan keraton dan usianya lebih dari 200 tahun.

Ya, bangunan bersejarah ini bernama Benteng Kuto Besak yang menjadi salah satu tempat wisata di Palembang, yang selalu dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat sejarah Palembang.

Keunikan dari bangunan bersejarah ini adalah dari bahan baku bangunan yang digunakan sebagai perekatnya Ialah putih telur yang digunakan sebagai perekat semua bagian dari bangunan ini. Unik dan tak terbayangkan, ya?

7. Fantasy Island Palembang

Lokasi : Jl. Prameswara, Kel. Karya Jaya, Kec. Kertapati, Kota Palembang, Sumsel
Jam Operasional : 09.00-17.00
Harga Tiket Masuk : Weekdays Rp 35.000/Orang – Weekend Rp 50.000/Orang

Sekarang kita main air, yuk! Ya, di Palembang juga terdapat arena wisata air megah yang menjadi salah satu tempat wisata di Palembang terbaru, namun ramai dikunjungi karena fasilitas yang dimiliki.

Tempat wisata air ini memiliki berbagai wahana air yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari usia balita sampai dewasa! Sangat mengasyikkan, bukan?

Bukan hanya itu terdapat juga wahana lainnya selain wahana air seperti kereta gantung dan Go-kart. Jangan khawatir harus membayar mahal untuk semua wahana bermain yang menyenangkan ini, karena harganya relatif terjangkau. Jadi, hati senang dan kantong pun dijamin aman.

8. Amanzi Waterpark Palembang

Lokasi : Komplek CitraGrand City Copacabana Lifestyle Center Blok D No.38, Jl. Bypass Alang-Alang Lebar No.KM12, Kel. Talang Kelapa Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumsel
Jam Operasional : 10.00-17.00
Harga Tiket Masuk : Weekdays Rp 60.000 – Weekend Rp 80.000-Rp 120.000

Tempat wisata di Palembang yang ada di daftar terakhir dari list kita kali ini di tempat oleh taman rekreasi air terbesar yang ada di Palembang, yaitu Amanzi Waterpark Palembang.

Ya, jika Anda sedang berlibur atau berkunjung ke Palembang kurang lengkap rasanya jika tidak menjajal berbagai wahana menyenangkan yang ada di tempat rekreasi ini.

Apalagi jika Anda mengajak keluarga dan anak-anak Anda, tempat ini menjadi tempat wisata di Palembang yang wajib Anda kunjungi. Berbagai wahana seru seperti kolam arus river nile, wahana seluncuran the raft, the cyclone, the falls dan wahana menarik lainnya.

Bukan hanya berlibur, bagi Anda yang ingin mengadakan event di tempat ini seperti acara ulang tahun juga bisa! Ada program splash party yang pastinya sangat seru!

Tidak salah kan, jika Palembang menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara setelah menyimak berbagai destinasi seru yang ada di kota ini.

Ternyata bukan hanya kaya akan wisata kuliner saja ya, namun juga ragam tempat wisata di Palembang yang patut dicoba. Jadi, bagi Anda yang masih ragu mau liburan ke mana? Yuk, ke Palembang saja!

Berita sebelumya12 Makanan Khas Cirebon Incaran Para Wisatawan
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Sukabumi Terpopuler Saat Ini!