Simak 8 Tempat Wisata di Pekanbaru Paling Hits

Tempat Wisata di pekanbaru
image by: phinemo.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Pekanbaru kini mulai diminati oleh para wisatawan dari dalam negeri maupun wisatawan asing.

Ibukota dari Provinsi Riau ini sepertinya memang tengah menggalakkan program wisata dengan kehadiran sederet tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri.

8 Tempat Wisata di Pekanbaru Paling Hits

Pasti Anda juga penasaran, kan, apa saja destinasi wisata ter-hits yang ada di kota terbesar di Riau ini?

Tak perlu menunggu lama lagi, berikut akan kami hadirkan ulasan tempat wisata di Pekanbaru yang paling hits hanya untuk Anda:

1. Rainbow Hills Rumbai

Lokasi : Danau Khayangan, Rumbai, Pekanbaru
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Ini dia, tempat wisata di Pekanbaru yang sedang ramai dibahas oleh banyak orang di media sosial. Pantas saja, salah satu tempat wisata terbaru di Pekanbaru ini rupanya memang memiliki sejuta daya tarik dan sangat Instagramable.

Adalah Marischka Prudence, seorang travel blogger yang berhasil mempopulerkan dan memperkenalkan bukit pelangi ini. Siapa pun yang melihatnya Pasti akan mengira bahwa ini adalah tempat wisata mancanegara yaitu Rainbow Mountain atau Rainbow Hills yang ada di Peru. Padahal, ini ada di Pekanbaru!

Saat ini telah banyak wisatawan yang ingin melihat langsung bagaimana eksotisme dan keindahan perbukitan warna-warni yang terbentuk secara alami ini.

Meski belum resmi dijadikan tempat wisata, namun nyatanya Rainbow Hills ini telah sangat memikat para wisatawan untuk menghabiskan waktu sekaligus berfoto di tempat yang memang sangat aesthetic ini.

Jadi, jika Anda memiliki rencana liburan ke Pekanbaru, jangan sampai melewatkan destinasi yang satu ini ya, travelers!

2. Kawah Biru

Lokasi : Dekat Hotel Labersa, Desa Tanah Merah, Kabupaten Kampar, Pekanbaru
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Free/ Gratis

Masih mengulas tempat wisata di Pekanbaru yang ditemukan atau terbentuk secara tidak sengaja, kali ini kita akan menuju ke Kawah Biru. Kawah yang sangat indah ini ternyata memiliki sejarah yang sangat unik.

Kawah ini terbentuk karena proyek penggalian yang dilakukan oleh PT. PLN. Area bekas penggalian yang berpasir putih, pun secara alami terisi oleh air hujan hingga membentuk Kawah Biru akibat pantulan langit pada air yang jernih dengan pasir putih di dalamnya.

Sontak saja, tempat ini pun ramai dikunjungi oleh wisatawan hingga kini. Wah, jika sudah seperti ini, bukan tidak mungkin ya, tempat ini nantinya akan diresmikan sebagai tempat wisata di Pekanbaru. Semoga!

3. Bukit Kapur Air Hitam

Lokasi : Desa / Kelurahan Air Hitam, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Free/ Gratis

Masih membahas tempat wisata di Pekanbaru yang memiliki nilai aesthetik tinggi, lagi-lagi Anda akan dibuat terpukau oleh destinasi wisata dari daerah penghasil kelapa sawit ini.

Ya, destinasi wisata di Pekanbaru seolah tiada habis-habisnya. Kali ini giliran Bukit kapur Air Hitam yang akan kami bahas. Bukit kapur yang terbentuk karena kegiatan pertambangan ini ternyata menghasilkan destinasi wisata yang super unik layaknya di mancanegara.

Berlokasi dekat dari pusat kota Pekanbaru, Anda hanya memerlukan sekitar 20 menit perjalanan untuk menuju ke tempat ini.

Karena bentuk bukit kapur yang sangat aesthetic, destinasi wisata ini sangat cocok sebagai latar untuk berfoto seperti pre wedding dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang sedang melakukan trip ke Pekanbaru, jangan lupa mampir!

4. Taman Wisata Alam Mayang

Lokasi : Jl. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Desa Tengkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Pekanbaru
Jam Operasional : 07.00-18.00
Harga Tiket Masuk : Rp. 20.000/Orang

Setelah puas bermain dan berfoto di bukit, bagaimana kalau kita mengeksplorasi salah satu taman wisata yang terkenal di Pekanbaru?

Ya, Taman Wisata Alam Mayang ini merupakan salah satu destinasi wisata di Pekanbaru yang tak boleh untuk Anda lewatkan. Tempat wisata ini cocok sekali untuk Anda yang berlibur bersama pasangan ataupun keluarga.

Berbagai kegiatan seru dapat Anda jajal di sini seperti kegiatan outbound dan memancing. kegiatan anak juga tersedia di sini seperti mandi bola dan masih banyak lagi.

5. Masjid Agung An-Nur

Lokasi : Jl. Hangtuah Ujung, Kecamatan Sumahilang, Kota Pekanbaru
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Free / Gratis

Berwisata bukan hanya untuk memberikan kesenangan, Anda juga bisa berwisata sekaligus menenangkan pikiran dan memberi asupan spiritual dengan melakukan wisata religi. Salah satu tempat wisata religi di Pekanbaru yang patut Anda kunjungi adalah Masjid Agung An-Nur.

Disebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru, masjid ini memang memiliki arsitektur yang indah dengan perpaduan arsitektur khas Melayu, Arab, Turki, dan India. Dengan keindahan yang dimiliki, tidak salah jika tempat wisata di Pekanbaru menjadi tujuan para wisatawan khususnya muslim travelers.

Jika Anda sedang ke Pekanbaru, jangan lupa untuk berkunjung ke masjid ini ya, travelers! Beribadah sekaligus berwisata, dijamin hati langsung adem.

6. Desa Wisata Dakwah Okura

Lokasi : Jl. Raja Panjang Okura, Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir, Pekanbaru
Jam Operasional : 08.00-17.30
Harga Tiket Masuk : Gratis

Desa Okura memang telah diresmikan sebagai tempat wisata sejak tahun 2010. Hal inilah yang membuat desa yang masih asri ini dipercantik dan memiliki banyak aktivitas ataupun kegiatan yang bisa Anda coba.

Desa Okura pun kini telah menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru baru yang populer pilihan para wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan
Mengusung tema Islami, Anda dapat mencoba berbagai olahraga khas islami yaitu berkuda dan latihan memanah. Kegiatan lainnya yang dapat Anda lakukan di sini adalah menyusuri jalanan pedesaan yang sejuk dan asri dengan berjalan kaki atau bersepeda.

7. Air Terjun Aek Martua

Lokasi : Desa Bangun Purba Timur Jaya, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : – Rp. 5.000/Orang – Rp. 20.000/Motor

Pekanbaru ternyata juga memiliki wisata air terjun yang hits dan wajib Anda kunjungi, travelers! Salah satunya adalah Air Terjun Aek Martua. Salah satu tempat wisata unggulan di daerah Rokan Hulu, Riau ini memang memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri.

Keunikan yang dimiliki adalah dari 3 tingkatan air terjun dengan ketinggian yang berbeda antara 15 sampai 40 meter. Dengan hal ini, banyak pengunjung yang memberi sebutan unik yaitu Air Terjun Tangga Seribu.

Ada sedikit saran untuk Anda yang ingin berlibur ke tempat ini. Akses menuju lokasi air terjun merupakan jalan yang kecil sehingga hanya bisa dilalui dengan motor. Untuk motornya pun tidak bisa menggunakan motor gede, karena tidak akan kuat dan akan mempersulit perjalanan Anda ke air terjun nan indah ini.

8. Riau Fantasi

Lokasi : Jl. Labersa, Desa Simpang Tiga, Kecamatan Siak Hulu, Kab.Kampar, Riau
Jam Operasional : 10.00-18.00
Harga Tiket Masuk Rp.60.000 (Weekdays) – Rp.70.000 (Weekend)

Di penghujung list tempat wisata di Pekanbaru ter-hits ada Riau Fantasi. Salah satu tempat wisata yang sangat populer bahkan bukan hanya di Pekanbaru namun hingga seantero negeri!

Ya, salah satu taman rekreasi air terbesar di Sumatera ini akan membuat liburan Anda dan keluarga di Pekanbaru semakin menyenangkan. Ada banyak wahana yang dapat dicoba di taman rekreasi air seluas 6,5 Hektar ini seperti seluncur, kolam sungai, kolam ombak, dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Ternyata, Pekanbaru memiliki berbagai destinasi wisata menarik bukan? Mulai dari wisata air, bukit, taman, hingga wisata religi semua tersedia dengan cantik di sini.

Jadi, yuk, segera buat planning liburan Anda untuk melepaskan semua kepenatan rutinitas dengan menjajal semua tempat wisata di Pekanbaru ter-hits yang telah kami hadirkan untuk Anda. Selamat berlibur bersama keluarga, travelers!

Berita sebelumya10 Makanan Khas Betawi paling Legendaris – TrawlBens
Berita berikutnya8 Tempat Wisata di Padang yang Bikin Jatuh Hati!