8 Tempat Wisata di Pontianak yang Hits & Populer

Tempat Wisata di Pontianak
image by: picture.triptrus.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Pontianak Kalimantan Barat merupakan magnet yang mampu menarik banyak wisatawan.

Kota yang terkenal dengan Sungai Kapuasnya ini menawarkan destinasi berbau religi, sejarah, maupun budaya yang harus Anda kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

Apa Saja Tempat Wisata Populer di Pontianak?

Sebagai ibukota Kalimantan Barat, Pontianak tentu tergolong ramai karena dikunjungi banyak orang dengan berbagai keperluan, termasuk liburan.

Kalau Anda termasuk yang akan berlibur, maka perlu mendaftar destinasi mana saja yang akan dikunjungi. Berikut 8 tempat wisata yang ikonik di Pontianak:

1. Masjid Jami Pontianak

Masjid Jami Pontianak
image by: simas.kemenag.go.id

Salah satu tempat wisata di Pontianak yang tertua sekaligus terpopuler adalah Masjid Jami Pontianak.

Tahun berdirinya sekitar 1778 sebagai penanda momen pengukuhan pusat pemerintahan yang dipimpin oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie.

Masjid bersejarah ini dibangun dengan desain yang unik. Ada 6 tiang berukuran besar yang dibuat dari kayu belian sebagai penyangga masjid. Keunikan lain terlihat pada bagian mimbar yang bentuknya mirip geladak kapal.

Atap masjid terdiri dari 4 tingkat dan bagian paling atas berbentuk seperti stupa. Kapasitas ruangannya mampu menampung kurang lebih 1.500 jamaah.

Hal menarik lain dari Masjid Jami Pontianak yaitu terdapat pasar ikan di samping kiri masjid.

Sedangkan pada bagian depan, tersaji pemandangan Sungai Kapuas yang terkenal sebagai sungai terpanjang di Nusantara.

Ada 2 pilihan akses untuk menuju masjid. Pertama, melalui jalur air dengan menaiki speed boat atau perahu kayu. Pilihan kedua yakni jalur darat yang melewati jembatan Sungai Kapuas.

2. Keraton Kadriah

Keraton Kadriah
image by: upload.wikimedia.org

Ada satu bangunan lagi yang menjadi saksi berdirinya Pontianak yaitu Keraton Kadriah. Tempat wisata di Pontianak yang bersejarah ini sudah berusia lebih dari 300 tahun.

Letaknya berada di tepi sungai tepatnya persimpangan Sungai Kapuas Kecil, Kapuas Besar, dan Sungai Landak.

Dari kejauhan, tempat tinggal Sultan Pontianak kala itu sudah mencolok karena didominasi oleh warna kuning.

Saat menginjakkan kaki di sana, Anda akan melihat bangunan megah 3 tingkat seluas 30 x 50 meter. Maka, wajar saja kalau Kadriah menyandang status keraton terbesar yang pernah ada di Kalimantan Barat.

Masuk ke bagian dalam, Anda akan menemukan banyak benda peninggalan keraton. Beberapa di antaranya adalah tempayan, kursi singgasana, baju kesultanan, pedang, keris pusaka, tombak penobatan, cermin seribu dan Al Quran yang ditulis tangan oleh Sultan Abdurrahman.

3. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa
image by: cdn.idntimes.com

Liburan Anda belum paripurna kalau melewatkan Tugu Khatulistiwa. Tempat wisata di Pontianak yang populer di dalam dan luar negeri ini menawarkan daya tarik sebagai penanda bahwa garis imajiner khatulistiwa melewati daerah tersebut.

Landmark kota Pontianak ini hampir selalu ramai oleh pengunjung. Bentuk tugu khatulistiwa sangat khas yakni dua buah tonggak yang berbeda tingginya. Bagian depan setinggi 15,25 meter sedangkan bagian belakang setinggi 22 meter.

Bentuk lingkaran dan anak panah yang ada di ujung tonggak paling tinggi menjadi hal yang paling menonjol dari tugu ini.

Anda boleh mengunjungi Tugu Khatulistiwa kapanpun. Tetapi, waktu yang paling disarankan yakni antara tanggal 21 sampai 23 di bulan Maret atau September, karena ada fenomena kulminasi matahari.

Saat kulminasi matahari terjadi dan Anda berada dekat dengan Tugu Khatulistiwa, maka bayangan tugu, benda-benda di sekitar dan bayangan Anda sendiri akan menghilang. Maka dari itu, disebut juga dengan Peringatan Hari Tanpa Bayangan. Menarik, bukan?

4. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang
image by: celebes.co

Tidak hanya sungai, Pontianak juga menawarkan pantai yang disebut Pasir Panjang. Diberi nama demikian karena destinasi bahari tersebut memiliki garis pantai sepanjang 3 km. Letaknya ada di Kecamatan Tujuh Belas, Singkawang Selatan.

Pantai Pasir Panjang menyuguhkan panorama yang memukau berupa kombinasi hamparan laut berwarna biru, bentangan pasir putih dan 3 pulau yang terlihat indah dari kejauhan. Perbukitan hijau yang landai juga memagari sebagian sisi pantai.

Cara menikmati pantai ini cukup beragam. Anda bisa bersantai di pondok-pondok, menggelar tikar di atas pasir atau menyantap kuliner di warung sekitar pantai. Penyewaan sepeda air dan perahu motor juga tersedia kalau Anda ingin menyusuri pantai.

Tarif masuk per orang antara Rp20.000 hingga Rp25.000. Pantai Pasir Panjang tidak membatasi jam operasional.

Jadi, Anda bisa datang kapanpun selama 24 jam sehingga lebih mudah kalau ingin menikmati panorama sunset atau sunrise yang terkenal menawan.

5. Museum Kalimantan Barat

Rekomendasi selanjutnya adalah Museum Kalimantan Barat yang merupakan tempat wisata di Pontianak kaya akan benda peninggalan sejarah. Letaknya berada di Jl. Jenderal Ahmad Yani, Parit Tokaya, Pontianak Selatan.

Museum ini hanya boleh dikunjungi hari Selasa – Minggu mulai jam 8 pagi hingga 2 sore. Khusus hari Jumat, buka jam 8 pagi hingga 11 siang saja. Sedangkan hari Senin dan hari libur nasional, Museum Kalimantan Barat ditutup.

Terdapat 3 bagian dalam museum ini yakni Bagian Barang Koleksi Museum, Peninggalan Islam dan Peninggalan Hindu-Budha. Berikut rinciannya:

a. Koleksi Museum

Ruang pertama menyimpan koleksi berupa benda arkeologika, biologika, geologika, historika dan heraldika. Selanjutnya, ruang kedua berisi benda-benda kebudayaan asli Kalimantan Barat.

Sedangkan ruang ketiga menyimpan koleksi benda-benda keramik yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia.

b. Peninggalan Islam

Benda paling menonjol di bagian ini adalah miniatur Lancang Kuning yang merupakan transportasi milik Sultan Istana Kadriah pada zaman dulu.

Karena miniatur, Anda hanya akan melihat bentuk bidarnya yakni perahu dengan ukuran kecil. Modelnya sangat menarik dengan warna kekuningan yang tampak megah.

c. Peninggalan Hindu-Budha

Pada bagian ini, terdapat benda seperti replika patung Buddha, replika patung Prajnaparamita, replika Batu Bertulis dari Kampung Pahit dan replika patung Dewa Siwa.

6. Sinka Island Park

Berlibur bersama keluarga di Pontianak berarti wajib mengajak mereka ke Sinka Island Park.

Destinasi wisata ini begitu lengkap karena menyuguhkan 3 pilihan sekaligus yakni kebun binatang, pantai dan kolam renang.

Lokasinya berada di Jl. Malindo Teluk Karang, Sedau, Singkawang Selatan, Kalimantan Barat yang berjarak sekitar 8 km dari pusat kota.

Akses menuju destinasi sangat mudah karena jalan sudah beraspal dan bisa dilalui oleh berbagai kendaraan.

Apa saja yang ditawarkan Sinka Island Park?

– Pantai Bajau yang memiliki keunikan berupa batu-batu yang berukuran kecil, sedang hingga besar. Anda bisa menyewa kuda dan andong untuk menyusuri area pantai, menaiki wahana banana boat maupun sekadar duduk santai di gazebo;

– Area kolam renang yang menyambung dengan taman bunga. Terdapat patung 12 shio di pintu gerbang dan hamparan bunga-bunga cantik. Tidak kalah unik, patung naga dibuat melingkari tepian kolam renang;

– Sinka Zoo yang memadukan kebun binatang dengan alam terbuka sehingga suasananya sangat alami. Koleksi satwanya antara lain gajah, buaya, harimau, ular sanca, ular kobra, iguana dan tegu;

– Pulau terkecil di dunia bernama Pulau Simping yang memiliki bangunan kelenteng di atasnya.

7. Replika Rumah Radakng

Tempat wisata di Pontianak yang wajib Anda kunjungi adalah Replika Rumah Radakng. Bangunan ini menyandang status sebagai landmark Pontianak setelah Tugu Khatulistiwa.

Rumah radakng merupakan rumah khas suku Dayak di Kalimantan Barat. Tingginya sekitar 7 meter dengan panjang sekitar 138 meter sehingga sangat menarik perhatian sekalipun dilihat dari jauh.

Ruang utama yang dimiliki rumah radakng mampu menampung sekitar 600 orang. Anda bisa berkeliling melihat rumah yang begitu megah dan gagah tersebut. Pelataran di sekitarnya dibuat luas karena sering dipakai untuk acara kebudayaan.

8. Taman Alun-Alun Kapuas

Salah satu cara terbaik untuk menikmati keindahan malam di Pontianak adalah dengan mengunjungi Taman Alun-Alun Kapuas. Lokasinya tepat berada di depan Kantor Walikota sehingga mudah sekali ditemukan.

Daya tarik taman ini adalah air mancur yang berwarna-warni, replika mini Tugu Khatulistiwa dan berbagai pilihan kuliner malam yang menggiurkan. Sembari duduk dan menikmati pemandangan, Anda sekaligus dapat menyantap makanan yang dijamin lezat.

Mengunjungi tempat wisata di Pontianak Kalbar memang tidak akan membuat Anda bosan. Tidak hanya melepas penat, sekaligus Anda juga bisa mendapatkan pengetahuan baru tentang kebudayaan yang ada di Kalimantan Barat.

Berita sebelumya10 Makanan Khas Aceh Terkenal Menggugah Selera
Berita berikutnya13 Makanan Khas Lampung Terkenal Favorit Wisatawan