11 Tempat Wisata di Purwakarta Paling Bagus!

Tempat Wisata di Purwakarta
Images by: Pegipegi.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Purwakarta sudah cukup banyak tersedia, sehingga Anda yang tinggal di sekitar wilayah ini tak perlu bingung lagi jika ingin berlibur.

Pastikan 11 daftar berikut masuk dalam daftar tunggu liburan Anda bersama keluarga maupun sahabat setelah masa PPKM selesai.

Tempat Wisata di Purwakarta Paling Hits

Jika Anda sedang merasa bingung ingin menghabiskan akhir pekan dimana, maka pergi ke Kota Purwakarta bisa menjadi pilihan Anda. Pasalnya, kota ini punya banyak lokasi wisata, dijamin menarik saat dikunjungi pada akhir pekan atau libur nasional. Berikut di antaranya:

1. Bukit Katumbiri

Bukit Katumbiri
Images by: Datawisata.com

Salah satu tempat wisata di Purwakarta yang tidak boleh disepelekan adalah Bukit Katumbiri. Wilayah Purwakarta yang kebanyakan berupa bukit dan gunung membuat bukit ini pun menjadi tempat wisata yang cukup populer saat ini.

Tempat wisata ini juga memiliki pemandangan yang cantik dengan area perbukitan hijau serta lahan terasering akan menyegarkan Anda selama berkunjung ke sini.

Katumbiri sendiri berarti pelangi dalam bahasa Sunda, jadi tak heran bukit ini juga dikenal sebagai bukit pelangi.

Banyaknya spot instagramable seperti rumah pohon, jembatan dan gardu pandang membuat Anda wajib mengambil banyak foto saat berada di sini, untuk stok foto feed Instagram Anda.

2. Cikao Park

Cikao Park
Images by: wisataoke.com

Lokasi wisata hits dan populer lainnya di Kota Purwakarta yakni Cikao Park yang terletak di Desa Cisalada, Jatiluhur.

Tak hanya memiliki pemandangan alam yang begitu asri dan indah, Cikao Park juga memiliki beragam wahana yang siap untuk Anda coba saat berkunjung ke sini.

Mulai dari waterpark dengan pemandangan alam yang indah, kebun binatang mini (mini zoo), taman burung (bird park) dan taman satwa dengan aneka koleksi yang langka.

Wisata ini juga memiliki area bermain dan taman lampion yang bisa menjadi spot foto yang indah.

3. Curug Tilu

Curug Tilu
Images by: hargatiket.net

Curug adalah destinasi wajib saat berkunjung ke sebuah daerah, Anda tak perlu khawatir karena Purwakarta memiliki beberapa curug yang indah dan masih belum terjamah oleh tangan manusia, salah satunya adalah Curug Tilu.

Curug Tilu memiliki pemandangannya yang akan membuat Anda terpesona seperti airnya yang kehijauan dan bebatuan khas pegunungan yang menambah keindahannya.

Tempat wisata ini juga menyediakan pelampung bagi Anda yang tidak bisa berenang, sehingga Anda masih bisa menikmati tempat wisata di Purwakarta keren ini dengan tenang.

4. Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan
Images by: Datawisata.com

Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini memiliki sky pool yang tidak boleh Anda lewatkan.

Kolam renang yang berada di tempat paling atas ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah di atas ketinggian 500 mdpl, jadi Anda akan merasa layaknya berada di atas awan.

Skypool yang berada di Desa Taringgul Tonggoh, Wanayasa ini sebenarnya merupakan salah satu fasilitas dari agrowisata yang ditawarkan oleh Resort Giri Tirta Kahuripan.

Selain skypool, Giri Tirta Kahuripan memiliki fasilitas lainnya seperti outbond, restoran, serta hotel.

5. Gunung Lembu

Gunung Lembu
Images by: cdn.nativeindonesia.com

Gunung Lembu memiliki ketinggian yang mencapai 792 mdpl yang membuat Anda dapat melihat banyak hal dari atas sini, seperti Waduk Jatiluhur dan desa-desa lainnya.

Walaupun rute pendakiannya cukup sulit, tetap semua perjuangan Anda akan terbayarkan setelah berada di puncaknya dengan pemandangan alam yang sangat indah. Sudah siap berfoto dengan latar pemandangan alam yang keren? Di sini tempatnya.

6. Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara

Jika Anda ingin berwisata sambil belajar sejarah, maka Museum Bale Panyawangan Diorama Nusantara adalah tempatnya. Museum yang masih terbilang baru ini menawarkan banyak diorama sejarah Indonesia.

Mulai dari zaman dulu (prasejarah), kerajaan Islam dan Hindu hingga masuknya kaum Belanda atau VOC ke Indonesia.

Anda bisa mengenal sejarah Indonesia lebih jauh dengan mendengarkan materi pendukung yang ada. Anda pun menjadi tahu tentang sejarah Nusantara.

7. Parang Gombong

Tempat wisata di Purwakarta yang harus Anda kunjungi bersama keluarga adalah Parang Gombong.

Parang Gombong memiliki pemandangan yang indah berupa pegunungan, padang rumput hijau, serta luasnya danau akan membuat aktivitas berkemah Anda jadi menyenangkan.

Apalagi pesona matahari terbit dan tenggelam yang bisa Anda lihat saat berkemah di Kutamanah, Sukasari ini, dijamin Anda tidak ingin pulang saat melihatnya.

Tak hanya pemandangan indah, wisata ini juga memiliki banyak fasilitas seperti WiFi, mushola, warung makan, dan toilet, jadi semua kebutuhan Anda bisa terpenuhi.

8. Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Taman air mancur Sri Baduga Situ Buleud yang berada di Purwakarta ini juga harus Anda kunjungi. Adanya air mancur pada tempat wisata ini membuat Anda merasa layaknya sedang berada di negara tetangga, Singapura.

Pasalnya, danau yang memiliki luas sekitar 4 hektar ini memiliki air mancur yang akan memberikan pemandangan yang tak kalah menarik dari air mancur yang Singapura miliki.

Apalagi, taman air mancur ini juga memiliki light effect dan api yang akan menampilkan pertunjukkan apik saat malam hari.

Setiap hari Sabtu malam, taman air mancur ini akan menampilkan pertunjukkan berupa perpaduan antara gerakan api, light effect, dan irama musik yang sangat indah yang tidak bisa Anda lewatkan.

9. Tebing Boyer

Tempat wisata di Purwakarta yang satu ini sempat viral beberapa waktu lalu karena menawarkan pemandangan unik, menarik, serta spot fotonya yang instagramable.

Dengan tebing bebatuan yang berdiri di tepi Waduk Jatiluhur ini, Anda akan mendapatkan pemandangan luar biasa dan bisa menjadi spot foto favorit Anda.

Namun, karena trek menuju ke tebing ini cukup sulit Anda harus berhati-hati saat mengunjunginya ya.

10. Urban Farming

Tempat wisata yang satu ini akan memberikan Anda vibe seperti di Eropa. Dengan rumah berarsitektur khas Eropa yang ada pada tempat wisata ini, Anda bisa merasakan rasanya berada di Eropa.

Tak hanya perumahan khas Eropa, Anda juga bisa menemukan perkebunan dengan aneka buah dan sayuran. Wah, seru sekali ya berlibur sambil menikmati hasil alam yang masih fresh.

11. Waduk Jatiluhur

Destinasi wisata yang terakhir ini merupakan tempat wajib yang harus Anda kunjungi setiap berada di Purwakarta. Sebenarnya wisata yang berupa waduk ini merupakan waduk buatan pertama di Indonesia yang dibuat pada tahun 1957.

Awalnya, waduk ini berfungsi sebagai tempat budidaya ikan, irigasi dan pembangkit listrik. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Waduk Jatiluhur mulai berubah menjadi tempat wisata yang digandrungi banyak wisatawan domestik dan mancanegara.

Waduk yang berukuran 8,3 ribu hektar ini sudah berubah menjadi tempat wisata dengan aneka wahana.

Misalnya aneka olahraga air, seperti berenang, mendayung sampan, mancing, menaiki perahu keliling waduk, hingga permainan air popular lainnya seperti selancar angin dan ski air.

Waduk Jatiluhur juga menyediakan tempat penginapan seperti bungalow yang bisa Anda gunakan untuk melepas lelah dan bermain kembali di sarana air tersebut.

Sebelas tempat wisata di Purwakarta di atas bisa Anda kunjungi bersama keluarga atau teman pada akhir pekan. Jangan lupa untuk membawa kamera kesayangan Anda untuk mengabadikan potret keseruan Anda serta mengunggahnya ke sosial media, ya.

Berita sebelumya11 Makanan Khas Bogor yang Wajib Dicoba!
Berita berikutnya14 Tempat Wisata di Tangerang Anti Mainstream