8 Tempat Wisata di Samarinda Hits & Kekinian

Tempat Wisata di Samarinda
image by: ksmtour.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Samarinda Kalimantan Timur sangat banyak hingga menarik banyak pengunjung.

Kota yang terkenal akan kain tenun bermotif kotak ini menawarkan wisata alam, budaya, hingga wisata air yang membuat liburan Anda terasa begitu singkat.

Daftar Tempat Wisata di Samarinda yang Favorit

Samarinda adalah ibukota Provinsi Kalimantan Timur yang padat penduduk. Namun, fakta tersebut tidak mengurangi daya tarik kota ini karena memiliki destinasi wisata yang sangat layak disambangi.

Rekomendasi berikut dapat Anda jadikan referensi untuk mengisi waktu liburan:

1. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah
image by: wikipedia.com

Salah satu tempat wisata di Samarinda yang menjadi primadona adalah Pulau Beras Basah. Letaknya ada di Kota Bontang, Kalimantan Timur yang dapat dijangkau dengan mudah.

Pulau Beras Basah menawarkan panorama laut yang indah dan pasir putih yang lembut. Pemandangan sunset di pulau ini terkenal sangat menawan sehingga banyak pengunjung yang rela menunggu sampai sore.

Untungnya, Pulau Beras Basah dibuka 24 jam dan mempersilakan pengunjung untuk menginap dengan mendirikan tenda. Jika ingin tempat yang lebih nyaman, gazebo yang ada di sekitar pantai dapat dimanfaatkan untuk bermalam.

Kegiatan seru lain adalah menaiki banana boat, snorkeling dan menyantap es kelapa muda sembari memandang hamparan laut biru.

Tarif masuk ke Pulau Beras Basah sebesar Rp50.000 per orang, Pilihan transportasinya adalah speedboat dan kapal yang membutuhkan sekitar 15 menit perjalanan, baik dari Dermaga Tanjung Laut maupun Limau.

2. Pulau Kumala

Kalimantan Timur memiliki sungai kebanggaan yang bernama Mahakam. Terdapat tempat wisata yang berada tepat di tengah sungai terpanjang kedua di Indonesia ini, yaitu Pulau Kamala.

Pulau Kamala merupakan delta Sungai Mahakam yang memiliki luas kurang lebih 85 hektar. Jarak antara pulau ini dengan Samarinda sekitar 27 km yang dapat dilalui menggunakan transportasi darat.

Nantinya, ada dua pilihan transportasi dari tepian Mahakam ke Pulau Kumala yaitu menyewa perahu motor atau menaiki kereta gantung.

Saat sampai di Pulau Kumala, Anda akan melihat jembatan megah yang sekilas mirip dengan Jembatan Golden Gate yang ada di Amerika.

Selain berjalan santai di sekitar pulau, Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti:

– Menaiki Sky Tower setinggi 75 meter untuk melihat pemandangan kota dari ketinggian;
– Mengunjungi akuarium raksasa yang berisi lumba-lumba air tawar berukuran besar;
– Mengunjungi area gembok cinta di Jembatan Repo-Repo;
– Membawa anak-anak ke wahana permainan seperti jet coaster, komedi putar, kereta mini, bom-bom car dan gokart.

3. Desa Budaya Pampang

Tempat wisata di Samarinda yang paling tepat untuk mempelajari budaya Kalimantan Timur secara mendalam adalah Desa Budaya Pampang. Alamatnya ada di Jl. Wisata Budaya Pampang, Samarinda Utara.

Kebudayaan Suku Dayak masih terasa kental karena desa ini merupakan tempat tinggal mereka semenjak bermigrasi dari Dataran Tinggi Apo Kayan.

Saat bertandang ke sana, spot paling menarik untuk dilihat adalah Rumah Adat Lamun Paming Adat Tawai. Rumah adat khas Dayak tersebut memiliki ukuran yang paling besar dan panjang.

Bahan yang digunakan adalah kayu ulin yang kokoh dan awet. Bagian dinding rumah dihiasi dengan ukiran-ukiran khas Dayak yang unik. Sedangkan atapnya diberi ornamen kepala naga.

Masyarakat di Desa Pampang juga masih mempertahankan pakaian adat Dayak, lo. Anda bisa berfoto bersama penduduk yang mengenakan pakaian adat lengkap dengan membayar 25 ribu rupiah.

Desa Budaya Pampang dibuka setiap hari, namun prioritaskan untuk datang di hari Minggu antara jam 2 hingga 3 sore. Sebab, tarian khas Dayak dipentaskan pada waktu tersebut.

4. Air Terjun Tanah Merah

Suasana yang tenang, alam yang masih asri dan air yang segar merupakan daya tarik utama dari tempat wisata di Samarinda yang bernama Air Terjun Tanah Merah. Lokasi destinasi ini terdapat di Jalan Muara Badak, Tanah Merah, Samarinda Utara.

Keunikan dari air terjun setinggi 15 meter ini adalah warna airnya yang coklat kemerahan. Penyebabnya adalah air yang berada di kolam sudah bercampur dengan tanah gambut yang ada di sekitarnya.

Suara gemericik air dan pepohonan hijau yang rindang memberikan efek relaksasi selama Anda bersantai di area air terjun. Tersedia juga kolam renang, panggung terbuka, toilet dan warung.

Bagi penyuka aktivitas yang lebih menantang, maka bisa menjajal trekking ke atas bukit. Pihak pengelola sudah menyediakan anak tangga yang terbuat dari kayu sehingga Anda tidak perlu melewati jalan bebatuan.

5. Kebun Raya Unmul

Pengalaman berwisata di alam terbuka akan lebih menyenangkan apabila Anda berkunjung ke Kebun Raya Unmul. Kawasan hutannya memiliki pepohonan hijau yang rindang dan udara bersih yang terasa sejuk.

Anda perlu berjalan kaki sejauh 1 km untuk sampai di area utama Kebun Raya Unmul. Sepanjang perjalanan, tersaji pohon-pohon yang sudah dilabeli sesuai nama spesiesnya. Kicauan burung yang terbang lalu lalang pun meramaikan penjelajahan Anda di area Kebun Raya.

Selain hamparan hutan yang hijau, terdapat kebun binatang yang berisi berbagai jenis satwa. Beberapa di antaranya seperti orangutan, burung cendrawasih, ular kobra, burung kakaktua, burung enggang, kuda poni, landak dan kancil.

Kegiatan seru lain yang harus dicoba adalah menaiki sepeda air untuk menyusuri danau, menyewa ATV dan mendatangi museum yang menyimpan banyak koleksi kayu.

6. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Tempat wisata di Samarinda yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Taman Rekreasi Lembah Hijau. Alamat lengkapnya di Jalan Kebun Raya, Lempake, Samarinda Utara yang berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota.

Jika sebelumnya Anda mengunjungi Kebun Raya Unmul, maka jangan sampai melewatkan Taman Rekreasi Lembah Hijau karena lokasinya bersebelahan.

Spot unggulan yang ditawarkan adalah area kolam renang dengan fasilitas yang lengkap. Areanya terbagi menjadi kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Pihak pengelola menyediakan banyak perosotan air dengan ketinggian yang bervariasi.

Pada area kolam anak-anak, juga ada perosotan pendek dan wahana playground yang menambah keseruan selama bermain air. Aktivitas lain adalah menjajal wahana outbound yang cukup menguji adrenalin.

Selepas puas bermain-main, gazebo-gazebo nyaman siap ditempati untuk beristirahat sambil menyantap bekal makanan. Kalau tidak membawa, maka bisa membeli di kafetaria yang ada di area taman rekreasi.

7. Kampung Tenun

Apakah Anda ingin merasakan liburan yang berbeda di Borneo? Kalau begitu, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu tempat wisata di Samarinda yang sarat akan kearifan lokal masyarakat setempat yakni Kampung Tenun.

Lokasinya berada di Jalan HOS Cokroaminoto, Rapak Dalam, Samarinda Seberang. Akses menuju ke sana bisa menggunakan motor, mobil maupun bus. Hanya saja, Anda harus berjalan kaki sejauh 500 meter jika menaiki bus.

Anda bisa menyaksikan secara langsung warga setempat yang sedang menenun kain. Tidak hanya melihat, Anda juga diperbolehkan untuk belajar cara menenun. Jangan sungkan karena pengrajin di sana sangat ramah.

Salah satu motif yang terkenal adalah belang hatta berupa garis-garis yang berwarna merah dan hitam. Motif lain yang tak kalah indah adalah burica, garanso, dan ayam pelopo.

Kain tenun Samarinda memiliki tampilan yang sangat indah dan bernilai tinggi. Cocok untuk dibuat menjadi sarung, baju kopiah, dan rok.

8. Telaga Permai Batu Besaung

Berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Samarinda, terdapat tempat wisata alam yang ideal untuk melepas penat yakni Telaga Permai Batu Besaung. Disebut seperti itu karena ditemukan banyak telaga di kawasan tersebut.

Kedalaman telaga relatif dangkal sehingga cukup aman sebagai tempat berenang maupun berendam. Suasananya yang tenang dan teduh oleh pepohonan rindang membuat Anda betah berlama-lama di sana.

Pihak pengelola juga menyediakan taman-taman cantik, tempat duduk dan camping area yang luas.

Pengunjung hanya dikenai tiket masuk sebesar Rp5.000 saja, sehingga Telaga Permai Batu Besaung dikenal sebagai wisata yang murah dan menyenangkan.

Pilihan tempat wisata di Samarinda Kaltim cukup lengkap mulai dari wisata alam, religi, hingga budaya.

Anda tidak hanya mendapatkan kepuasan dari kegiatan wisata yang seru tetapi juga dari pengetahuan baru mengenai budaya warga setempat.

Berita sebelumya10 Makanan Khas Bandung yang Memanjakan Lidah
Berita berikutnya10 Makanan Khas Jawa Tengah Terpopuler