11 Tempat Wisata di Semarang yang Terjangkau

Tempat Wisata di semarang
Images by: metrum.co.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Semarang selalu memiliki pesonanya tersendiri. Wisata bertemakan alam, taman hiburan, sampai wisata sejarah pun tersedia di kota ini.

Bagaimana? Sudahkah Anda menyiapkan destinasi wisata untuk akhir pekan ini? Jika belum, bahasan berikut sangat pas untuk Anda:

Rekomendasi Tempat Wisata di Semarang

Ada banyak sekali tempat wisata di Semarang yang perlu Anda kunjungi. Dijamin, satu hari di Semarang terasa sangat kurang untuk menjelajahi setiap destinasi wisatanya yang menarik.

Cocok bagi Anda yang merencanakan liburan bersama keluarga maupun teman. Berikut rekomendasinya:

1. Taman Wilis

Taman Wilis
Images by: tribunnewswiki.com

Rekomendasi pertama yaitu Taman Wilis. Destinasi wisata yang satu ini bertemakan alam, dengan daya tarik udara yang sejuk ditambah dengan pemandangan indah memanjakan mata. Dari sini, Anda bisa melihat pemandangan kota atau matahari terbit yang eksotis.

Terletak jauh dari pusat kota menjadikan taman ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat pengusir penat.

Tepatnya, Taman Wilis berlokasi di Jl. Wilis No. 3, Tegalsari, Kec. Candisari, Kota Semarang. Untuk menikmati Taman Wilis ini Anda tidak akan dikenai biaya alias gratis.

2. Brown Canyon

Brown Canyon
Images by: Pinterest.com

Jika Amerika memiliki Grand Canyon, Semarang juga memiliki destinasi wisata yang sejenis, namanya Brown Canyon Semarang.

Tempat wisata ini berlokasi di Rawasari, Kecamatan Tembalang. Mulanya, Brown Canyon merupakan lokasi pertambangan.

Namun, setelah selesai beroperasi, lokasi ini disulap menjadi destinasi wisata yang menarik.

Tempat wisata ini berupa gugusan tebing curam yang menjulang tinggi. Sangat cocok dijadikan tempat hunting foto yang instagramable.

3. Pantai Tirang

Pantai Tirang
Images by: Indonesiatraveler.com

Salah satu tempat wisata di Semarang lainnya adalah Pantai Tirang. Pantai ini menawarkan keindahan alam berupa syahdunya suara deburan ombak dengan pasir pantai yang lembut.

Cukup dengan tiket masuk seharga Rp 5.000/orang Anda sudah bisa merasakan daya tarik pantai ini.

Pantai Tirang terletak di Desa Tambakrejo, Tugu, Kota Semarang. Lokasinya mudah dijangkau dari Bandara Internasional Ahmad Yani. Hanya 11 KM atau 30 menit berkendara menggunakan mobil.

4. Air Terjun Kali Pancur

Air Terjun Kali Pancur
Images by: Tempatwisataindonesia.id

Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Desa Nogosaren, Kec. Getasan, Kab. Semarang. Terletak di lereng Gn. Telomoyo, air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 100 m.

Tempat ini menawarkan keindahan alam berupa air terjun yang dikelilingi pepohonan hijau yang masih asri.

Air Terjun Kali Pancur juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang, seperti lahan parkir, musala, toilet, dan warung makan.

Dengan tiket masuk seharga Rp 5.000/orang dan biaya parkir Rp 3.000/motor; Rp 5.000/mobil, Anda sudah bisa menikmati salah satu surga dunia ini.

5. Dusun Semilir Eco Park Bawen

Dusun Semilir Eco Park Bawen
Images by: travel.okezone.com

Bagi Anda yang membawa serta keluarga untuk berlibur, Eco Park yang satu ini sangat bisa menjadi pilihan. Dusun Semilir Eco Park Bawen ini terletak di Jalan Soekarno Hatta No. 49, Bawen, Semarang, Jawa Tengah.

Destinasi wisata yang satu ini boleh dibilang sebagai tempat wisata yang lengkap. Mulai dari spot foto yang instagramable, wahana bermain, koleksi binatang, sampai area foodcourt tempat menjual aneka buah tangan.

Tak hanya makanan, berbagai macam kerajinan tangan juga tersedia di sini. Eco Park ini buka dari hari Senin hingga Minggu.

Jam operasional untuk hari Senin hingga Jumat yaitu mulai pukul 10.00 – 18.30 WIB dan Sabtu & Minggu mulai 08.30 – 20.00. Harga tiket masuknya terbilang cukup terjangkau, yakni Rp 15.000 (weekday) dan Rp 20.000 (weekend).

6. Taman Bunga Celosia Bandungan

Satu lagi tempat wisata di Semarang yang menawarkan spot foto instagrammable, nih, namanya Taman Bunga Celosia yang terletak di Bandungan.

Taman wisata ini menawarkan daya tarik berupa warna-warni berbagai macam jenis bunga yang cantik.

Tak hanya itu, di sini juga terdapat beberapa replika ikon terkenal beberapa negara, seperti Menara Eiffel, Patung Merlion, dan kincir angin.

Taman bunga ini beroperasi setiap hari mulai pukul 07.30–17.30. Tiket masuk ke Taman Bunga Celosia yaitu seharga Rp 25.000 (weekend).

7. Watu Gunung Ungaran

Objek wisata yang satu ini mengusung konsep alam dan budaya. Watu Gunung Ungaran juga biasa dikenal dengan Kolam Renang Lerep.

Di sini Anda bisa menikmati segarnya air yang dikelilingi oleh pepohonan hijau, dijamin ampuh mengusir stres.

Terdapat pula beberapa gazebo dan kolam untuk memancing. Anda juga bisa menggunakan perahu kecil yang disediakan di sini.

Untuk urusan perut, tak perlu khawatir. Tersedia berbagai menu khas jawa yang siap mengisi perut kalian yang sedang keroncongan.

Tempat wisata ini terletak di Jl. Srikandi Raya No.1, Desa Lerep, Kab. Semarang. Buka dari pukul 08.00-17.00, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 25.000.

8. Hutan Wisata Tinjomoyo

Tempat wisata di Semarang yang satu ini sangat bisa Anda jadikan tempat untuk melepas penat. Dengan konsep hutan alami, Hutan Wisata Tinjomoyo ini tentu akan memberikan pengalaman menarik yang tak akan terlupakan.

Tempat wisata yang satu ini mulanya merupakan sebuah kebun binatang yang kemudian disulap menjadi hutan wisata. Dengan luas sebesar 57 ha, hutan wisata ini menawarkan pemandangan yang eksotis khas hutan tropis.

Berlokasi di Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, tiket masuk ke taman ini dihargai Rp 5.000 saja, lho!

9. Lawang Sewu

Destinasi wisata yang satu ini rasanya sudah menjadi ikonnya Kota Semarang. Lawang Sewu merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri hingga saat ini.

Memiliki latar belakang cerita yang unik, Lawang Sewu banyak diminati wisatawan dari berbagai daerah.

Tempat wisata bersejarah ini berlokasi di Jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yaitu sebesar Rp 5.000 saja.

10. Kota Lama

Tak hanya Jakarta yang punya Kota Lama, Semarang juga punya, lho. Tempat wisata di Semarang ini menjadi salah satu tempat wisata bersejarah yang paling banyak dikunjungi. Memiliki gaya arsitektur yang khas, lokasi ini cocok Anda jadikan tempat hunting foto.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Letjen Suprapto No. 31, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang. Tenang, tak perlu khawatir soal biaya yang dibutuhkan, Anda bisa menikmati wisata sambil mengabadikan momen di sini sepuasnya tanpa dikenai biaya.

11. Benteng Pendem

Rekomendasi terakhir objek wisata di Semarang yang bernilai sejarah yaitu Kampung Benteng Pendem. Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Lodoyong, Semarang. Benteng ini masih tegak berdiri sebagai saksi bisu pertempuran yang pernah terjadi di sana.

Dengan gaya bangunan tua yang menonjol, tempat ini sangat cocok dijadikan lokasi foto. Cukup dengan membayar uang parkir sebesar Rp 5.000 saja Anda sudah bisa memanfaatkan objek wisata ini sepuasnya.

Ada banyak sekali tempat wisata di Semarang yang perlu Anda explore lebih jauh. Beberapa rekomendasi tempat wisata di atas dijamin mampu menghilangkan penatnya pikiran setelah sekian lama beraktivitas.

Berita sebelumyaEkspedisi adalah: Pengertian, Bisnis dan Tips
Berita berikutnya11 Daftar Makanan Khas Pontianak Paling Populer