12 Tempat Wisata di Solo, Wajib didatengin!

Tempat wisata di solo
Images By: harindabama.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Solo rupanya tidak hanya seputar kota batik saja. Lebih dari itu, Solo menyimpan sejuta pesona di setiap sudut lokasi wisatanya.

Jika Anda butuh referensi destinasi wisata di Solo, maka artikel berikut ini akan membantu Anda menemukan destinasi yang tepat untuk mengisi liburan:

12 Tempat Wisata di Solo Paling Terkenal

Salah satu wilayah di Jateng yang sangat populer dengan kearifan lokal dan keindahan alamnya adalah Solo.

Kota Surakarta atau dikenal juga sebagai Solo ini memiliki banyak tujuan atau destinasi wisata keren, semuanya tentu sayang jika Anda abaikan begitu saja. Berikut daftarnya:

1. Air Terjun Jumog

Air Terjun Jumog
Images by: wisatabaru.com

Air terjun yang yang berada di Kawasan Karanganyar ini terlihat seperti surga dunia yang tersembunyi. Lokasinya yang dekat dengan lereng Gunung Lawu membuatnya sedikit tersembunyi dari pandangan banyak orang.

Tak hanya itu, karena letaknya yang dekat Gunung Lawu, udara pada air terjun ini juga cukup dingin dan sejuk. Ketika Anda mengunjungi Air Terjun Jumog, Anda tidak hanya akan menikmati pemandangan air terjun yang indah.

Tetapi, Anda bisa menikmati fasilitas lainnya seperti kolam air terjun, kolam buatan hingga permainan seperti ayunan dan jungkat-jungkit. Sangat seru untuk tempat berlibur bersama anak-anak.

2. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul
Images by: jogjatourwisata.id

Alun-Alun Kota Surakarta ini adalah tempat yang sangat pas bagi Anda yang ingin menikmati udara sore hari yang sejuk dan nyaman.

Tempat wisata di Solo satu ini menghadirkan banyak permainan dan aneka makanan ringan hingga berat yang bisa Anda nikmati sambil merasakan sejuknya sore hari di kota ini. Jika Anda beruntung, mungkin Anda juga bisa melihat kebo bule di sekitar Alun-Alun Kidul ini.

3. Benteng Vastenburg

Benteng Vastenburg
Images by: travelspromo.com

Kota Solo ini juga memiliki tempat peninggalan bersejarah pada zaman Belanda yaitu, Benteng Vastenburg. Benteng ini berdiri di Jalan Jenderal Soedirman, Kedung Lumbu, Surakarta dan sudah ada sejak tahun 1779.

Pada zaman Belanda dahulu, benteng ini berfungsi sebagai tempat pengawasan Pemerintahan Keraton Surakarta. Tak hanya bentengnya saja yang memiliki aksen Belanda, hampir keseluruhan wilayah pada tempat wisata ini juga identik dengan negara kincir angin tersebut.

4. Candi Ceto

Candi Ceto
Images by: udaindra.blogspot.com

Jika melihatnya secara sekilas, pasti Anda akan mengira candi ini merupakan Pura Lempuyangan yang berada di Bali. Padahal, bangunan yang terlihat seperti gapura ini merupakan Candi Ceto yang berlokasi di Tawangmangu.

Pemandangan langit biru eksotis yang berada di belakang bangunan candi ini membuat banyak wisatawan terpesona dan terus mengunjunginya. Mereka juga senang berswafoto di lokasi tersebut.

5. De Tjolomadoe

De Tjolomadoe
Images by: venuemagz.com

Tempat wisata di Solo yang satu ini merupakan bekas sebuah pabrik gula pasir yang eksis pada era kolonial Belanda. Setelah melewati beberapa proses pemugaran, pabrik ini menjadi destinasi wajib yang tak pernah sepi oleh wisatawan.

Hal ini tentu tidak lepas dari deretan tempat atau spot foto menarik yang bisa para pengunjung gunakan.

Kini, bekas pabrik gula telah berubah menjadi museum bersejarah. Beberapa mesin gula juga masih dalam kondisi baik, hal ini dimanfaatkan untuk memberikan edukasi bagi para pengunjung.

6. Grojogan Sewu Tawangmangu

Tempat wisata ini juga menjadi destinasi wajib bagi Anda yang berlibur ke Solo. Grojogan Sewu Tawangmangu merupakan kawasan wisata alam yang suasanya akan “menyihir” mata para pengunjung yang melihatnya.

Keberadaan air terjun, tebing dan pohon-pohon yang memutarinya menjadikan tempat ini great escape bagi mereka yang ingin melepaskan penat. Tempat ini juga menjadi alternatif bagi Anda yang mungkin bosan dengan suasana kota yang panas.

7. Heritage Palace

Surakarta atau Solo yang terkenal dengan kebudayaan Jawanya yang kental justru memiliki tempat bernuansa Eropa yang tak boleh untuk Anda lewatkan.

Ya, Heritage Palace merupakan tempat wisata di Solo yang wajib Anda kunjungi agar mendapatkan nuansa berbeda saat berada di sini.

Tempat wisata ini juga merupakan bekas pabrik gula yang telah melalui proses pemugaran sedemikian rupa, hingga menjadi destinasi wisata yang orang-orang sukai. Saat tiba di tempat ini, Anda akan menemukan banyak fasilitas.

Mulai dari Garden Retro Paradise, Kids Town, Omah Kwalik hingga aneka museum seperti Museum Industri, Museum Transportasi dan Museum 3D Trick Art. Wah, menarik sekali, ya?

8. House of Danar Hadi

Solo memang terkenal menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki kerajinan batik memesona bagi banyak orang. Salah satu tempat penyimpanan batik dari ratusan tahun yang lalu adalah Museum Danar Hadi atau House of Danar Hadi.

Museum yang berdiri sejak tahun 1967 ini memiliki ribuan kain batik dari ratusan tahun yang lalu hingga saat ini. Sehingga, saat Anda berkunjung ke Museum Danar Hadi ini akan melihat aneka corak batik, mulai dari, batik China, batik Jawa Hokokai, batik pesisiran, hingga batik Keraton.

9. Kebun Binatang Taru Jurug

Kebun binatang adalah destinasi wisata wajib yang harus Anda kunjungi bersama keluarga, terutama anak-anak. Solo juga memiliki kebun binatang yang wajib Anda kunjungi yaitu, kebun binatang Taru Jurug.

Kebun binatang ini mengusung konsep edukasi untuk para pengunjungnya mengenai wisata alam dengan berbagai satwa yang berada di dalamnya. Aneka binatang yang tinggal dalam kebun binatang ini yakni seperti gajah, jerapah, komodo, zebra, dan lain-lain.

10. Keraton Kasunanan

Tempat wisata di Solo ini merupakan yang paling terkenal, Keraton Kasunanan. Belum ke Solo, jika Anda belum mengunjunginya. Keraton Kasunanan ini memiliki banyak budaya kerajaan dari era dahulu hingga sekarang yang masih berjalan.

Keraton Kasunanan memiliki beberapa peraturan penting yang mau tidak mau harus Anda taati selama disana. Pasalnya, lingkungan dalam Keraton Kasunanan sangat terjaga dan tidak boleh ada yang merusaknya.

11. Museum Keris Solo

Tanah Jawa memang sangat populer karena memiliki aneka senjata tradisional, salah satunya keris. Anda bisa menemukan ratusan bahkan ribuan keris dengan berkunjung ke Museum Keris Solo.

Museum Keris Solo ini menyimpan banyak peninggalan keris, bahkan museum ini memiliki Pusaka Presiden Joko Widodo yang bernama Kyai Tenggara. Museum ini menata semua kerisnya dengan rapi dan enak untuk Anda lihat.

Bahkan, Anda dapat melihat video visual mengenai setiap keris yang ada. Dengan begitu, kedatangan Anda ke museum ini dapat mengedukasi mengenai keris.

12. Tumurun Private Museum

Museum yang satu ini memiliki koleksi kelas dunia. Anda bisa menemukan karya seni masterpiece dari berbagai negara seperti, Jepang, Filipina, Singapura, bahkan Amerika. Keberagaman koleksi ini tidak terlepas dari koleksi pribadi pemiliknya.

Sebenarnya, museum ini milik pribadi yang didirikan oleh sebuah perusahaan swasta untuk mengenang ayahnya yang merupakan pecinta karya seni. Dengan begitu, Anda perlu mematuhi beberapa peraturan untuk bisa masuk ke sini.

Museum ini terdiri dari dua lantai dan terbagi dalam koleksi karya seni modern maupun karya seni kontemporer yang bisa Anda nikmati tanpa perlu pergi jauh ke luar negeri.

Itulah dua belas rekomendasi tempat wisata di Solo yang bisa Anda kunjungi saat pikiran dan tubuh Anda butuh “pengisian ulang”.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen Anda tersebut dengan memotret dan mengunggahnya ke sosial media.

Berita sebelumya14 Makanan Khas Manado Paling Enak!
Berita berikutnya15 Tempat Wisata di Lembang, Wajib dikunjungi!