8 Tempat Wisata di Sukabumi Terpopuler Saat Ini!

tempat wisata di sukabumi
Images by: bisniswisata.co.id
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Sukabumi merupakan tujuan wisata yang mulai dilirik oleh sobat travelers. Kini, salah satu kota di Jawa barat ini mulai memperkaya daerahnya dengan berbagai destinasi wisata dan mempesona.

Belum berminat liburan ke Sukabumi? Cek dahulu review berbagai tempat wisata di Sukabumi yang pastinya akan mengubah pikiran Anda! Let’s check this out!

8 Rekomendasi Tempat Wisata di Sukabumi Terpopuler

1. Curug Cibeureum

Lokasi : Desa Perbawati, Kec. Sukabumi, Sukabumi, Jabar
Jam Operasional :08.00-17.00
Harga Tiket Masuk : Rp 18.500/Orang

Sukabumi memang terkenal dengan berbagai destinasi wisata air terjun yang unik dan begitu memikat. Salah satu wisata air terjun di Sukabumi yang wajib Anda kunjungi adalah Curug Cibeureum.

Berlokasi di kaki Gunung Gede Pangrango, air terjun ini pastinya akan menghadirkan pemandangan alam yang luar biasa indah. Udaranya yang sejuk serta jernihnya air yang memancar melalui dua jalur merupakan perpaduan yang pas untuk melepas penat Anda.

Selain pemandangan alam yang mengagumkan, tempat wisata di Sukabumi ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang akan membuat momen liburan Anda semakin seru. Misalnya saja seperti warung camilan, gazebo, area camping, spot berfoto yang cantik, mushola, kamar mandi, dan masih banyak lagi.

2. Geopark Ciletuh

Lokasi : Desa Ciwaru, Kec. Ciemas, Sukabumi, Jawa barat
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Siap-siap terkesima dengan tempat wisata di Sukabumi yang akan kami bahas selanjutnya! Tahukah Anda, Geopark Ciletuh ini telah diresmikan oleh UNESCO dan masuk ke dalam daftar Geopark Internasional, dan lokasinya ada di Indonesia tepatnya Sukabumi!

Mengulas lebih lanjut, Geopark Ciletuh ini bisa dibilang sebagai one stop destination untuk liburan. Mengapa begitu? Jelas, taman bumi yang hanya satu-satunya di Jawa barat ini mengkombinasikan antara budaya, keindahan alam, edukasi, dan konservasi menjadi satu kesatuan yang sempurna.

Anda dapat menjelajahi dan menikmati indahnya alam Sukabumi pada satu tempat saja. Keindahan alam yang dapat Anda nikmati antara lain berbagai air terjun seperti Curug Awang dan Curug Cikanteh.

Keindahan bentang alam yang super mempesona seperti Mekar Sakti dan Girimukti. Gua laut yang eksotis yaitu Gua Kunti dan Gua Sodong parat. Berbagai pulau kecil, pantai nan indah dan tentunya aneka kekayaan alam yang masih banyak jenisnya.

Sudah pasti dengan berlibur di Geopark Ciletuh ini Anda akan maki menyadari bahwa alam Indonesia itu benar-benar kaya dan indah, serta sangat wajib untuk kita jaga dan lestarikan.

3. Pantai Ujung Genteng

Lokasi : Jl. Ujung Genteng, Desa Ujung Genteng, Kec. Ciracap Sukabumi Regency, Jawa Barat
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Rp 10.000/Orang

Mengunjungi Geopark Ciletuh, tidak sah rasanya tanpa mengeksplor berbagai tempat wisata nan cantik di dalamnya, salah satunya Pantai Ujung Genteng.
Salah satu pantai terbaik yang ada di kawasan Geopark Ciletuh ini juga merupakan tempat wisata di Sukabumi yang sering direkomendasikan karena keindahan pantainya yang fantastis.

Lokasi pantai yang cukup tersembunyi dan masih sangat asri sangat cocok bagi Anda yang ingin menjauh sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Ombaknya yang cukup bersahabat juga sangat nyaman untuk Anda yang ingin bermain di tepian pantai atau berenang.

Kunjungi juga penangkaran penyu yang ada di area pantai ini. terdapat bangunan peninggalan sejarah yang bisa Anda kunjungi untuk sekedar melihat-lihat ataupun berfoto untuk kenang-kenangan.

4. Bukit Karang Para

Lokasi : Desa Kebun Manggu, Kec. Gunung Guruh, Kab. Sukabumi, Jawa Barat
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : Rp 2.000/Orang

Ini dia tempat wisata di Sukabumi yang sedang naik daun di kalangan anak muda. Ya, Karang Para! Karang Para ini memang menawarkan keindahan yang unik dengan perpaduan keindahan alam yang hijau dengan batu karang yang berpadu begitu aesthetic.

Jelas saja tempat ini selalu dipadati wisatawan baik untuk menikmati Keindahan alamnya ataupun berfoto ria di sini. Apalagi saat matahari terbenam, hmm, panoramanya nggak ada lawan!

5. Pantai Pelabuhan Ratu

Lokasi : Kec. pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi, Jawa Barat
Jam Operasional :24 Jam
Harga Tiket Masuk : Gratis

Memang tempat wisata di Sukabumi yang satu ini tidak usah lagi ditanya soal popularitasnya. Dari dulu hingga sekarang tetap hits dan menjadi destinasi wajib jika berlibur ke Sukabumi.

Benar saja, panorama alam yang disuguhkan oleh pantai ini memang bukan main kerennya. Air lautnya yang jernih kehijauan berpadu dengan bebatuan karang yang terjal membuat pemandangan semakin eksotis.

Meskipun kerap dikaitkan dengan isu supranatural, namun tidak ada yang menyanggah jika pantai ini memang memiliki keindahan alam yang luar biasa sebagai daya tarik wisatawan untuk datang ke pantai ini.

Bukan hanya itu saja, kelengkapan fasilitas wisata dari restoran seafood, penginapan sampai penyewaan kuda akan membuat liburan Anda tak terlupakan.

6. Jembatan Situ Gintung

Lokasi : Jl. Kadudampit, Kel. Gede Pangrango, Kec. Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat
Jam Operasional : 07.30-17.30
Harga Tiket Masuk : Rp 25.000/Anak – Rp 50.000/Orang Dewasa

Bukan main kerennya, ternyata bukan hanya memiliki Geopark Internasional saja, Sukabumi juga memiliki jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara, apalagi kalau bukan Jembatan Situ Gintung!

Ya, jembatan gantung dengan panjang kurang lebih 250 meter ini memang menjadi salah satu tempat wisata di Sukabumi Terpopuler yang wajib Anda kunjungi.

Rasakan sensasi melewati jembatan gantung yang terbuat dari kayu merbau asli dari Papua yang menguji adrenalin plus begitu seru untuk dicoba. Jangan khawatir, Anda akan dilengkapi dengan alat pengaman sesuai standar dan terdapat staff yang selalu siap siaga untuk membantu Anda.

7. Santa Sea Waterpark Sukabumi

Lokasi : Jl. Lio Santa, Kel. Gedongpanjang, Kec. Citamiang, Kota Sukabumi, Jawa Barat
Jam Operasional : 09.00-16.00
Harga Tiket Masuk :
Weekdays Rp 40.000/Orang Dewasa – Rp 35.000/Anak
Weekend Rp 60.000/Orang dewasa – Rp 50.000/Anak

Setelah memanjakan diri di tempat wisata alam Sukabumi, yuk main air di tempat rekreasi air terbaik di Sukabumi, Santa Sea Waterpark Sukabumi.

Taman rekreasi air dengan tema bajak laut ini akan memberikan pengalaman mengasyikkan bagi Anda dan keluarga. Berbagai wahana air seperti seluncuran dan kolam arus sangat seru untuk dicoba.

Terdapat juga berbagai atraksi air seru yang pastinya sayang sekali untuk dilewatkan. Jadi, jangan sampai tidak berkunjung ke tempat ini ya travelers!

8. Masjid Agung Kota Sukabumi

Lokasi : Jl. Alun-Alun Utara No.4b, Kel. Gunungparang, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.
Jam Operasional : 24 Jam
Harga Tiket Masuk : –

Setelah menjelajahi berbagai tempat wisata di Sukabumi dengan keindahan alam yang luar biasa mari kita rehat sejenak ke tempat ibadah, sekaligus wisata religi di Sukabumi yaitu Masjid Agung Kota Sukabumi.

Suasana masjid terbesar di Sukabumi ini memang sangat tentram dan nyaman dengan dominasi warna hijau muda dan biru yang sangat nyaman dan tenang.

Masjid tertua di Sukabumi ini juga merupakan saksi sejarah perjuangan rakyat Sukabumi dalam melawan penjajah pada zaman penjajahan. Khususnya bagi Anda umat Islam, jika sedang berlibur ke Sukabumi jangan lupa sempatkan diri untuk beribadah di masjid ini, ya!
Tidak disangka Sukabumi memiliki berbagai tempat menakjubkan yang menawarkan panorama serta keindahan yang luar biasa.

Kini Anda tentu tertarik untuk berwisata di daerah yang sejuk nan asri di wilayah Jawa Barat ini bukan? Segera rencanakan liburan dan eksplor tempat wisata di Sukabumi terpopuler untuk menyempurnakan momen liburan Anda!

Berita sebelumya8 Tempat Wisata di Palembang Terbaru dan Terpopuler
Berita berikutnya14 Makanan Khas Riau yang wajib dicoba!