13 Tempat Wisata di Surabaya Wajib Dikunjungi

tempat wisata di surabaya
Images by: emnacipationusa.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Surabaya ternyata tidak hanya satu-dua, tapi ada banyak dan semuanya selalu ramai pengunjung.

Surabaya merupakan kota besar yang mempunyai banyak ragam wisata populer, mulai dari alam, tempat bersejarah, wisata kuliner, hingga wahana permainan yang seru.

Destinasi Wisata Populer di Surabaya dan Sekitarnya

Bagi penduduk lokal maupun non-lokal, Surabaya bisa jadi pilihan kota yang tepat bagi Anda yang ingin melangsungkan liburan seru, lengkap, dan bermakna.

Selain sebagai sarana rekreasi, beberapa tempat wisata di Kota Surabaya juga dapat memberikan informasi penting dan tetap mengedukasi.

Berikut beberapa nama-nama tempat wisata populer Surabaya sebagai referensi ragam destinasi untuk rencana liburan mendatang:

1. Jembatan Suramadu

Bangunan yang diklaim sebagai jembatan terpanjang se-Asia Tenggara ini juga jadi destinasi wisata ikonik di Surabaya.

Jembatan Suramadu ini menjadi penghubung jalur darat antara dua kota yang terpisah oleh selat yakni Surabaya dan Madura.

Jembatan sepanjang kurang lebih 5.500 meter ini berlokasi di kawasan Tambak Wedi, Kenjeran, Kota Surabaya.

Selama di sana, Anda juga dapat melakukan kegiatan seperti hunting foto, naik perahu, dan lain sebagainya.

2. Ciputra Waterpark Surabaya

Tempat wisata di Surabaya ini merupakan wahana permainan air terbesar yang ada di ibukota Jawa Timur . Area wisata ini memiliki luas mencapai 5 hektar dan dibangun dengan konsep negeri dongeng ala petualangan Sinbad.

Di sana, Anda akan disuguhkan dengan atraksi menarik seperti Syracuse Beach, Sinbad’s Playground, dan lain sebagainya. Lokasinya ada di kawasan Boulevard Citraland, Made, Sambikerep, Surabaya dengan harga tiket masuk sebesar Rp75.000 per individu.

3. Kebun Binatang Surabaya

Objek wisata ini sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan. Tempat wisata yang satu ini terletak di Jalan Setail No.1, Daerah Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya.

Anda akan berkesempatan melihat berbagai jenis binatang dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau yakni Rp15.000 sampai dengan Rp20.000 per individu. Lokasi wisata ini biasanya akan buka setiap hari kecuali hari libur.

4. Hutan Bambu Keputih

Kini Anda beralih ke tempat wisata di Surabaya yang masih alami dan dijamin bisa membuat pikiran tenang. Lokasi wisata hutan bambu ini berada di Jl. Raya Marina Asri, kawasan Keputih, Kec. Sukolilo, Surabaya.

Hutan bambu seluas 8,5 hektar ini dikenal hampir mirip dengan Hutan Sagano yang ada di Jepang.

Di sana, Anda dapat menikmati keindahan hutan bambu sepuas hati karena harga tiket masuk yang dibebankan untuk setiap pengunjung adalah gratis.

5. Ekowisata Mangrove Wonorejo

Tempat wisata di Surabaya yang menawarkan pesona alami selanjutnya adalah Ekowisata Mangrove Wonorejo. Objek wisata alam ini terletak tak jauh dari Bandara Juanda tepatnya di Jl. Raya Wonorejo No.1, Wonorejo, Kecamatan Rungkut Surabaya.

Kawasan wisatanya cukup jauh dari hiruk pikuk perkotaan, jadi cocok sekali bagi pengunjung yang memang ingin suasana tenang. Urusan tiket? Tenang, cukup keluarkan dana lima ribu rupiah saja dan biaya parkir kendaraan.

6. Air Mancur Menari

Selanjutnya Anda beralih ke tempat wisata di Surabaya yang dapat dinikmati di malam hari. Di sana, Anda akan dimanjakan dengan keindahan air mancur menari yang disinari oleh lampu warna warni dari jembatan megah yang berdiri di sepanjang Pantai Kenjeran.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menikmati banyak spot foto menarik di kawasan Pantai Kenjeran, Kecamatan Bulak, Surabaya secara gratis baik di siang maupun malam hari.

7. Monumen Kapal Selam

Objek wisata edukasi ini dapat Anda kunjungi selama berlibur ke Kota Surabaya bersama teman dan keluarga. Lokasinya detailnya ada di Jalan Pemuda No.39, wilayah Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya. Atribusi tiket cuma sebesar Rp15.000 per orang.

Disana, Anda akan melihat berbagai jenis kendaraan militer sembari mengingat sejarah KRI Pasopati 410 yang dahulu turut terlibat dalam operasi Trikora. Menariknya, Anda akan diajarkan tentang sejarah kapal selam melalui film pendek pertempuran Laut Aru.

8. De Mata Trick Eye Museum

Tempat wisata di Surabaya berikutnya adalah De Mata Trick Eye yang terletak di Jl. Adityawarman No. 55 (di kawasan Surabaya Town Square Lt. 1), Kelurahan Sawunggaling, Wonokromo, Surabaya. Di sana, Anda perlu membayar Rp35.000 sebelum masuk ke museum .

Museum ini menawarkan setidaknya 100 jenis lukisan indah dan tampak hidup sehingga sangat menarik sebagai objek latar dalam foto selfie. Untuk jadwal kunjung museum ini dibuka pada pukul 10 pagi sampai 12 malam pada hari Senin – Jumat, dan pukul 10.00 – 14.00 WIB di akhir pekan.

9. Jalan Kembang Jepun

Kawasan wisata ini termasuk ke dalam wilayah tertua di Surabaya yang tampak seperti China Town di daerah Sungai Kalimas. Di sana, Anda akan menemukan banyak sekali kuliner-kuliner khas Tiongkok dan Surabaya setiap hari selama 24 jam.

10. Food Junction Grand Pakuwon

Objek wisata ini mulai dibuka sejak tahun 2016 dan menyediakan beragam jenis sajian kuliner lezat serta pemandangan danau yang indah. Di sana, Anda akan dapat mencicip beragam jenis masakan khas Indonesia sampai makanan asli dari beberapa negara.

Food Junction Grand Pakuwon ini berlokasi di Jalan Grand Banjar Boulevard, Banjar Sugihan, Kecamatan Tandes, Surabaya.

11. Kenpark Surabaya

Kenpark merupakan salah satu tempat wisata di Surabaya yang sangat populer dengan tampilan bangunannya hampir mirip dengan Temple of Heaven yang ada di negara China. Lokasinya hanya berjarak 1 km dari Pantai Kenjeran yakni di daerah Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya.

Untuk dapat menikmati segala fasilitas serta mengabadikan spot foto yang estetik, Anda harus menyiapkan uang tunai sebesar Rp125.000 sebelum masuk ke dalamnya.

12. Suroboyo Carnival Night Market

Objek wisata malam ini mulai menerima para wisatawan mulai pukul 3 sore dan tutup pada pukul 11 malam. Di sana, Anda akan menikmati berbagai wahana menarik seperti gondola, rodeo, aero test, glow in the park, dan lain sebagainya.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan banyak lampu warna warni di sekitar carnival park. Untuk harga tiket masuk selama weekday adalah Rp30.000 sementara di akhir pekan sebesar Rp40.000. Untuk tiket terusan Suroboyo Carnival Night harganya lebih tinggi dari yang reguler.

13. Pantai Kenjeran Surabaya

Tempat wisata di Surabaya selanjutnya adalah Pantai Kenjeran yang lokasinya sangat dekat dengan jenis-jenis wisata lainnya.

Pantai Kenjeran kini dibagi menjadi 2 kawasan, keduanya bernama Pantai Kenjeran Baru serta Pantai Ria Kenjeran. Keduanya memiliki pesona indah tersendiri yang patut Anda sambangi.

Di Pantai Kenjeran Baru, Anda akan disuguhi dengan pemandangan pasir pantai yang memukau. Sementara untuk Pantai Ria Kenjeran, cenderung lebih diperuntukkan bagi para pecinta olahraga dan tamasya ramai.

Ke manapun destinasinya, selama Anda datang ke Surabaya jangan lupa mampir ke salah satu tempat wisata di Surabaya di atas atau tentukan sendiri lokasi lain yang Anda inginkan.

Berita sebelumyaLogistik adalah: Pengertiannya Mudah Dipahami
Berita berikutnya9 Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Coba!