8 Tempat Wisata di Tasikmalaya yang Memanjakan Mata

Tempat Wisata di Tasikmalaya
image by: travelspromo.com
Daftar Mitra TrawlBens

Trawlbens – Tempat wisata di Tasikmalaya Jawa Barat wajib disambangi untuk mengisi waktu liburan memang keputusan yang tepat.

Terlebih, jika Anda membutuhkan destinasi alam yang jauh dari hiruk pikuk kota. Tasikmalaya menawarkan pilihan mulai dari daerah pantai, perbukitan dan danau.

8 Tempat Wisata Hits di Tasikmalaya

Tasikmalaya merupakan salah satu kabupaten yang tergabung dalam Provinsi Jawa Barat. Selain dikenal memiliki kuliner yang lezat, kota ini juga menyimpan potensi wisata yang bagus. Berikut 8 rekomendasi destinasi hits yang ada di Kabupaten Tasikmalaya:

1. Tonjong Canyon Cipatujah

Tonjong Canyon Cipatujah
image by: pinhome.id

Ternyata, tempat wisata di Tasikmalaya ada yang dijuluki dengan Mini Green Canyon, lho. Nama tempatnya adalah Tonjong Canyon Cipatujah alias Green Canyon-nya Tasikmalaya.

Lokasinya berada di Desa Nagrog, Kecamatan Cipatujah yang dapat Anda tuju melalui jalur Karangnunggal hingga menemui pertigaan Karang – Pamijahan.

Tonjong Canyon menawarkan wisata sungai yang airnya berwarna hijau jernih. Sepanjang aliran sungai, terdapat tebing-tebing tinggi yang memagari sisi kanan dan kirinya.

Pemandangan semacam itu mirip seperti yang ada di Green Canyon, Amerika sehingga disebut sebagai replika sederhananya.

Tebing batu yang ada di Tonjong Canyon memiliki bentuk yang sangat unik dan berwarna putih kecoklatan. Bagian atas tebing ditumbuhi pepohonan hijau yang rindang yang menambah elok pemandangan di sepanjang sungai.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan antara lain duduk santai di atas tebing yang rendah, berenang, berendam di tepian sungai, berfoto dengan latar alam yang menawan, dan bermain air di area Curug Tonjong yang berada di sekitar Tonjong Canyon.

2. Taman Wisata Karang Resik

Tempat wisata di Tasikmalaya yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Taman Wisata Karang Resik.

Lokasinya berada di Jalan Mohammad – Hatta, Sukamanah, Cipedes. Akses jalannya sangat baik sehingga mudah dilalui oleh kendaraan apapun.

Taman ini dibangun dengan konsep rekreasi dan edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak maupun orang dewasa. Adapun spot wisata yang tersedia meliputi:

– Wahana permainan anak yang terdiri dari Wonderful, Wonderland, Kereta Mini dan Playground
– Area kolam renang
– Flying fox yang panjang lintasannya hingga 140 meter
– Spot selfie yang unik
– Farm house yang memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk berinteraksi dengan hewan-hewan jinak seperti domba, kelinci dan sapi
– Taman bunga
– Taman bermain air
– Istana tanaman hias

Berapa tiket masuknya? Kunjungan saat weekday maupun weekend, dikenai tarif yang sama yakni Rp35.000 per orang.

Tapi, Anda akan diminta membayar lagi untuk memasuki wahana tertentu seperti Farm House, Wonderland, Waterpark, Wonderful dan Flying Fox.

3. Pantai Cipatujah

Jika umumnya kuda yang terlihat di pantai sebagai tunggangan pengunjung, lain halnya dengan Pantai Cipatujah yang ditinggali oleh kawanan kerbau. Unik, bukan?

Kerbau-kerbau disitu dirawat di area peternakan yang tidak jauh dari Cipatujah. Menariknya lagi, kerap diadakan acara Balap Kerbau yang menyajikan tontonan seru. Jadi, kerbau di Pantai Cipatujah hanya bisa dilihat, bukan ditunggangi, ya.

Daya tarik lain dari Pantai Cipatujah yaitu gulungan ombak yang bergemuruh. Terkesan menakutkan tetapi kenyataannya sangat menyenangkan melihat ombak yang besar. Ditambah lagi pasir pantai berwarna hitam yang menambah keeksotisan pantai ini.

Apabila perut keroncongan, jangan khawatir karena banyak penjual makanan yang ada di sekitar pantai. Anda bisa mencicipi berbagai sajian seafood dan segarnya air kelapa muda.

Menjelang malam, sebaiknya jangan dulu beranjak karena pemandangan sunset di Pantai Cipatujah sangat indah. Kegiatan penutup yang berkesan sebelum kembali ke rumah.

4. Pantai Sindangkerta

Selanjutnya, tempat wisata di Tasikmalaya yang hits adalah Pantai Sindangkerta. Tidak perlu kaget sebab kota ini memang memiliki potensi wisata bahari yang besar.

Lokasi pantai cantik ini ada di Desa Sindangkerta, Cipatujah yang memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota Tasikmalaya.

Pantai Sindangkerta terkenal memiliki spot foto yang menawan. Beberapa di antaranya seperti spot akar pohon yang mencuat ke permukaan, sehingga dapat diduduki dengan nyaman dan ayunan kayu panjang yang dikaitkan pada batang pohon.

Ombak pantai terbilang cukup besar sehingga Anda harus berhati-hati saat bermain air di tepian. Pasir pantainya berwarna hitam dan kabar baiknya bersih karena tidak ada sampah yang berserakan.

Bagi yang ingin bermalam, pihak pengelola sudah menyediakan camping ground yang luasnya memadai. Warung-warung juga mudah ditemukan di sekitar pantai sehingga tidak perlu takut kelaparan.

5. Danau Lemona

Mendatangi Danau Lemona sambil menyantap kuliner khas Sunda merupakan ide hari libur yang perlu Anda pertimbangkan. Danau Lemona merupakan wisata air buatan yang dibangun di atas lahan luas.

Alamatnya di Jalan Kawitan, Salopa yang berjarak sekitar 32 km dari pusat kota Tasikmalaya.

Membutuhkan perjalanan selama hampir 1,5 jam untuk sampai di danau buatan yang sedang hits tersebut.

Danau buatannya memiliki ukuran yang cukup besar. Pada sisi seberangnya, dibangun puluhan saung yang digunakan sebagai tempat menyantap makanan.

Letak saung memang sengaja dibuat di seberang danau sehingga para pengunjung harus menyusuri danaunya terlebih dahulu. Unik sekali, kan?

Ada 2 cara untuk sampai di saung, pertama dengan melalui jembatan gantung sepanjang 100 meter yang cukup menantang. Sedangkan opsi yang kedua adalah dengan menaiki perahu kayu mini.

Tersedia juga penyewaan sepeda air bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan danau dari dekat.

Lalu, apa saja jenis kuliner yang disajikan? Pilihannya beragam, mulai dari berbagai olahan ikan, oseng sayur hingga lalapan khas Sunda.

6. Danau Situ Gede

Sama-sama danau, bedanya Danau Situ Gede adalah tempat wisata di Tasikmalaya yang alami, bukan buatan manusia. Luas danaunya sekitar 6 hektar dengan kedalaman kurang lebih 6 meter.

Pemandangan di sekitar danau sangat cantik dan asri karena dipenuhi oleh pepohonan hijau yang rindang.

Pada beberapa sisi, Anda akan menemui semak belukar dan ranting-ranting pohon yang menjorok ke danau. Terlihat sangat eksotis dan cocok dijadikan sebagai latar foto.

Salah satu cara seru untuk menyusuri Danau Situ Gede adalah dengan menaiki perahu wisata. Bentuknya ada yang berupa perahu nelayan mini dan ada juga perahu eretan atau getek.

Alternatif lain adalah dengan menyewa sepeda air yang dapat ditunggangi oleh 2 orang. Lumayan, Anda sekaligus bisa berolahraga menggenjot pedalnya.

Sebagai tempat wisata yang selalu ramai, fasilitas yang tersedia sudah sangat memadai. Beberapa di antaranya seperti gazebo, tempat duduk, toilet, area parkir yang luas dan deretan warung makanan.

Tarif masuk ke Danau Situ Gede sebesar Rp4.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp2.000 untuk anak-anak.

7. Bukit Kacapi

Semua pasti setuju kalau daerah Jawa Barat identik dengan perkebunan teh yang indah, kan? Salah satu tempat wisata di Tasikmalaya ada yang menyuguhkan pesona kebun teh yakni Bukit Kacapi.

Destinasi hits ini terletak di Desa Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya. Jalan menuju Bukit Kacapi cukup sempit dan berkelok-kelok sehingga membutuhkan kehati-hatian yang ekstra selama berkendara.

Area kebun teh di Bukit Kacapi sangat mempesona. Hamparan tanaman teh yang berwarna hijau segar berpadu indah dengan panorama sekitar yang terdiri dari pegunungan dan perbukitan lain.

Anda bisa dengan bebas berjalan menyusuri jalan setapak yang ada di antara rimbunnya tanaman teh.

Menariknya lagi, ada fasilitas kolam renang yang ditujukan untuk pengunjung dewasa dan anak-anak. Sensasi berenang di dataran tinggi jelas berbeda, lho.

Bagi yang ingin sekadar bersantai sambil menikmati alam sekitar, maka bisa duduk di gazebo yang beratapkan jerami. Tempat ini sekaligus dapat Anda manfaatkan sebagai spot foto yang artistik.

8. Wisata Taraju

Selain Bukit Kacapi, Tasikmalaya masih memiliki perkebunan teh lain yang layak dikunjungi yaitu Taraju. Lokasinya ada di Jalan Raya Taraju, Deudeul, Singaparna yang akses jalannya mudah dilalui.

Daya tarik dari Wisata Taraju adalah kesempatan pengunjung untuk melihat proses pemetikan daun teh sekaligus menyeruput teh yang sudah siap seduh.

Tersedia gazebo sebagai tempat yang nyaman untuk menikmati minuman teh dari kebun dan camilan lain yang lezat. Selama bersantai, Anda bisa sekaligus melihat pemandangan alam sekitar yang ciamik.

Hal menarik lain yang dapat dilakukan adalah mengunjungi pabrik teh yang dibangun pada zaman Belanda.

Bangunanya masih berdiri kokoh, tetapi pengunjung hanya dibolehkan untuk melihat dari luar.

Tempat wisata di Tasikmalaya memiliki daya tarik tersendiri yang recommended untuk disambangi saat weekend maupun libur panjang.

Pilihannya beragam, mulai dari wisata air buatan, wisata edukasi dan rekreasi hingga wisata perbukitan. Segera rencanakan liburan Anda dari sekarang, ya!

Berita sebelumya10 Makanan khas Medan Enak dan Lezat
Berita berikutnya10 Makanan Khas Papua yang Menggugah Selera