Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

10 Tips Gerakan Olahraga Pengecil Perut

10 Gerakan olahraga pengecil perut
Table of Contents

Perut yang buncit memang kadang membuat si pemilik perut menjadi malu. Perut yang buncit dapat dihilangkan namun akan sangat sulit. Selain menjaga asupan makanan, Anda juga harus mengimbanginya dengan olahraga untuk mengecilkan perut.

Jangan khawati, artikel berikut akan mengulas tips berolahraga untuk mengecilkan perut dengan lengkap. Yuk simak artikel ini dengan sekasma.

High Intensity Interval Training

1. High Intensity Interval Training
image by: pexels

Olahraga ini sangat efektif untuk mengurangi lemak pada perut dibandingkan kardio tradisional. Pernyataan ini didukung dengan adanya penelitian yang dipublikasikan oleh US National Library of Medicine National Institutes of Health.

Latihan kardiovaskular ini melibatkan olahraga berintensitas tinggi dalam beberapa periode, layanya berlali dan bersepeda, dan diikuti dengan rangkaian aktivitas dengan intensitas rendah namun detak jantung tetap dipercepat.

Plank

Plank
image by: pexels

Olahraga dengan tipe ini sangat menguntungkan bagi Anda yang tidak memiliki peralatan olahraga apapun. Olahraga Plank akan melatih otot yang mengelilingi perut dan akan membentuk postur tubuh menjadi lebih baik. Awali dengan ancang-ancang untuk melakukan push-up dan letakkan tangan di sampin dan kaki selebar bahu. Lakukan kegiatan ini diatas alas yang empuk karena ada potensi untuk terjatuh apabila tangan dan perut Anda tidak kuat menahan beban tubuh Anda sendiri.

Baca Juga: 6 Alasan Anda Harus Berpetualang Alam Bebas

Plank sebaiknya dimulai dengan menarik nafas dan kemudian angkat tubuh secara perlahan. Posisikan lengan sampai sejajar dengan lantai. Pada saat posisi plank, stabilkan tubuh Anda selama mungkin.

Lakukan olahraga ini dengan progress yang meningkat tiap olahraganya. Contohnya, mulailah berolahraga plank selama 30 detik, esoknya ditambah menjadi 1 menit.

Yoga

Yoga
image by: pexels

Yoga sendiri merupakan sebuah kegiatan olahraga yang dapat mengecilkan perut Anda. yoga dapat membakar kalori secara efektif dan sangat membantu tubuh Anda untuk lebih sehat, berenergi, pengelolaan stress, hingga meningkatkan kualitas tidur.

Olahraga ini menuntut Anda untuk memiliki instruktur. Tetaplah berhati-hati saat berolahraga.

Standing Oblique Crunch

Standing Oblique Crunch
image by: pexels

Standing Oblique Crunch adalah olahraga yang dapat menjadi solusi untuk mengecilkan perut buncit Anda. Gerakan ini merupakan pilihan tradisional jika Anda mengalami sakit punggung atau kesulitan berbaring di lantai. Mulailah berdiri dan tambahkan berat 5-10 pon.

Kemudian ayunkan dengan lengan kiri menyentuh kepala dan perlahan turunkan lengan kanan agar tubuh tetap diam. Jangan gerakkan pinggul Anda saat Anda menjulur ke lantai. Setelah Anda melakukan beberapa set, beralihlah ke sisi yang berlawanan untuk set yang sama.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Bicycle Crunches

5. Bicycle Crunches
image by: pexels

Olahraga ini adalah olaharaga yang dapat mengecilkan perut buncit dan cukup menantang. Gerakan ini adalah gabungan dari sit-up dan mengayuh kaki. 

Upward Plank

Upward Plank
image by: pexels

Hampir sama seperti plank pada biasanya, Upward plank hanya dibedakan dengan badang menghadap ke atas. Ambil posisi duduk dengan kaki lurus ke depan dan pastikan lengan lurus lalu tempelkan telapak tangan ke permukaan lantai.

Kencangkan otot perut anda dan kemudian tarik badan ke atas secara perlahan. Dorong perut Anda dengan telapak tangan dan tumit Anda untuk mendorong badan lebih tinggi. Tahan posisis selama beberapa detik dan ulangi dalam satu set.

Baca Juga: 4 Metode Pengiriman Alat Berat

Sit Up

Sit Up
image by: pexels

Olahraga ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai olahraga utama untuk mengecilkan perut sebelum Anda terlelap. Tekuk lutut Anda dalam posisi 90° sambil berbaring. Posisikan kedua tangan Anda pada kedua pelipis Anda dan kemudian dorong badan Anda kedepan. Lakukan gerakan ini dalam beberapa set dengan minimal 8 kali repitisi.

Renang

Renang
image by: pexels

Tidak hanya dapat mengecilkan perut, olahraga ini juga dapat memelihara otot dan menjaga kekuatan tulang. Anda sangat disarankan untuk melakukan olahraga renang ini paling tidak selama 20-30 menit sebanyak 3 kali seminggu. 

Baca Juga: Macam-macam Gaya dalam Berenang

Side Plank

Side Plank
image by: pexels

Hampir sama seperti Plank biasa pada umumnya, olahraga jenis ini akan mengecilkan perut Anda dan melatih core strength. Posisi side plank membutuhkan Anda untuk memberikan tumpuan bobot tubuh pada satu sisi tubuh.

Flutter Kick

Flutter Kick
image by: pexels

Olahraga ini dapat dilakukan untuk mengecilkan perut Anda tanpa menggunakan alat apapun. Anda hanya perlu berbaring diatas alas tertentu sambil menghadap ke langit-langit rumah. Angkat kedua kaki Anda secara bergantian seperti berenang menggunakan gaya punggung. Pertahankan posisi ini agar tetap tegak selama 20 detik.

Artikel ini ditulis oleh: Faisal Tegar Febrian

Sumber/Referensi: 

https://www.orami.co.id/magazine/olahraga-mengecilkan-perut

https://www.sehataqua.co.id/berbagai-macam-olahraga-untuk-mengecilkan-perut/

× Customer Service