Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

5 Tips Kirim Barang Aman selama Pandemi

cara aman terima paket saat pandemi

Pandemi Covid-19 telah melanda Indonesia lebih dari dua tahun. Segala jenis industri turut terdampak, dan tak sedikit pula yang harus kolaps dan menyerah pada keadaan. Namun demikian, industri pengiriman barang justru mengalami peningkatan yang cukup signifikan, sehingga segmen industri ini terus berkembang. Hal ini mungkin dikarenakan aktivitas kirim barang yang juga tinggi, karena dipengaruhi berbagai faktor.

Mobilitas masyarakat yang dibatasi kemudian mengkondisikan publik untuk melakukan alokasi belanja melalui berbagai platform digital. Mulai dari belanja dari media sosial, hingga ke situs resmi atau marketplace, semua menjadi kanal yang lebih dipilih daripada harus datang secara fisik ke tokonya. Tentu saja, hal ini kemudian semakin lancar ketika ditunjang dengan keberadaan layanan kirim barang yang handal.

Tapi bagaimana dengan pengiriman barang untuk keperluan bisnis dan industri selama pandemi Covid-19 ini?

Kirim Barang Industri dan Bisnis selama Pandemi

Ternyata urusan bisnis dan industri di seluruh Indonesia terus berjalan. Pada sektor industri cargo, tercatat cukup banyak pengiriman yang dilakukan. Mulai dari barang rumah tangga seperti kasur, lemari, motor, mobil, perabotan besar, dan berbagai barang lain, didistribusikan dari satu lokasi ke lokasi lain secara kontinyu.

Hal yang sama juga terjadi pada pengiriman barang-barang bisnis dan industri. Perkembangan industri di berbagai daerah, di semua pulau, mengalami pertumbuhan yang pesat. Pembangunan pabrik, proyek pemerintah, hingga industri kecil dan menengah, semua memerlukan jasa kirim barang untuk membantu operasionalnya.

Untuk membantu industri seperti ini, distribusi barang perlu dilakukan. Mulai dari alat berat, alat industri, sparepart , hingga kendaraan-kendaraan besar penunjang pembangunan infrastruktur, semua harus dipindahkan secara cepat tanpa mengenal situasi pandemi yang terjadi.

Lalu dengan semua pembatasan yang harus dilakukan ini, apakah ada cara kirim barang yang aman dan tetap efektif?

Tips Aman dan Efektif Kirim Barang

Nah, untuk Anda, baik pelaku bisnis atau masyarakat umum, yang sama-sama harus beradaptasi dengan kebiasaan baru selama pandemi ini, berikut ada beberapa tips aman dan efektif kirim barang. Tentu, tujuannya agar Anda tetap aman namun bisnis tetap berjalan optimal.

Manfaatkan Aplikasi

Pertama dan utama, sebisa mungkin gunakan aplikasi pendukung dalam pengiriman. Memang tak hanya jasa kirim barang cargo yang memiliki aplikasi, namun setidaknya dengan begini Anda sudah bisa melakukan seleksi secara langsung. Pastikan menggunakan jasa pengiriman yang memiliki aplikasi untuk pemesanannya, sehingga Anda tak perlu keluar rumah ketika akan mengirim barang, berapapun dimensi atau beratnya.

Layanan Penjemputan

Pengiriman paket atau barang juga tak sedikit yang mengharuskan Anda membawa barang ke agen atau mitra dari jasa pengiriman tersebut. Namun demikian jika Anda cermat, ada saja jasa kirim barang yang menyediakan fitur penjemputan. Memang mungkin akan menambah sedikit biaya, namun demi tidak keluar rumah, tidak masalah bukan? Terlebih jika ada jasa pengiriman barang yang memberikan fitur penjemputan gratis, tentu wajib Anda manfaatkan secara maksimal!

Transaksi Touchless dan Kurir Profesional

transaksi touchless saat pandemi

Untuk mengurangi sentuhan dan resiko penularan virus berbahaya, wajib hukumnya untuk memilih layanan yang menyediakan layanan touchless. Jadi apapun barang yang akan Anda kirimkan, Anda tinggal meletakkannya di titik pengambilan, untuk kemudian diproses oleh kurir yang menjemput barang. Hal ini akan lebih maksimal ketika kurir jasa pengiriman memiliki pengalaman dan profesional dalam menangani pengiriman barang yang Anda perlukan.

Pembayaran Digital secara Langsung

Setelah barang diambil, biasanya barang akan diukur, baik bobot atau volumenya untuk memperkirakan ongkos kirim yang harus Anda bayarkan. Nah, untuk pembayaran ini, akan bisa dilakukan dengan dua cara, yakni pembayaran secara langsung dan pembayaran dengan cara digital. Disarankan untuk melakukan pembayaran secara digital, baik melalui payment gateway yang disediakan atau transfer antar bank. Pastikan nomor rekening dan tarifnya benar, baru kemudian lakukan pembayaran.

Tracking Terkini

Dengan bantuan fitur yang ada di aplikasi atau bantuan layanan konsumen, urusan kirim barang yang Anda perlukan bisa dilacak secara real time. Posisi barang bisa diketahui dengan cepat, dan kendala yang Anda alami juga akan menemukan solusi terbaik melalui layanan konsumen yang disediakan. Ingat, keberadaan layanan konsumen ini penting untuk membantu pelacakan dan menyampaikan komplain ketika terdapat keluhan, jadi pastikan Anda memilih jasa pengiriman yang benar-benar berdedikasi pada kepuasan pelanggannya.

5 indikator di atas bisa Anda jadikan acuan dalam memilih jasa kirim barang cargo yang ideal, agar urusan pengiriman bisa diselesaikan dalam waktu yang efisien. Tentu, satu variabel yang wajib Anda dapatkan adalah harga termurah untuk setiap kilogramnya.

× Customer Service