Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Tips Lolos Ujian PPPK Tahun 2023

Sejak tanggal 21 Desember 2022 lalu, pendaftaran seleksi PPPK sudah mulai dan dijadwalkan tanggal 10 Maret sampai 3 April 2023 nanti akan ada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tentunya Anda perlu mempelajari materi, sering berlatih soal, sharing pengalaman, dan tak lupa berdoa. Jadi sudah sejauh mana Anda siap untuk ujian PPPK di tahun 2023?

Terhitung setelah masa pendaftaran ditutup yaitu tanggal 6 Januari 2023, maka Anda masih memiliki waktu 2 bulan lagi untuk mempersiapkan segalanya. Tentu saja lolos ujian PPPK menjadi salah satu impian dan resolusi Anda di tahun 2023 ini. Namun, hal tersebut mustahil jika Anda tidak belajar lebih untuk menghadapi ujian. 

Agar Anda bisa lolos ujian PPPK, yuk simak tipsnya yang bisa menjadi hingga 90% kelulusan ujiannya loh:

Pelajari Materi Ujian

6qFmAIjLUHCaeqX7ibIv7yMwYZtTZSs4VM s6xO6YgPPgUq5Z mI2X9Sog06kOHLex4WTcXP nrOuIOwEnZYeKUB3Dy7ugxY5VFEZu7bhsTtB5VxqG5mX75 WmgGuOzE2EgJNlM7r1gnweTWM3GBae6e754mwUWvn 5sOc1C9
Sumber: https://unsplash.com/photos/fJXv46LT7Xk

Dalam menghadapi ujian apapun, tentu menguasai materi ujian menjadi hal utama yang perlu Anda lakukan. Khusus untuk PPPK ada empat materi ujian yang perlu Anda kuasai yaitu kompetensi teknis (sesuai dengan bidang yang dilamar), manajerial, sosiokultural, dan pertanyaan wawancara. Jumlah pertanyaan diprediksi mencapai 160 soal, yang akan Anda jawab dalam kurun waktu yang ditentukan. Maka, khusus untuk materi Anda tidak perlu terlalu jauh mempelajari materi diluar empat poin tadi. Anda bisa mendapatkan materi ini dari sumber internet yang terpercaya atau mengikuti program khusus persiapan ujian PPPK.

Berlatih Soal

kSQZTu41vzRMA4rTLCAhc1OU7Gg63pWR2vSXw9wiivCG2i uXwMAb4JO2QZOQOtYXWbALerLDkethyza od1doPLYxmtnJ53EN5jZSYV148pe98gEi8159w9NX3yYXd7qVRpOV5VxLwAI9FGI6UFgnzY5517yJZdX3SctWDShDCWUervbf4 gWlR03j88w
Sumber: https://unsplash.com/photos/oXV3bzR7jxI

Setelah Anda mengetahui materi yang akan diujikan, maka selanjutnya perlu untuk sering berlatih. Memperbanyak latihan soal akan membiasakan diri Anda untuk mudah menganalisis jenis soal. Latihan soal juga akan melatih kecepatan Anda dalam menjawab soal, semakin sering berlatih maka kemampuan menjawab semakin cepat. Latihan soal bisa Anda lakukan secara online maupun dari buku panduan.

Sharing Pengalaman 

7k6uy76os9nxBE4L oCy9SndHo5bqGFCW3tN vuA5zwToROToP5JO ZVYc68rma

Ada banyak informasi yang terkadang tidak bisa didapatkan dari materi ataupun latihan. Maka berdiskusi dengan teman/rekan yang sudah lulus ujian di tahap sebelumnya merupakan cara jitu yang bisa Anda latihan. Biasanya mereka akan memberikan informasi praktis di lapangan dan tips yang unik, namun memiliki efektifitas yang cukup baik. Diantara orang di lingkungan Anda, pasti ada yang sudah lulus maka Anda bisa mulai coba menghubungi mereka ya.

Berdoa

KOj5gQsGJPSV8oCJAyJPxMRDLBxnL7uQCfnejxaJpUFmP kvKQzlDjJPNiDWm0ceXiYrTDCfl1O41xKpUP3A50YohJhvXmcXgT2sLlFHMZ2J4OmiLPXI9cw2uvApFwM9jKaDBoTZBzVPahzkH4W6sbzPYRhONVu0sNDgMQ3vkLh CCO qSQkkjzqr6Yfw
Sumber: https://unsplash.com/photos/HtwsbbClBOs

Ini adalah tahap yang paling penting yang perlu Anda lakukan. Terkadang lupa, padahalnya ada banyak keajaiban yang terjadi dengan Anda berdoa. Maka luangkanlah waktu Anda untuk berdoa dan meminta doa kepada orang tua, guru, teman, saudara, dan orang-orang terdekat Anda. Jadikan doa ini untuk menyempurnakan perjuangan Anda dalam menghadapi ujian PPPK di tahun 2023 ini.

Nah, jika empat tips itu Anda lakukan dengan konsisten maka Anda sudah mempersiapkan 50 persen dari kelulusan Anda. Jika Anda serius mengikuti ujian PPPK ini maka kerja keraslah sampai Anda mencapai tujuan. PPPK memiliki kelebihan baik dalam hal materi dan fasilitas lainnya, sehingga Anda harus memperjuangkannya. Good luck!!!

× Customer Service