5 Tips Membeli Ban Motor Baru yang Kuat dan Berkualitas

Last Updated on 31 Oktober 2023

tips membeli ban motor baru

Penting untuk mengetahui bahwa ban merupakan elemen yang paling vital bagi kendaraan bermotor. Tentu saja, hal ini sangat berpengaruh terhadap kenyaman Anda dalam melakukan perjalanan.

Hal yang tidak kalah pentingnya lainnya ialah penyebab terjadinya kecelakaan di jalan disebabkan oleh kondisi ban sepeda motor yang kurang baik. Maka, sebagai pengemudi yang sadar akan keamanan, sudah seharusnya Anda mengetahui tips membeli ban motor baru sebelum Anda berkendara.

Untuk membantu Anda yang memiliki persoalan demikian, kami akan membantu Anda menemukan solusinya melalui artikel yang bertajuk 5 Tips Membeli Ban Motor Baru yang Kuat dan Berkualitas.

Yuk, cek 5 tips di bawah ini! TrawLbens dengan penuh antusias memberikan tips-tips di bawah ini untuk memastikan perjalanan Anda yang aman bersama sepeda motor kesayangan Anda.

TRAWLPACK

5 Tips Membeli Ban Motor Baru

  • Perhatikan Kode Ban Motor

Sebelum hendak membeli ban motor yang baru, pastikan bahwa anda telah memahami kode angka yang terletak di sisi ban motor. Di setiap Kode ban motor pasti memiliki kode khusus, karena hal tersebut ditampilkan untuk mengetahui spesifikasi ban tersebut.

Biasanya, kode ban seperti 120/70 R 17 M menandakan bahwa ban tersebut memiliki lebar tapak ban yaitu 120 mm, ketebalan sisi yaitu 70 mm dan angka 17 M merupakan batas kecepatan maksimum dalam berkendara.

  • Perhatikan Kode Produksi Ban Motor

Selain itu, Anda harus memperhatikan kode produksi ban. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mengetahui kapan ban yang hendak Anda beli diproduksi. Perlu kita ketahui bahwa tidak hanya manusia yang memiliki umur, begitupun dengan Ban. Adapun kode produksi ban seperti kombinasi 4 angka ‘2523’. Angka ini mengisyaratkan bahwa produksi ban ini dibuat pada minggu ke 25 tahun 2023.

  • Amati Jenis-Jenis Ban Motor

Sebagai rider, tentunya Anda harus memperhatikan jenis ban motor yang sesuai dengan jenis sepeda motor dan track perjalanan yang akan Anda tempuh. Hal ini bertujuan agar performa

 motor dan keamanan Anda selama perjalanan dapat terjaga dengan optimal.

Berikut jenis-jenis ban motor yang perlu Anda ketahui bersama, di antaranya ialah:

  1. Ban Standar

Ban ini umumnya dipadukan dengan sepeda motor untuk penggunaan daily, sehingga dengan menggunakan ban standar dalam kondisi jalan raya yang normal, Anda akan menikmati perjalanan Anda dengan nyaman dan aman.

  1. Ban Sport

Ban ini umumnya dipadukan dengan sepeda motor yang memiliki kecepatan tinggi seperti Kawasaki Ninja H2R, Yamaha R15, Kawasaki Ninja 250 Fi, dan motor sport lainnya.

  1. Ban Touring

Ban ini didesain khusus kendaraan jarak jauh seperti motor Harley, Triumph, Royal Enfield, dan motor touring lainnya. Ban ini biasanya dirancang untuk penggunaan jangka panjang

  1. Ban Off-Road

Ban ini didesain khusus untuk motor off-road seperti Honda CRF150L, Kawasaki KLX 150, D-Tracker, dan motor off-road lainnya. Biasanya penggunaan ban ini untuk jalur pacu yang bertanah maupun berpasir.

  • Jangan Lalai Memilih Kualitas Ban

Pemilihan kualitas ban yang baik dapat memengaruhi performa motor yang Anda gunakan. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa ban yang akan Anda beli memiliki daya tahan lama dengan didukung daya cengkeram yang optimal buat sepeda motor Anda.

  • Sesuaikan Ban Anda dengan Jalur Pacu yang Ditempuh

Pada intinya, ketika Anda telah menentukan jenis ban yang cocok dengan penggunaan motor Anda dalam kehidupan sehari-hari, Anda dapat memilih jalur pacu yang sesuai , sehingga ban baru yang akan Anda beli dapat menjaga performa motor Anda dengan baik dan optimal.

Baca juga: Bikin Anda Yakin! Berikut 5 Tips Membeli Ban Mobil Bekas

Penutup

Sebagai pengemudi motor yang bijak, pastinya Anda sadar terhadap keamanan berkendara di jalan. Maka dari itu, artikel yang TrawLbens sajikan ini dapat membuat Anda lebih sadar lagi terhadap tips membeli ban motor baru sebelum Anda memilih ban yang tepat.

Namun, kami akan menawarkan cara yang praktis buat Anda yang berkeinginan untuk mengirim ban motor ke seluruh wilayah Indonesia.

Bersama aplikasi ekspedisi TrawLbens yang dapat kalian unduh di Play Store dan App Store, menjadi solusi bagi Anda untuk mengirimkan segala jenis ban kepada orang yang ingin Anda tuju.

Perlu digaris bawahi bahwa kami menyediakan jasa pengiriman barang yang simple dan praktis. Berbasis teknologi tingkat tinggi, kami menjadi jasa pengiriman barang yang menghemat uang Anda. Jadi, segera gunakan layanan TrawLbens sepuas Anda! Nikmati beragam layanan menarik lainnya.