Overthinking merupakan salah satu perilaku atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang dalam memikirkan sesuatu secara berlebihan dan menjurus kearah negatif. Overthinking sering kali terjadi tanpa disadari karena datang sebagai bentuk perasaan ‘waspada’ atau ‘selalu terencana’.
Efek sedemikian rupa yang dihasilkan oleh overthinking sering kali menimbulkan hal negatif yang sulit untuk dikenali. Kecemasan dan rasa takut yang ada menjadi salah satu penyebab overthinking hadir mempengaruhi pemikiran. Keadaan yang dapat memicu kegiatan overthinking bisa di terjadi di dunia kerja.
Sebagai seorang karyawan tentu memiliki beragam tanggung jawab yang sering kali harus dilakukan dan dilalui seorang diri. Kecenderungan tidak ingin melewatkan sesuatu membuat seseorang akan teru-menerus memikirkan hal yang itu-itu saja.
Agar overthinking tidak mengganggu proses kerja kamu, simak tips menghindari overthinking dalam dunia pekerjaan.
Hindari Bersikap Perfeksionis
Pada umumnya energi akan habis bagi seseorang yang gemar merencanakan sesuatu dengan baik dan perfeksionis dalam menghadapi sebuah perencanaan project. Seorang perfeksionis akan terus memikirkan detail-detail kecil sekalipun yang sebelumnya belum tentu memiliki sebuah dampak. Pada dasarnya tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jika terus-menerus dilakukan hal ini akan membuat Anda semakin tersiksa sendiri karena terus berkeinginan melakukan pekerjaan kantor dengan sempurna.
Belajar Percaya Rekan Kerja
Agar tidak overthinking sendirian, jangan lupa bahwa Anda memiliki tim yang siap membantu Anda dalam mengatasi pekerjaan. Jangan terlalu memaksa diri sendiri untuk mengerjakan seluruh tugas sendiri agar dapat mencapai sesuatu yang diinginkan, ajak dan konsultasikan ide bersama rekan se tim mu agar terjalin kerjasama yang baik dan kesehatan mental yang kuat.
Istirahat Jika Membutuhkan
Jika pikiran sudah mulai kalut memikirkan pekerjaan, ambilah waktu istirahat untuk jeda mendapatkan udara segar atau sekedar berbincang santai dengan karyawan lainnya. Jangan paksa tubuh dan pikiran Anda jika sudah mulai merasakan beban pikiran sedang menumpuk agar dapat kembali fresh dan tenang melanjutkan pekerjaan.
Berpikir Positif
Kalah Kan pikiran negatif yang membuat hidupmu tidak tenang agar kenyamanan dalam mengerjakan pekerjaan dapat dilakukan secara mudah. Jangan biarkan pikiran negatif menguasai dan mempengaruhi kegiatanmu dalam menjalani pekerjaan. Berpikirlah dengan positif agar hasil yang diharapkan dapat sesuai dengan kinerja yang telah dilakukan.
Ciptakan Suasana Kantor Nyaman
Agar karyawan kantor tidak sering overthinking, jangan lupa untuk melakukan sesi pendekatan diri antar karyawan dengan melakukan kegiatan bersama seperti makan bersama sehabis jam kantor, melakukan olahraga bersama di luar kantor, melakukan sesi game antar karyawan di hari yang telah ditentukan, kegiatan tersebut akan menciptakan suasana kantor menjadi lebih nyaman dan tidak tegang.
Kenali gangguan overthinking dalam dunia kerja, agar Anda bisa terhindar dari gangguan seperti overthinking yang bisa memicu stress atau depresi dalam melakukan sebuah pekerjaan.
Referensi:
https://riliv.co/rilivstory/mengatasi-overthinking-karyawan/