HomeSeputar Dunia Logistik5 Tips Packing Barang yang Aman dan Siap Kirim

5 Tips Packing Barang yang Aman dan Siap Kirim

Lima Tips Packing Barang yang Aman dan Siap Kirim – Sebagai pelanggan atau pengirim, anda harus memperhatikan keamanan barang saat dikirim oleh jasa ekspedisi kargo. Kita tau sendiri bahwa banyak komplain yang berasal dari keamanan barang disaat pengiriman, ada yang barangnya penyok ketika sampai, bahkan sampai rusak total. Apalagi bagi anda yang punya bisnis online. Hal ini tentunya akan menyebabkan kerugian bisnis anda.

Walaupun jasa ekspedisi punya jaminan keamanannya sendiri, ada baiknya anda tetap mempersiapkan segala kemungkinan buruh dengan cara mengetahui tips packing yang aman. Dengan itu, anda bisa lebih menimalisir kerusakan barang saat pengiriman baik lewat udara, laut maupun darat. Detil kecil dalam pengemasan barang bisa menimbulkan kerusakan yang ga sepele juga, lho. Selain itu, anda bisa menghemat ongkir dengan mengetahui tips packing barang yang aman dan baik

Nah, berikut 3 tips packing yang aman ala Trawlbens: 

1. Gunakan Bubble Wrap dan Kardus sebagai Pelapis Barang Anda

Tips Packing Barang yang Aman

Melapisi barang dengan bubble wrap adalah tips packing barang yang paling umum digunakan. Demi pengiriman barang yang aman, bubble wrap ini akan menjadi perlindungan dalam perjalanan. Anda juga bisa menambahkan kardus atau karton dengan cara membungkusnya lagi. Jika di dalam satu kardus bekas ada beberapa barang, ada baiknya setiap barang tersebut dilapisi bubble wrap dahulu.

Untuk lapisan terluar, pilih kardus atau karton dengan bahan yang bagus dan keras. Bila perlu gunakan kardus baru untuk kurangi resiko kerusakan, karena kardus yang bekas sudah kehilangan kekuatannya. Tips tambahan, manfaatkan koran bekas untuk menutupi celah didalam kemasan yang membuat barang didalamnya bergerak-gerak.

Baca juga: Ekspedisi dari Banjarmasin ke Maluku Kirim 10kg Gratis Pickup

2. Packing Kayu untuk Barang Mudah Pecah dan Makanan

Jika mengirim barang pecah belah, seperti piring ataupun kirim makanan, anda harus menggunakan pelapis kayu atau packing kayu. Karena kardus dan bubble wrap saja tidak cukup kuat untuk mengurangi dampak benturan saat perjalanan. Namun, anda disarankan untuk tetap melapisi dengan kardus dan bubble wrap. Anda tidak perlu khawatir jika tidak bisa membuat packing kayu. Karena setiap jasa ekspedisi biasanya bisa membantu anda. 

Selain barang pecah belah dan makanan, beberapa barang dengan nilai tinggi seperti komputer, alat musik dan barang elektronik lainnya juga disarankan untuk pakai packing kayu. Karena kemasan kayu ini punya kelebihan dalam perlindungan mekanis yang baik bagi barang-barang didalamnya dan tetap menjaga barang kiriman anda dari tekanan dan tumpukan barang yang banyak.

3. Tempel stiker peringatan

Tips selanjutnya yang ga kalah penting adalah stiker fragile atau peringatan barang pecah belah. Anda bisa tempelkan stiker fragile ini pada permukaan kardus atau packing kayu. Hal ini bertujuan untuk memperingatkan kurir dari ekspedisi agar lebih hati-hati dalam memindahkan barang anda. Tips ini sangat penting bagi anda yang ingin mengirim barang pecah belah atau elektronik. Tentunya, anda tidak mau jika barang sampai di tempat tujuan dengan keadaan rusak, penyok atau cacat.

Menariknya, anda bisa menggunakan desain stiker yang beragam sesuai kreatifitas. Banyak contoh stiker fragile yang unik-unik, misalnya: mudah patah seperti hatiku, jangan dibanting apalagi digantung. Kurir atau pelangganmu pun akan senyum-senyum sendiri kalau lihat paket kiriman dari anda.

4. Gunakan Jasa Ekspedisi Terpercaya

Tips terakhir adalah pilih jasa ekspedisi yang terpecaya dan berpengalaman dalam mengirim barang. Trawlbens sendiri punya spesialisasi dalam pengiriman barang diatas 10 kg, atau barang besar. Semakin berat barang, ongkir bisa lebih murah. Ongkir termurah bisa hingga Rp 2.500/kg. Sebagai jasa ekspedisi kargo berbasis aplikasi pertama di Indonesia, Trawlbens tawarkan pelayanan yang tidak tanggung-tanggung. Trawlbens memberikan pelayanan penjemputan dan antar sampai depan rumah anda atau layanan door to door. Jadi anda tidak perlu repot untuk mengantarkan barang ke tempat pengiriman. Anda bisa menghubungi atau kunjungi website Trawlbens sekarang juga.

Ekspedisi dari Bandung ke Papua

Nah, setelah tau tips packing barang yang aman dan siap kirim diatas, anda tidak perlu takut barang anda rusak saat pengiriman. Jika anda punya bisnis, tips ini sangat bisa mempengaruhi pandangan pembeli produk anda. Jika, kemasan rapih dan aman, pelanggan pun akan senang, dan bisa meningkatkan penjualan anda. Jangan lupa untuk praktikan tips ini jika anda ingin mengirim barang, ya.

RELATED ARTICLES
New Post

Recent Comments