Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

6 Tips Sukses Memulai Bisnis Rumahan

Di dunia yang modern ini, terdapat banyak sekali peluang bisnis yang menjanjikan. Apabila Anda ingin menjalankan binsin rumahan, Anda dapat memberikan waktu luang untuk sang buah hati.

Bisnis yang dilakukan secara rumahan adalah bisnis yang dimulai dari sekala kecil, baik dalam bentuk coba-coba, usaha sampingan, atau usaha untuk menambah pundi-pundi uang. Apabila usaha yang Anda lakukan laris, maka barulah Anda kayak untuk mempertimbangkan usaha Anda untuk dikelola dengan profesional.

Dalam kasus lain, Ada pula pengusaha yang memang ingin menetapkan bahwa binsin rumahan adalah profesi utama. Usaha ini dapat dilakukan dengan hal yang sederhana dan dimulai dari dapur, garasi, teras, atau ruang tamu Anda.

Baca Juga: 3 Konsep Dasar Memulai Usaha di Media Sosial

Tentu saja untuk menggerakan suatu bisnis diperlukan motivasi yang kuat. Apapun motivasinya, bisnis rumahan dapat meningkatkan kedekatan Anda kepada keluarga dan memaksimalkan waktu kepada buah hati.

Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan bisnis secara rumahan. Yuk simak tips berikut ini untuk memulai bisnis rumahan Anda.

1. Apa Passion Anda?

Apa Passion Anda melukis
images by: Pexels

Pelaku usaha rumahan biasanya dimulai dengan untuk mempertimbangkan beberapa aspek sebelum melakoni suatu bidang usaha tertentu. Alasan yang paling mendasar bagaimana seorang pelaku usaha menjalankan usahanya adalah dengan mempertimbangkan passion.

Tentunya setiap orang memiliki passion-nya tersendiri. Passion sendiri merupakan sebuah gairah yang teramat besar sehingga dapat menggerakan seseorang secara sadar untuk melakukan sesuatu. 

Contohnya, apabila Anda memiliki passion dalam memasak, Anda sebaiknya mulai berjualan cemilan kering ke berbagai daerah. Contoh lainnya, apabila Anda orang yang suka dan mencintai seni seperti melukis, Anda dapat mulai melukis di rumah dan menjual lukisan Anda.

2. Modal, Modal, dan Modal

Modal, Modal, dan Modal!
images by: Pexels

Jangan terburu-buru untuk memulai suatu bisnis rumahan Anda! Perhatikan banyak faktor yang akan menghambat perjalanan bisnis Anda. salah satu yang dapat memperlancar bisnis Anda adalah dengan modal yang mencukupi.

Berapa modal yang harus Anda siapkan? Jawabannya bergantung dengan bisnis yang akan Anda laksanakan. Modal usaha wajib Anda perhitungkan dengan baik dan dengan sedemikian rupa. 

Baca Juga: Begini Cara Menghitung Omset dengan Benar, Pebisnis Wajib Tahu!

Dengan menghitung modal, Anda dapat memperkirakan skala usaha, perputaran uang, lamanya untuk balik modal, dan evaluasi perkembangan usaha rumahan Anda. 

Gunakan uang dengan semaksimal mungkin dan seefisien mungkin. Apabila Anda masih dapat menggunakan barang yang telah tersedia, Anda tidak perlu berpikir untuk membeli barang yang lebih baru.

3. Keunikan Produk Sebagai Identitas Produk Anda!

Keunikan Produk Sebagai Identitas Produk Anda!
images by: Pexels

Produk yang akan Anda jual sama dengan produk yang telah di jual di pasaran? Berikan identitas yang unik agar dapat membedakan produk Anda dengan produk lainnya.

Setiap produk yang dipasarkan tentunya memiliki banyak kesamaan antara satu sama lainnya. Hal tersebut memberikan kebingungan bagi konsumen barang untuk memilih produk apa. 

Produk yang ingin Anda jual ke pasar tentunya membutuhkan keunikan tersendiri. Umumnya, orang akan memilih yang paling unik diantara yang lainnya. Apabila ada produk dengan bentukan yang sama, tentunya lebih banyak orang untuk memilih barang yang paling unik. 

Baca Juga: 6 Ide Bisnis Dropship Untuk Pemula, Auto Cuan!

Keunikan dapat diproduksi dari nilai pada barang yang Anda produksi. Buatlah barang dengan keunikan tersendiri sehingga dapat menjadi identitas dari produk Anda.

4. Iklan itu Penting!

Iklan itu Penting!
images by: Pexels

Intensitas persaingan antara pengusaha bergantung pada produk yang ingin diperjualbelikan. Promosi terkadang dilakukan dengan berbagai cara yang salah satunya adalah dari mulut ke mulut. Namun, saat ini Anda dapat memaksimalkan kegiatan penjualan dengan menggunakan layanan endorsment yang biasanya diberikan oleh para selebritas di berbagai media sosial. Anda juga dapat memaksimalkan penjualan dengan melakukan promosi menggunakan akun pribadi bisnis Anda.

5. Pelayanan Terbaik Khusus untuk Konsumen

Pelayanan Terbaik Khusus untuk Konsumen
images by: Pexels

Konsumen adalah raja bagi usaha Anda. pengalaman konsumen dalam melakukan kegiatan transaksi, penggunaan produk, dan pengiriman barang tentunya akan menjadi sebuah alasan yang mendasar untuk melakukan pembelian kembali.

Apabila konsumen kecewa dengan pelayanan yang Anda berikan, kemungkinan konsumen tidak akan membeli produk Anda atau bahkan memviralkan (secara negatif) usaha yang Anda lakukan.

6. Gunakan Layanan Pengiriman yang Terpercaya

kurir tersenyum pexels
image by: pexels

Pengiriman barang merupakan salah satu hal mendasar yang harus Anda pikirkan secara matang. Tidak semua layanan jasa ekspedisi dapat mengirimkan berbagai barang ke berbagai wilayah di Indonesia dengan harga ongkos pengiriman yang murah.

Kendati demikian, lahir sebuah layanan eskpedisi bernama Trawlpack dari Trawlbens yang dapat mempermudah segala hidup ekspedisi Anda. Salah satu rute yang dilayani oleh Trawlbens adalah rute ekspedisi Jakarta Semarang dan ekspedisi Jakarta Surabaya.

× Customer Service