Segera Lakukan Uji Emisi Kendaraan Anda Di Tahun 2021 Ini!

Uji EMisi
Images by: Trawlbens
Daftar Mitra TrawlBens

TrawlbensPengujian emisi atau uji emisi merupakan salah satu upaya pengujian untuk mengetahui unjuk kerja mesin dan efisiensi pembakaran suatu mesin kendaraan seperti motor dan mobil.

Dapat dilihat dari laman resmi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang dapat anda akses dengan mudah, uji emisi adalah salah satu keharusan yang harus dilakukan untuk setiap orang yang memiliki kendaraan roda dua maupun empat sesuai Pasal 206 Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Pengujian Emisi Kendaraan menentukan ketentuan khusus terhadap kelulusan jenis kendaraan tertentu sudah sesuai standar. Untuk kendaraan yang lulus uji emisi dapat membantu memberi efek positif pada lingkungan dan Kesehatan pada kendaraan itu sendiri nantinya.

Pengujian emisi kendaraan ini sedang ramai-ramainya diperbincangkan karena rencana pemerintah untuk melakukan Pengujian emisi kendaraan wajib dilakukan di DKI Jakarta mulai 13 November 2021.

Namun, setelah 13 November 2021, polisi hanya akan memberi peringatan pada pengemudi yang tidak dan belum menjalani tes emisi.

Sanksi penilangan masih belum diberlakukan karena jumlah kendaraan yang diuji tingkat emisinya masih sedikit. Polisi telah melaporkan bahwa masih kurang dari 10 persen kendaraan telah menjalani atau lulus pengujian emisi.

Sanksi ini berlaku mulai 13 November 2021. Kewajiban Pengujian emisi kendaraan tercantum pada Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 mengenai Pengujian Emisi Kendaraan Bermotor.

Pengujian emisi kendaraan dilakukan terhadap mobil penumpang perorangan dan sepeda motor yang telah beroperasi di Jakarta lebih dari tiga tahun.

Pentingnya Uji Emisi Untuk Kendaraan

Melakukan pengujian emisi adalah wajib bagi pemilik mobil dan motor. Kewajiban ini secara jelas tertera dalam Pasal 206 Keputusan Nomor 22 Tahun 2021 mengenai hal Perlindungan Lingkungan Hidup dan Penyelenggaraan Perlindungan Lingkungan Hidup.

Maanfaat Melakukan Uji Emisi Untuk Kendaraan

Kendaraan yang lolos uji emisi dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan dan kehidupan kendaraan itu sendiri. Manfaat dari dilakukan nya pengujian emisi adalah:

1. Uji emisi memberikan informasi terkini tentang kondisi kendaraan dan efektivitas pembakaran bahan bakar di mesin kendaraan untuk menunjukkan apakah kendaraan dalam kondisi baik dan sesuai standart untuk digunakan.

2. Uji emisi membantu mengurangi polusi udara dari knalpot kendaraan.
Oleh karena itu, hal tersebut merupakan salah satu bentuk perlindungan mobil pribadi dan pelestarian lingkungan. Untuk lulus dari test pengujian emisi dan mencapai umur pakai yang panjang, Anda dapat merawat kendaraan setiap hari, memenuhi spesifikasi kendaraan, menggunakan bahan bakar oktan tinggi dan belerang rendah.

sudahkah Anda melakukan pengujian emisi kendaran Anda? Hingga saat ini,berlaku bebas biaya uji emisi di beberapa lokasi di Jakarta dan Tangerang. program pengujian tanpa dipungut biaya sepeserpun ini antara lain dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam mendukung program pemerintah.

Sanksi Terhadap Pelaku Pelanggaran Uji Emisi

Dapat dilihat pada Pasal 285 dan 286 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Denda maksimal yang akan dikenakan untuk pelaku pelanggaran uji emisi adalah Rp 250.000 untuk sepeda motor dan Rp 500.000 untuk Mobil.

Berdasarkan Pergub DKI Jakarta Nomor Tahun 2020 Nomor 66, pelanggaran uji emisi juga dikenakan Biaya parkir yang lebih tinggi untuk retribusi parkir sebesar Rp7.000 per jam di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta yang diintegrasikan ke dalam uji emisi. data.

Beberapa lokasi yang akan dikenakan tarif parker seperti diatas di antaranya adalah IRTI Monas, Blok M Square, Samsat Jakarta Barat, Pasar Mayestik, dan Terminal Park and Ride Kalideres. berikut dapat dilihat daftar bengkel yang melayani pengujian emisi kendaraan.

Daftar bengkel motor yang dapat melakukan Uji Emisi

1. PT Arista Sukses Mandiri bengkel yang berlokasi di Jalan Raya Kalimalang No 19 Duren Sawit

2. PT Tunas Ridean Tbk bengkel yang berlokasi di Jalan Raden Inten II No 62

3. PT Dwindo Berlian Samjaya (Mitsubishi Dwindo Cakung) -Yang berlokasi di Jalan Bekasi Raya KM 20

4. PT Jakarta International Utama yang berlokasi di Jalan Raya Bekasi KM 20

5. Toyota Bengkel dan Showroom yang berlokasi di Jalan Raya Bekasi KM 26,5, Cakung

6. PT Megatama Mandiri yang berlokasi di Jalan Raya Kalimalang No 18

Daftar bengkel mobil yang dapat melakukan Uji Emisi

1. PT Astra Internasional (Tso Auto Kramatjati) yang berlokasi di Jalan Raya Bogor KM 21, Rambutan, Ciracas

2. PT Arista Auto Prima yang berlokasi di Jalan Jatinegara Barat No 151

3. PT Hibaindo Armada Motor yang berlokasi di Jalan Raya Bekasi KM 22, Cakung Barat

4. Raperind Motor yang berlokasi di Jalan Raden Intan 2 No 7, Duren Sawit

5. Bengkel Dinas Lingkungan Hidup yang berlokasi di Jalan Mandala V, Cililitan, Kramatjati

6. PT Sejahtera Sumberbaru Trada yang berlokasi di Jalan Raya Kalimalang M1 No 3A Pondok Kelapa

Berita sebelumyaJasa Ekspedisi Bandung Ke Maluku Kirim 10kg Gratis Pickup
Berita berikutnyaJasa Ekspedisi Bandung Ke Bali Kirim 10kg Gratis Pickup