Kini Vaksin Covid-19 Tersedia Untuk Usia 5-11 Tahun

Vaksin Covid-19
Images by: kedokteran.umm.ac.id
Daftar Mitra TrawlBens

TrawlbensPemerintah terus berupaya dengan berbagai cara untuk mempercepat  penyebaran vaksin Covid-19 di Indonesia, meski jumlah vaksinasi belum konsisten.

Berdasarkan data yang dilansir pada halaman web Kementerian Kesehatan pada 2 November 2021 pemberian pertama telah mencapai 58,27% sedangkan dosis kedua sudah mencapai 36.12% untuk tingkat nasional.

penerima vaksin COVID-19 mencapai 121.365.081 untuk dosis pertama. Sebanyak 121.365.081 orang menerima dosis pertama berbagai jenis vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia seperti sinovac, astrazaneca, moderna hingga Pfizer. Sedangkan untuk dosis kedua telah mencapai 75.217.214.

Tujuan utama vaksinasi selama pandemi adalah untuk menciptakan kekebalan tubuh semua masyarakat. Vaksinasi juga dikatakan dapat mengurangi penularan/infeksi Covid-19 dan menurunkan morbiditas dan mortalitas virus corona.

Pemerintah menjalankan 4 tahapan pemberian vaksin covid 19 dimana tahap 1 Vaksinasi Covid-19 saasaran untuk orang yang bekerja di fasilitas medis yang dilatih oleh profesional kesehatan, staf pendukung medis, staf pendukung, dan profesional medis.

Tahap 2 Sasaran vaksinasi Covid-19 pada tahap ini adalah pegawai negeri sipil yaitu TNI/Polri, aparat penegak hukum, dan pegawai negeri sipil lainnya, termasuk personel bandara, Pelabuhan, stasiun, terminal. Kedua, pekerja perbankan, PDAM, PDAM, dan staf lain yang terlibat langsung dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu, penerima vaksin Covid-19 tahap 2 juga termasuk golongan lanjut usia atau berusia di atas 60 tahun.

Tujuan dari vaksinasi tahap 3 adalah komunitas berisiko dari perspektif spasial, sosial dan ekonomi. Tujuan dari vaksinasi tahap 4 adalah untuk memberikan pendekatan klaster kepada masyarakat dan pemangku kepentingan ekonomi lainnya berdasarkan ketersediaan vaksin.

Vaksin Covid-19 Kini Tersedia Untuk Anak-anak Usia 5-11 Tahun

Setelah melakukan target vaksin dengan 4 tahapan yang menyasar berbagai kalangan, Vaksin Covid 19 saat ini disetujui untuk digunakan pada anak usia 5 hingga 11 tahun di banyak negara, termasuk Amerika Serikat (AS). Sementara itu, di Indonesia, anak usia 5-11 tahun juga divaksinasi dengan vaksin Covid-19.

PfizerBioNTech adalah merek vaksin COVID19 pertama di Amerika Serikat yang tersedia untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun. Kebanyakan orang tua juga mengatakan mereka siap untuk memvaksinasi anak-anak mereka.

Selain itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan lisensi mendesak untuk vaksin CoronaVac Sinovac untuk anak-anak berusia 6 hingga 11 tahun.

Bersamaan dengan akan diberlakukannya Pendidikan Tatap Muka (PTM), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga merilis rekomendasi terbaru tentang vaksinasi anak sejak usia enam tahun.

Rencananya, dosis diberikan dua kali, hingga 0,5 ml, antara dosis pertama dan kedua selama 4 minggu.

Mengapa anak di atas usia 5 tahun perlu vaksinasi Covid19? Sebagian besar anak-anak mengembangkan COVID-19 lebih mudah daripada orang dewasa. Artinya masih ada orang yang bisa lumpuh akibat wabah ini.

Larangan Vaksin Covid-19 Untuk Anak Usia 5-11 Tahun

Melalui rilis resmi IDAI yang dilansir melalui laman CNNIndonesia, Vaksinasi tidak dianjurkan jika anak-anak di atas usia 6 tahun yang memiliki kondisi dibawah berikut.

1. Imunodefisiensi primer

2. Penyakit autoimun tak terkendali

3. Sindrom Galianvar, sejenis penyakit autoimun. Guillain-Barré Syndrome atau Guillain-Barré Syndrome (GBS) adalah peradangan pada akar saraf tulang belakang yang memanjang dari leher hingga tangan dan kaki. Kondisi ini juga dapat meluas ke saraf kranial.

4. Mielitis transversa, penyakit radang pada bagian sumsum tulang belakang.

5. Ensefalomielitis diseminata akut (ADEM) adalah jenis peradangan langka yang mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang dan biasanya menyerang anak-anak.

6. Anak-anak dengan kanker yang menerima kemoterapi atau terapi radiasi

7. Anak-anak yang menerima imunosupresi berat atau terapi supresi proliferasi sel. Imunosupresan digunakan untuk menekan sistem kekebalan, dan penghambat proliferasi sel digunakan untuk membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel kanker.

8. Anak yang sedang demam 37,5 derajat Celcius atau lebih tinggi

9. Anak sembuh dari Covid 19 sebelum 3 bulan

10. Anak baru saja menerima vaksinasi lain kurang dari 1 bulan

11. Anak atau remaja hamil

12. Anak-anak dengan hipertensi dan diabetes, atau kelainan kronis atau bawaan yang tidak terkontrol

Selain itu, protokol kesehatan sebelum dan sesudah vaksinasi akan terus diterapkan, termasuk penggunaan masker yang tepat, menjaga jarak, menghindari keramaian, dan tidak bepergian kecuali sangat diperlukan dan mendesak.

Amerika Serikat meluncurkan vaksin PfizerBioNTech COVID19 untuk anak-anak berusia 5-11 tahun minggu ini. Ini merupakan salah satu kabar baik yang menunjukan vaksin covid-19 akan segera menyasar anak-anak sehingga penggunaan vaksin akan segera merata.

 

Berita sebelumya5 Solusi Sampah Plastik Yang Terus Menggunung
Berita berikutnya4 Film Kristen Stewart Serta Perjalanan Karirnya