Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

VIRAL Live Tiktok Nenek Guyur Air, Ini Tanggapan Mensos Risma

Belakangan ini sedang viral live Tiktok guyur air yang dilakukan oleh para talent lansia. Sistemnya, jika satu orang menyumbang gift satu bunga mawar, maka si lansia akan menyiramkan air ke kepalanya. Seringkali live ini dilakukan berjam-jam di bawah panas terik matahari bahkan di tengah malam hari. Pastinya hal ini menganggu kesehatan para lansia dan sangat tidak manusiawi.

Akun-akun ini disinyalir merupakan sindikat, di mana kegiatan live ini diatur oleh satu orang dari berbagai desa yang berbeda-beda dan akun yang berbeda-beda pula. Para pelaku menjadikan orang tua mereka sendiri atau warga desa berusia lanjut untuk menjadi talent live demi mendapatkan rasa iba dari penonton, kemudian diketahui para talent hanya mendapatkan upah yang sangat minim, berkisar di harga Rp 50.000 saja.

Baca Juga: Bisnis Modal Kecil dengan Untung Besar untuk Pemula!

Akun-akun ini kemudian mendapat serangan dari warganet, karena dianggap tidak memiliki hati nurani dan mempekerjakan orang lanjut usia dengan upah yang sangat tidak wajar. Namun sampai saat ini terpantau live Tiktok semacam ini masih sering dilakukan, dan beberapa gift masih sering diberikan oleh beberapa orang. Hal ini tentu membuat warganet geram dan semakin menyerang akun-akun ini, meminta mereka untuk menghentikan praktek live guyur air ini.

Akun-akun yang ketahuan sering mendesak warga lansia dan orang tua mereka untuk melakukan live guyur air ini adalah TM Mud Bath dan @intan_komalasari92. Tidak butuh waktu lama, akun-akun ini pun menjadi sasaran kemarahan netizen. Ditambah lagi, TM Mud Bath sempat meminta 200 juta rupiah kepada seorang pengusaha jika sang pengusaha ingin TM Mud Bath menghentikan aksinya, sehingga uang tersebut bisa ia gunakan untuk membuka usaha dan mengganti ‘kerugian’ jika ia berhenti live Tiktok dengan ibunya yang sudah renta.

Tanggapan Bu Risma tentang Ngemis Online

Keresahan warganet Tiktok kemudian mereka sampaikan lewat video-video Tiktok dan pengaduan kepada Menteri Sosial, Tri Rismaharani. Gayung pun bersambut, dan Mensos Risma menanggapi isu ini dengan cepat dan tanggap.

Beliau kemudian mengeluarkan Surat Edaran untuk pemerintah daerah agar menindak warganya yang melakukan live Tiktok guyur air ini.

“Nanti saya surati ya (bukan ke kepolisian). Saya imbauan ke daerah. Itu (ngemis online) memang enggak boleh,” kata Risma dalam keterangannya, Rabu (18/1/2023).

Edaran tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nomor 2 Tahun 2023 tentang Penertiban Kegiatan Eksploitasi dan/atau Kegiatan Mengemis yang Memanfaatkan Lanjut Usia, Anak, Penyandang Disabilitas, dan/atau Kelompok Rentan Lainnya.

Baca Juga: Jangan Memulai Bisnis Dengan Berhutang, Ini 3 Penyebabnya!

Dalam edaran yang diterbitkan tanggal 16 Januari 2023 itu, para gubernur dan bupati/wali kota diimbau untuk mencegah adanya kegiatan mengemis, baik yang dilakukan secara offline maupun online di media sosial yang mengeksploitasi para lanjut usia, anak, penyandang disabilitas, dan/atau kelompok rentan lainnya.

Mensos Risma juga mengatakan bahwa masyarakat bisa melakukan aduan kepada Satpol PP dan Pemda jika menemukan ada kegiatan mengemis yang dilakukan kepada lansia maupun kelompok rentan lainnya.

Layanan Trawltruck, Mempermudah Semua Kalangan Usia

cargo ekspedisi trawbens

Usia senja seringkali menghambat mobilitas Anda dalam melakukan banyak hal. Maka dari itu, Trawlbens hadir dengan layanan Trawltruck. Jika Anda ingin pindah rumah, membawa barang-barang berat dalam jumlah yang banyak, membawa produk-produk perusahaan atau UMKM Anda, dan lainnya, Anda bisa menyewa Trawltruck dengan harga yang sangat terjangkau.

Ditambah lagi, kemudahan yang Anda dapat adalah penyewaan Trawltruck sudah lengkap dengan supir, sehingga Anda yang berusia lanjut pun tidak perlu khawatir akan masalah mobilitas. Trawltruck juga bisa dipesan lewat aplikasi, sehingga mempermudah komunikasi Anda dengan pihak Trawlbens dalam hal pemesanan.

Nantikan segera layanan Trawltruck, dengan mengikuti media sosial kami @tralwbens.id dan info di website resmi kami.

× Customer Service