Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Wujudkan Resolusi di Tahun 2023, Anti Gagal!!! Menurut Hasil Penelitian

Pergantian tahun menjadi momentum yang paling ditunggu-tunggu oleh setiap orang, karena ada banyak hal baru yang ingin diwujudkan di tahun baru, termasuk di Tahun 2023 ini. Membuka lembaran baru menjadi obat atas kekecewaan dan kegagalan yang terjadi di tahun 2022, dan menatap jalan panjang di depan lebih baik, dibandingkan harus menoleh ke belakang. Belajar banyak dari impian yang belum terwujud di tahun 2022, tentunya butuh perencanaan terbaik di tahun 2023 agar ‘kecerobohan’ lalu tidak terulang kembali. 

Kebanyakan orang gagal mewujudkan resolusinya karena sulit untuk merubah kebiasaan yang sudah terbentuk dari tahun-tahun sebelumnya. Seringkali terbuai dengan harapan dan impian, listing resolusi menjadi terlihat abstrak sehingga dirasa sulit untuk mewujudkannya. Padahal kenyataannya kesuksesan orang-orang besar hari ini berawal dari mimpi mereka yang dibangun atas keyakinan dan usaha yang gigih. Peneliti dari Harvard University melakukan penelitian terkait “The Surprising Reason We Don’t Keep Our Resolution (and How to Overcome it)”, hasil riset menunjukkan bahwa kegagalan terjadi karena manusia cenderung sulit menolak perubahan ditambah terlalu seringnya mengkritik diri sendiri saat gagal. 

Menolak Perubahan dan Mengkritisi Diri Sendiri, Apakah Benar?

Menolak Perubahan dan Mengkritisi Diri Sendiri
Sumber: pexels.com

Setelah membuat daftar resolusi di tahun 2023, maka langkah selanjutnya adalah cara mewujudkan impian tersebut menjadi nyata. Tentu, ini adalah bagian yang paling tersulit dari perjalanan impian Anda, bahkan Anda harus konsisten menjaga semangat hingga akhir. Kenyataannya, saat Anda berjuang akan banyak perubahan yang terjadi diluar kendali dan hal tersebut bisa merusak planning yang sudah dibuat. Maka di titik inilah banyak yang gagal karena sulit menerima perubahan, merasa tidak sesuai dengan harapan dan meyakini perubahan tersebut menjadi batu beras yang menggagalkan impian Anda. 

“Sudah jatuh, tertimpa tangga”, mungkin kiasan tersebut cocok untuk orang yang mengalami kegagalan ditambah seringkali ‘mengutuk’ diri sendiri. Membangun karakter optimisme itu sangat penting, karena saat kegagalan terjadi Anda dapat memandang kegagalan sebagai sesuatu yang wajar dan bersifat sementara (Seligman, 1991). Optimisme akan mengantarkan Anda untuk mampu menghadapi dan mencari jalan keluar, serta tidak menyalahkan diri sendiri. Oleh karena itu, bersamaan Anda membuat resolusi di tahun 2023, Anda juga perlu mengelola pikiran, hati, dan tindakan Anda atas dasar optimisme. 

Cara Mewujud Resolusi Tahun 2023

Cara Mewujud Resolusi Tahun 2023
Sumber: pexels.com

Hasil penelitian dari Professor Robert Kegan dan Lisa Laskow Lahey dari Harvard Graduate School of Education, merujuk pada empat langkah untuk mengatasi hambatan dan perubahan secara konsisten. Yuk simak langkah-langkahnya:

Identifikasi Tujuan

Pahami kembali apa yang menjadi tujuan dari resolusi Anda, identifikasilah tujuan-tujuan jelas yang akan memberikan perubahan positif dalam hidup Anda. Kemudian, buat daftar tindakan yang membantu Anda untuk mencapai tujuan tersebut. Langkah diambil merupakan bentuk konkret Anda untuk mewujudkan impian Anda. 

Atasi Hal yang Mengganggu Tujuan 

Dalam perjalanan mewujudkan resolusi, tentu tidak akan terlepas dari hal yang mungkin menganggu tujuan Anda. Maka, dari awal Anda harus bisa memprediksi hal tersebut, dan buat skema bagaimana Anda mengantisipasinya. Dengan cara tersebut, maka Anda tetap bisa meneruskan perjalanan Anda untuk sampai pada tujuan Anda. 

Identifikasi Konflik dalam Diri 

Di sini Anda perlu mengidentifikasi ketakutan yang Anda hadapi dalam menghadapi perubahan. Kendatipun Anda sudah membuat antisipasi tindakan atas perubahan yang terjadi di dalam perjalanan Anda, namun ketakutan mungkin akan ada dari lubuk hati Anda yang paling dalam. Maka, lakukan Self Talk pada diri Anda dan yakinkah diri Anda bisa menghadapi ketakutan tersebut. 

Lawan Asumsi Negatif yang Besar

Setelah Anda mengidentifikasi hambatan-hambatan yang harus Anda atasi, maka selanjutnya Anda perlu cari tahu cara yang terinternalisasi dengan komitmen Anda. Maka Lisa Haley, membuat formula pernyataan yang bisa Anda lakukan yaitu
“Jika…, Maka…”, Cantumkanlah beberapa asumsi negatif yang bisa Anda lawan. Contohnya, “Jika saya tidak bisa mendapat skor TOEFL 550, Maka saya akan gagal mendapatkan Beasiswa.”

Well, Jika Anda bisa menerapkan empat langkah tersebut maka sudah dipastikan Anda bisa mewujudkan resolusi Anda di Tahun 2023 ini. Setelah Anda mempelajari langkah ini, maka kini saatnya Anda bereksperimen dengan langkah penting yang terkontrol. Anda harus yakin bahwa bahwa kegagalan mewujudkan resolusi tidak ada hubungannya dengan kelemahan pribadi. Namun, jika Anda memiliki keterbatasan untuk mengirimkan barang, Anda dapat menggunakan layanan jasa cargo Trawlbens. Kalaupun ada resolusi Anda yang gagal diwujudkan di tahun 2023, tapi Trawlbens tidak pernah gagal untuk mengirimkan barang Anda sampai ke alamat tujuan dengan aman.

Oleh: EL Imas Laila

Referensi:
https://extension.harvard.edu/blog/the-surprising-reason-we-dont-keep-our-resolutions-and-how-to-overcome-it/
https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230101200803-33-401876/4-langkah-wujudkan-resolusi-tahun-baru-menurut-ahli-harvard

× Customer Service