Aplikasi Cargo Indonesia Trawlbens

Yuk Mengenal Perbedaan Logistik dan Ekspedisi Berikut Ini!

perbedaan logistik dan ekspedisi

Table of Contents

Dalam dunia pengiriman barang, terdapat dua istilah yang sering kita jumpai yaitu logistik dan ekspedisi. Kedua hal ini seringkali dianggap sama oleh sebagian masyarakat kita, namun pada dasarnya logistik dan ekspedisi memiliki beberapa perbedaan. Apa yang membedakan kedua istilah tersebut? Berikut merupakan ulasan mengenai perbedaan antara logistik dan ekspedisi. Yuk simak!

Pengertian Logistik 

perbedaan logistik dan ekspedis

Melansir laman Investopedia, logistik mengacu pada proses pengelolaan bagaimana sumber daya diperoleh, disimpan, dan diangkut ke tujuan akhir. Dalam hal ini, barang-barang yang dikirimkan dalam jumlah besar, seperti mulai dari 10 kg. Selain itu, perusahaan jasa logistik pada umumnya menangani logistik perusahaan dan memiliki fasilitas gudang yang cukup memadai untuk menyimpan barang. 

Baca Juga : Ekspedisi Logistik Mainkan Peran Penting Dalam Bisnis, Ini Penjelasannya

Pengertian Ekspedisi

perbedaan logistik dan ekspedis

Berbeda dengan jasa logistik, ekspedisi memiliki ruang lingkup yang lebih kecil. Seiring dengan meningkatnya transaksi e-commerce di Indonesia, tentunya permintaan pengiriman barang semakin meningkat. Saat ini, kita bisa menemui berbagai perusahaan ekspedisi yang semakin beragam. Pada umumnya, ekspedisi mengirim barang berdasarkan beratnya barang dan jarak pengiriman. 

Perbedaan Logistik dan Ekspedisi

Setelah mengetahui pengertian logistik dan ekspedisi, berikut adalah beberapa perbedaan dari kedua hal tersebut, antara lain:

  • Logistik memiliki layanan yang memfokuskan pada perusahaan-perusahaan besar, dan mengatur manajemen logistik hingga pergudangan. Sedangkan ekspedisi fokus pada B2C, dan mengirim barang ke pelanggan. 
  • Untuk hal lokasi, ekspedisi pada umumnya mengirimkan beberapa barang dalam sekali pengiriman ke alamat pelanggan. Logistik hanya mengirim barang ke satu pelanggan saja. 
  • Jasa logistik mengirim barang dalam jumlah yang banyak dan memiliki minimal berat pengiriman. Selain itu transportasi yang digunakan lebih besar seperti pesawat atau kapal. Untuk jasa ekspedisi, karena barang yang dikirim tidak sebanyak logistik, biasanya menggunakan armada motor dan mobil. 
  • Logistik menawarkan berbagai layanan untuk pelanggan, tidak hanya pengiriman barang tetapi juga persediaan gudang, serta manajemen logistik. Berbeda dengan ekspedisi, yang hanya melayani pengiriman barang.

Jenis Pengiriman Ekspedisi dan Logistik

Untuk pengiriman barang ekspedisi dan logistik, terdapat beberapa jenis pengiriman, yaitu sebagai berikut:

1. Pengiriman Melalui Darat

Perusahaan jasa ekspedisi dan logistik sama-sama melakukan pengiriman melalui darat. Kelebihannya adalah biaya yang lebih murah dan mudah untuk dilacak. Bagaimana cara kerjanya? Pengiriman dikumpulkan terlebih dahulu dari titik A. Titik A ini merupakan tempat pemuatan pengirim. Kemudian, pengiriman dikirim ke penyedia layanan atau gudang pihak ketiga. Barang-barang tersebut lalu disortir dan menyatu dengan muatan lain yang memiliki tujuan sama. 

2. Pengiriman Melalui Laut

Pengiriman barang melalui laut atau biasa disebut dengan sea freight merupakan metode pengangkutan barang dalam jumlah besar dengan menggunakan kapal pengangkut. Kelebihannya salah satu adalah biaya yang murah untuk jarak jauh dan solusi terbaik untuk menghemat karbon. Namun, kekurangannya adalah waktu yang lebih lama dibandingkan dengan jenis pengiriman yang lain. 

Baca Juga : Kenali Perbedaan Layanan Door to Door dan Port to Port

3. Pengiriman Melalui Udara

Jenis pengiriman yang selanjutnya adalah air freight atau pengiriman barang melalui udara. Berbeda dengan jenis yang lain, dengan menggunakan air freight tentunya barang bisa lebih cepat untuk sampai tujuan. Namun, tidak cocok untuk barang-barang dalam jumlah yang terlalu besar. Kelebihannya salah satu adalah gudang yang dekat dengan airport, yang tentunya strategis. 

Nah, demikian ulasan kali ini mengenai perbedaan logistik dan ekspedisi. Hubungi kami lebih lanjut untuk mengetahui layanan trawlpack yang merupakan jasa pengiriman barang diatas 10 kg, yang pastinya terjangkau di kantong dan melayani layanan penjemputan barang. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *